Nisak, Kamilatun (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) terhadap Kemampuan Literasi Sains Siswa Kelas V SDN Konang IV Kecamatan Galis Kabupaten Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
Kamilatun Nisak_20381052016_Cover_PGMI.pdf Download (85kB) |
|
Text
Kamilatun Nisak_20381052016_Lembar_Persetujuan_Pembimbing_PGMI.pdf Download (102kB) |
|
Text
Kamilatun Nisak_20381052016_Lembar Pengesahan_PGMI.pdf Download (192kB) |
|
Text
Kamilatun Nisak_20381052016_Abstrak_PGMI.pdf Download (34kB) |
|
Text
Kamilatun Nisak_20381052016_Daftar_Isi_PGMI.pdf Download (41kB) |
|
Text
Kamilatun Nisak_20381052016_BAB I_PGMI.pdf Download (161kB) |
|
Text
Kamilatun Nisak_20381052016_BAB II_PGMI.pdf Restricted to Repository staff only Download (144kB) |
|
Text
Kamilatun Nisak_20381052016_BAB III_PGMI.pdf Restricted to Repository staff only Download (249kB) |
|
Text
Kamilatun Nisak_20381052016_BAB IV_PGMI.pdf Download (245kB) |
|
Text
Kamilatun Nisak_20381052016_BAB V_PGMI.pdf Restricted to Repository staff only Download (39kB) |
|
Text
Kamilatun Nisak_20381052016_Daftar_Pustaka_PGMI.pdf Download (114kB) |
|
Text
Kamilatun Nisak_20381052016_Surat_Pernyataan_Keaslian_Karya_PGMI.pdf Download (157kB) |
Abstract
Kata Kunci: Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL), Literasi Sains Salah satu keterampilan atau kemampuan yang diperlukan pada abad 21 adalah literasi sains. Data menunjukkan bahwa banyak siswa di Indonesia tidak dapat mengaitkan ilmu pengetahuan yang mereka pelajari dengan fenomena dunia nyata. Pendidikan sains di Indonesia kurang menekankan aplikasinya di dunia nyata. Keterampilan literasi sains menjadi tantangan besar untuk ditingkatkan. Penerapan model pembelajaran yang efektif adalah salah satu cara untuk mencapai hal ini. Model pembelajaran process oriented guided inquiry learning (POGIL) adalah model pembelajaran yang memenuhi persyaratan komponen literasi sains. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) terhadap Kemampuan Literasi Sains Siswa Kelas V SDN Konang IV Kecamatan Galis Kabupaten Pamekasan. Tujuan lainnya peneliti ingin mengetahui seberapa besar pengaruh model Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) terhadap kemampuan literasi sains siswa sebelum dan sesudah diterapkan pada pembelajaran IPAS di kelas V. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen menggunakan desain preeksperimental dengan rancangan one group pretest-posttest design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V di SDN Konang IV. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampel jenuh. Teknik analisis data pengujian hipotesis menggunakan uji-t sampel berpasangan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AS Academies and learned societies (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mr Imam Ghozali |
Date Deposited: | 23 Aug 2024 08:22 |
Last Modified: | 23 Aug 2024 08:23 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/6732 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |