Ali, Mahrus (2020) Penggunaan model pembelajaran inkuiri dalam mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran IPS kelas VIII di SMP Ma’arif 4 Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
o) Mahrus Ali-20160701080057-Sampul-TIPS.pdf Download (99kB) |
|
Text
j) Mahrus Ali-20160701080057-Halaman persetujuan-TIPS.pdf Download (46kB) |
|
Text
i) Mahrus Ali-20160701080057-Halaman pengesahan-TIPS.pdf Download (61kB) |
|
Text
a) Mahrus Ali-20160701080057-Abstrak-TIPS.pdf.pdf Download (188kB) |
|
Text
k) Mahrus Ali-20160701080057-Kata Pengantar-TIPS.pdf Download (262kB) |
|
Text
g) Mahrus Ali-20160701080057-Daftar isi-TIPS.pdf Download (11kB) |
|
Text
c) Mahrus Ali-20160701080057-BAB I-TIPS.pdf.pdf Download (372kB) |
|
Text
d) Mahrus Ali-20160701080057-BAB II-TIPS.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (423kB) |
|
Text
e) Mahrus Ali-20160701080057-BAB III-TIPS.pdf Restricted to Repository staff only Download (317kB) |
|
Text
b) Mahrus Ali-20160701080057-BAB IV-TIPS.pdf.pdf Download (573kB) |
|
Text
f) Mahrus Ali-20160701080057- BAB V-TIPS.pdf Restricted to Repository staff only Download (147kB) |
|
Text
h) Mahrus Ali-20160701080057-Daftar Pustaka-TIPS.pdf Download (289kB) |
|
Text
m) Mahrus Ali-20160701080057-Pernyataan Keaslian Tulisan-TIPS.pdf Download (90kB) |
|
Text
l) Mahrus Ali-20160701080057-Lampiran-TIPS.pdf Download (1MB) |
|
Text
p) Mahrus Ali-20160701080057-Surat keterangan bebas plagiasi-TIPS.pdf Download (110kB) |
|
Text
n) Mahrus Ali-20160701080057-Riwayat hidup-TIPS.pdf Download (198kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi kegiatan pembelajaran seorang guru yang harus mampu memberikan pembelajaran yang menarik, untuk diperlukan strategi yang mengaktifkan siswa dalam pembelajaran, sehingga guru perlu menggunakan model pembelajaran yang bisa digunakan oleh guru untuk merancang pembelajaran yang menarik dan mengaktifkan, salah satunya yaitu menggunakan model pembelajaran inkuiri dalam mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa. Dalam penelitian ini dari penjelasan diatas maka memunculkan rumusan masalah sebagai berikut, 1) Untuk mengetahui bagaimana langkah-langkah guru penggunaan model pembelajaran inkuiri pada mata pelajaran IPS kelas VIII dalam mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa di SMP Ma’arif 4 Pamekasan. 2) Untuk mengetahui apa saja faktor penghambat yang dialami oleh siswa dalam mengembangkan kemampuan berpikir kritis dengan penggunaan model pembelajaran inkuiri pada mata pelajaran IPS. 3) Untuk mengetahui bagaimana upaya guru mengatasi faktor penghambat dalam mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa dengan penggunaan model pembelajaran inkuiri pada mata pelajaran IPS Dalam Penelitian ini adalah pendekatan kualitatif yaitu penelitian yang memaparkan data secara deskriptif. Metode yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dukomentasi serta cara yang digunakan dengan menggunakan tringulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan penggunaan model pembelajaran inkuiri pada mata pelajaran IPS siswa kelas VIII di SMP Maarif 4 Pamekasan, dari langkahlangkah model pembelajaran inkuiri yang guru terapkan dalam kelas VIII penggunaan model inkuiri ini dapat membantu dalam mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas VIII di SMP Ma’arif 4 Pamekasan, masalah hambatan yang di alami siswa, guru berupaya memberikan kesempatan kepada siswa untuk bisa mengungkapkan pendapatnya di depan kelas untuk bisa membuat rasa percaya diri siswa semakin tumbuh dan guru berupaya dalam mengatasi faktor penghambat siswa dalam berpikir kritis yaitu guru lebih sering memperhatikan siswa dan juga guru membuat lebih termotivasi lagi untuk menampilkan gagasan guru bagi siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? m71E ?? ?? m71F ?? ?? m_071 ?? ?? m_196 ?? |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
Depositing User: | Mrs. Fatimah Aria Utami |
Date Deposited: | 04 Feb 2021 07:51 |
Last Modified: | 04 Feb 2021 07:51 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/684 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |