Amalia, Amalia (2020) Peningkatan Karakter Peserta Didik Melalui Pendidikan Pada Kelas VI SDN Panglegur 2. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
1 AMALIA-2010701050007-COVER.pdf Download (40kB) |
|
Text
2 AMALIA-20160701050007-HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (70kB) |
|
Text
3 AMALIA-20160701050007-HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (45kB) |
|
Text
4 AMALIA-20160701050007-ABSTRAK.docx Download (30kB) |
|
Text
5 AMALIA-20160701050007-KATA PENGANTAR.pdf Download (116kB) |
|
Text
6 AMALIA-20160701050007-DAFTAR ISI.pdf Download (124kB) |
|
Text
7 AMALIA-20160701050007-BAB I.pdf Download (151kB) |
|
Text
8 AMALIA-20160701050007-BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (438kB) |
|
Text
9 AMALIA-20160701050007-BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (153kB) |
|
Text
10 AMALIA-20160701050007-BAB IV.pdf Download (354kB) |
|
Text
11 AMALIA-20160701050007-BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (119kB) |
|
Text
12 AMALIA-20160701050007-DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (217kB) |
|
Text
13 AMALIA- 20160701050007-PERNYATAAN KEASLIAN_001.pdf Download (34kB) |
|
Text
14 AMALIA-201607050007-LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
|
Text
15 AMALIA-20160701050007-RIWAYAT HIDUP.pdf Download (108kB) |
Abstract
Kata Kunci: peningkatan karakter, pendidikan Pendidikan sangat penting peranannya dalam meningkatkan karakter peserta didik menjadi lebih baik. Adanya dukungan dari lingkungan sekolah, keluarga (orang tua), maupun lingkungan masyarakat menjadikan peserta didik lebih termotivasi untuk menjadi pribadi yang lebih baik. Sesuai konteks penelitian di atas, maka fokus penelitiannya dirumuskan sebagai berikut: 1) bagaimana peningkatan karakter peserta didik melalui pendidikan pada kelas VI SDN Panglegur 2? 2) bagaimana hasil dari peningkatan karakter peserta didik melalui pendidikan pada kelas VI SDN Panglegur 2? 3) faktor pendukung dan penghambat apa saja yang dapat meningkatkan karakter peserta didik pada kelas VI SDN Panglegur 2? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif atau menggambarkan. Dalam penelitian ini, peneliti dapat memperoleh data dan informasi melalui prosedur pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi, sehingga diperoleh kesimpulan yang merupakan hasil dari jawaban fokus penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, peningkatan karakter peserta didik melalui pendidikan yaitu: pendidikan khususnya pendidikan karakter sangat membantu dalam meningkatkan karakter peserta didik agar menjadi pribadi yang lebih baik. Adapun pelaksanaan peningkatan karakter peserta didik melalui pendidikan di sekolah dilaksanakan melalui bimbingan, arahan atau dorongan, pembiasaan, dan kegiatan ekstrakurikuler pramuka. Kedua, hasil dari peningkatan karakter peserta didik melalui pendidikan yaitu: Hasil dari peningkatan karakter dapat memberikan dampak baik kepada peserta didik, dimana peserta didik yang awalnya berkepribadian tidak baik, sekarang mulai patuh pada apa yang dikatakan oleh guru dan perilaku yang baik-baik mulai diikuti bahkan diterapkan. Ketiga, faktor pendukung dan penghambat yang dapat meningkatkan karakter peserta didik yaitu: (1) faktor pendukungnya berupa karakteristik-karakteristik atau faktor fisik dari dalam diri peserta didik itu sendiri, keluarga (orang tua), dan lingkungan yang baik. (2) faktor penghambatnya berupa lingkungan yang kurang baik dan motivasi peserta didik untuk merubah diri menjadi lebih baik.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? m71B ?? ?? m71E ?? |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mrs Elhamah Nandika Bintan |
Date Deposited: | 04 Feb 2021 08:17 |
Last Modified: | 04 Feb 2021 08:17 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/679 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |