Dayanti, Shofi Dwi (2024) Upaya Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Menggunakan Metode Picture and Picture pada Pembelajaran PKn Kelas 2 SD Negeri Bajang 1 Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
shofi dwi dayanti_20381052030_Cover_PGMI.pdf Download (36kB) |
|
Text
Shofi Dwi Dayanti_20381052030_Lembar Persetujuan Pembimbing_ PGMI.pdf Download (189kB) |
|
Text
Shofi Dwi Dayanti_20381052030-Lembar Pengesahan_PGMI.pdf Download (352kB) |
|
Text
Shofi Dwi Dayanti_20381052030_ Abstrak_PGMI.pdf Download (11kB) |
|
Text
Shofi Dwi Dayanti_20381052030_DAFTAR ISI_PGMI.pdf Download (157kB) |
|
Text
shofi dwi dayanti_20381052030_BAB I_PGMI.pdf Download (442kB) |
|
Text
shofi dwi dayanti_20381052030_BAB II _PGMI.pdf Restricted to Repository staff only Download (376kB) |
|
Text
shofi dwi dayanti_20381052030_BAB III_PGMI.pdf Restricted to Repository staff only Download (532kB) |
|
Text
shofi dwi dayanti_20381052030_BAB IV_PGMI.pdf Download (977kB) |
|
Text
shofi dwi dayanti_20381052030_BAB V_PGMI.pdf Restricted to Repository staff only Download (185kB) |
|
Text
shofi dwi dayanti_20381052030_Daftar Pustaka_PGMI.pdf Download (403kB) |
|
Text
Shofi Dwi Dayant_20381052030_Surat Pernyataan Keaslian Karya PGMI.pdf Download (276kB) |
Abstract
Kata Kunci : Keaktifan Belajar, Picture and Picture, PKn. Rendahnya keaktifan peserta didik dalam proses pembelajaran mengakibatkan sebagian besar hasil belajar peserta didik tidak tuntas, hal ini dikarenakan pembelajaran yang masih bersifat stagnan dengan metode ceramah yang mendominasi sehingga menyebabkan suasana pembelajaran yang membosankan serta materi yang diberikan hanya tersimpan dalam memori saja tanpa adanya pengembangan. Tujuan penelitian ini adalah: 1) mendeskripsikan hasil keaktifan belajar dengan menggunakan metode Picture and Picture pada pembelajaran PKn kelas 2 SD Negeri Bajang 1 Pamekasan, 2) mendeskripsikan peningkatan keaktifan belajar dengan penggunaan metode Picture and Picture pada pembelajaran PKn kelas 2 SD Negeri Bajang 1 Pamekasan. Penelitian ini menggunakan metode mixing methode melalui penelitian tindakan kelas (PTK) dengan model Kemmis & Mc. Taggart yang dilakukan dengan beberapa siklus, adapun jumlah siklus yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu 2 siklus, dimana setiap siklus terdiri dari empat tahapan yakni: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 2 SD Negeri Bajang 1 Pamekasan tahun pelajaran 2023/2024 dengan jumlah 14 siswa yang terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 3 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu wawancara, observasi, tes, angket, dan dokumentasi. KKM untuk pembelajaran PKn kelas 2 SD Negeri Bajang 1 Pamekasan adalah 65. Hasil keaktifan belajar dengan menggunakan metode Picture and Picture pada pembelajaran PKn kelas 2 SD Negeri Bajang 1 Pamekasan yaitu dengan melakukan beberapa langkah yakni: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi yang dilakukan sebanyak dua putaran siklus. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya peningkatan dalam keaktifan belajar dengan menggunakan metode Picture and Picture pada pembelajaran PKn kelas 2 SD Negeri Bajang 1 Pamekasan. Hal ini berdasarkan data yang diperoleh dari hasil penilaian siswa pada setiap siklusnya. Prasiklus ketuntasan belajar siswa adalah 28,57%, siklus 1 mencapai 42,85%, dan siklus 2 mencapai 78,57%. Sedangkan pada hasil penyebaran angket pada tahap prasiklus adalah 53%, siklus 1 mencapai 65%, dan siklus 2 mencapai 91%.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AS Academies and learned societies (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mr Imam Ghozali |
Date Deposited: | 23 Aug 2024 08:08 |
Last Modified: | 23 Aug 2024 08:08 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/6765 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |