Pengaruh Self Managament Untuk Meningkatkan Konsentrasi Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Galis

Damayanti, Mery Catur Octa (2024) Pengaruh Self Managament Untuk Meningkatkan Konsentrasi Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Galis. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
A. Mery Catur Octa D_20381092029_Cover_ BKPI.pdf

Download (3MB)
[img] Text
B. Mery Catur Octa D_20381092029_Halaman Persetujuan_BKPI.pdf

Download (103kB)
[img] Text
C. Mery Catur Octa D_ 20381092029_Halaman Pengesahan_BKPI.pdf

Download (147kB)
[img] Text
D. Mery Catur Octa D_20381092029_Abstrak_BKPI.docx

Download (14kB)
[img] Text
E. Mery Catur Octa D_20381092029_Daftar isi, Daftar Tabel, Daftar lampiran _BKPI.pdf

Download (3MB)
[img] Text
F. Mery Catur Octa D_20381092029_BAB I_ BKPI.pdf

Download (3MB)
[img] Text
G. Mery Catur Octa D_20381092029_BAB II_BKPI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
H. Mery Catur Octa D_20381092029_BAB III_BKPI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
I. Mery Catur Octa D_ 20381092029_BAB IV_BKPI.pdf

Download (3MB)
[img] Text
J. Mery Catur Octa D_2038192029_BAB V_BKPI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
K. Mery Catur Octa D_2038192029_Daftar Pustaka_BKPI.pdf

Download (3MB)
[img] Text
L. Mery Catur Octa D_ 20381092029_Pernyataan Keaslian Tulisan_BKPI.pdf

Download (140kB)

Abstract

Kata Kunci: Self Managament, Konsentrasi Belajar Self management adalah kemampuan individu untuk mengatur diri sendiri secara efektif dalam mencapai sumber daya. Ini meliputi kemampuan mengatur waktu, prioritas, mengelola emosi, membuat keputusan yang tepat, dan mengatur diri sendiri untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Sementara itu, konsentrasi belajar adalah kemampuan memusatkan perhatian pada pelajaran. Pemusatan perhatian tersebut bisa terjadi baik pada isi materi pelajaran maupun proses memperolehnya, seperti membaca, mendengarkan penjelasan guru, atau mengerjakan latihan soal. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: 1) Untuk menegetahui pengaruh self management terhadap peningkatan konsentrasi belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Galis dan, 2) Untuk mengetahui besaran pengaruh self management terhadap peningkatan konsentrasi belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Galis. Dalam skripsi ini, metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpulan data. Instrumen penelitian yang digunakan adalah skala yang indikatornya diperoleh dari ciri-ciri atau karakteristik self management dan tipe konsentrasi belajar. Subjek penelitian terdiri dari 25 responden. Analisis data dilakukan menggunakan teknik uji t (t-test) dengan bantuan aplikasi SPSS versi 25 untuk menentukan apakah hipotesis diterima atau ditolak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, dilihat dari hasil analisis data yang telah dilakukan diatas menunjukkan bahwa diketahui nilai R Square senilai 0,472 (47,2%). Maka hal ini menunjukkan bahwa dengan model regresi Dimana variable bebas (self managament) memiliki pengaruh terhadap variable terikat (konsentrasi belajar) sebanyak 47,2%. Dari tabel interpetasi r, dapat membuktikan bahwa self management dengan konsentrasi belajar dapat dilihat pada tabel hasil uji R diketahui nilai F hitung = 20,560 dengan Tingkat signifikan probabilitas 0,000 < 0,05, maka keputusannya model regresi linier dapat digunakan untuk memprediksi variabel konsentrasi belajar siswa kelas VIII yang dipengaruhi oleh bimbingan klasikal. Yang terkhir regresi linear sederhana dapat diuji menggunakan uji t, pada tabel 4.11, uji t diketahui bahwa, Y = 14,901 + 0,783 X. dari koefisien persamaan linear sederhana diatas, dapat diketahui nilai konstan bernilai 14,901 menunjukkan bahwa variabel self management bernilai nol atau tetap, maka akan meningkatkan konsentrasi belajar siswa kelas VIII sebesar 14,901%. Variabel self management menunjukkan peningkatan 1%, bahwa apabila variabel self management meningkat satuan, maka akan meningkat sebesar 0,678 atau 6,78%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam
Depositing User: Mrs Elhamah Nandika Bintan
Date Deposited: 26 Sep 2024 08:17
Last Modified: 26 Sep 2024 08:17
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/6872

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item