Damayanti, Ayu (2020) Persepsi Guru dalam Menyusun RPP Kurikulum 2013 di MGMP IPS SMP Swasta Kabupaten Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
1 SAMPUL - AYU DAMAYANTI 20160701080018.pdf Download (167kB) |
|
Text
2 HALAMAN PERSETUJUAN - AYU DAMAYANTI 20160701080018.pdf Download (170kB) |
|
Text
3 HALAMAN PENGESAHAN - AYU DAMAYANTI 20160701080018.pdf Download (249kB) |
|
Text
4 ABSTRAK - AYU DAMAYANTI 20160701080018.pdf Download (147kB) |
|
Text
5 KATA PENGANTAR - AYU DAMAYANTI 20160701080018.pdf Download (333kB) |
|
Text
6 DAFTAR ISI - AYU DAMAYANTI 20160701080018.pdf Download (291kB) |
|
Text
7 BAB I - AYU DAMAYANTI 20160701080018.pdf Download (379kB) |
|
Text
8 BAB II - AYU DAMAYANTI 20160701080018.pdf Restricted to Repository staff only Download (532kB) |
|
Text
9 BAB III - AYU DAMAYANTI 20160701080018.pdf Restricted to Repository staff only Download (185kB) |
|
Text
10 BAB IV - AYU DAMAYANTI 20160701080018.pdf Download (509kB) |
|
Text
11 BAB V - AYU DAMAYANTI 20160701080018.pdf Restricted to Repository staff only Download (154kB) |
|
Text
12 DAFTAR RUJUKAN - AYU DAMAYANTI 20160701080018.pdf Download (365kB) |
|
Text
13 PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN - AYU DAMAYANTI 20160701080018.pdf Download (151kB) |
|
Text
14 LAMPIRAN - AYU DAMAYANTI 20160701080018.pdf Download (1MB) |
|
Text
15 RIWAYAT HIDUP - AYU DAMAYANTI 20160701080018.pdf Download (263kB) |
Abstract
Dengan adanya perubahan kurikulum khususnya di SMP Swasta Guru IPS mengalami kesulitan dalam menyusun RPP Kurikulum 2013. Perubahan kurikulum tersebut metode dan strategi pembelajaran berubah juga, sehingga guru merasa kesulitan dalam menyusun RPP. ada beberapa Guru IPS khususnya di kalangan MGMP SMP Swasta di Pamekasan, ketika kurikulum 2013 mengalami revisi terbaru, guru mengalami kesulitan dalam membuat rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) yang akan di terapkan oleh guru kepada peserta didik Berdasarkan hal tersebut, maka ada tiga pemasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini yaitu: (1) Bagaimana Persepsi Guru menyusun RPP kurikulum 2013 di MGMP IPS SMP Swasta Kabupaten Pamekasan; (2) Apa saja kendala Guru dalam menyusun RPP kurikulum 2013 di MGMP IPS SMP Swasta Kabupaten Pamekasan; dan (3) Bagaimana Upaya Guru dalam mengatasi kendala menyusun RPP kurikulum 2013 di MGMP IPS SMP Swasta Kabupaten Pamekasan. Peneliti ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologis. Sumber data yang diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informannya adalah ketua MGMP IPS SMP Swasta, sekretaris, bendahara dan anggota. Sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan perpanjangankeikutsertaan, ketekunan penelitian, dan triangulasi. Untuk analisis data menggunakan tiga teknik, yaitu pengecekan data, pengelompokan, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) persepsi guru dalam menyusun RPP kurikulum 2013 adalah RPP yang di terapkan di dalam proses pembelajaran ada yang sudah sesuai dengan isi RPP dan ada juga yang tidak sesuai. karena siswa belum bisa lebih aktif dalam proses pembelajaran. (2) kendala guru dalam menyusun RPP kurikulum 2013 adalah keterbatasan waktu, sarana dan prasarana yang kurang memadai dan karakteristik siswa. (3) upaya guru dalam mengatasi kendala menyusun RPP kurikulum 2013 adalah sharing dengan teman sejawat, adanya pelatihan dan pendampingan implementasi kurikulum 2013 tentang penyusunan RPP, Sarana dan Prasana yang mendukung implementasi Kurikulum 2013, dan pendampingan secara individu.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? m71H ?? ?? m71I ?? ?? m_071 ?? |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
Depositing User: | Mrs. Fatimah Aria Utami |
Date Deposited: | 04 Feb 2021 07:47 |
Last Modified: | 04 Feb 2021 07:47 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/688 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |