Analisis Etika Bisnis Islam Terhadap Pelayanan Servis Vidi Ac Untuk Meningkatkan Loyalitas Konsumen Di Perumahan Graha Kencana Kecamatan Tlanakan Kabupaten Pamekasan

Ariyanto, Dieky Syawal (2023) Analisis Etika Bisnis Islam Terhadap Pelayanan Servis Vidi Ac Untuk Meningkatkan Loyalitas Konsumen Di Perumahan Graha Kencana Kecamatan Tlanakan Kabupaten Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
Dieky syawal ariyanto_19383031083_Cover_ ES.pdf

Download (69kB)
[img] Text
Dieky syawal ariyanto_19383031083_Lembar_Persetujuan_Pembimbing_ES.pdf

Download (95kB)
[img] Text
Dieky syawal ariyanto_19383031083_Lembar_Pengesahan_ES.pdf

Download (55kB)
[img] Text
Dieky Syawal Ariyanto_19383031083_Abstrak_ES..pdf

Download (84kB)
[img] Text
Dieky syawal ariyanto_19383031083_Daftar_Isi_ ES.pdf

Download (103kB)
[img] Text
Dieky syawal ariyanto_19383031083_BAB I_ ES.pdf

Download (623kB)
[img] Text
Dieky syawal ariyanto_19383031083_BAB II_ ES.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Dieky syawal ariyanto_19383031083_BAB III_ ES.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (666kB)
[img] Text
Dieky syawal ariyanto_19383031083_BAB IV_ ES.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Dieky syawal ariyanto_19383031083_BAB V_ ES.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (116kB)
[img] Text
Dieky syawal ariyanto_19383031083_Daftar_Pustaka_ ES.pdf

Download (68kB)
[img] Text
Dieky syawal ariyanto_19383031083_Surat_Pernyataan Keaslian_Karya_dan_Persetujuan Publikasi_ES.pdf

Download (72kB)

Abstract

Kata Kunci: Etika Bisnis Islam, Pelayanan, Loyalitas Konsumen Etika bisnis Islam sangat berpengaruh besar pada setiap bidang usaha. Etika bisnis Islam merupakan suatu modal utama yang harus dimiliki oleh setiap bidang usaha. Vidi Ac merupakan suatu bidang usaha yang bergerak di sektor jasa. Etika bisnis Islam berpengaruh juga kepada kualitas pelayanan yang diterapkan oleh Vidi Ac. Kualitas pelayanan mempunyai hubungan yang erat dengan loyalitas konsumen. Apabila kualitas pelayanan suatu usaha itu baik atau prima maka secara otomatis suatu bidang usaha akan mendapatkan suatu kepuasan para konsumennya. Kepuasan ini akan juga mempengaruhi loyalitas konsumen selanjutnya. Suatu bidang usaha harus memiliki persepsi yang sama dengan pelanggan guna diperoleh hasil yang melebihi atau sama dengan harapan pelanggan. Tujuan pokok dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana analisis etika bisnis Islam terhadap pelayanan servis Vidi Ac untuk meningkatkan loyalitas konsumen di Perumahan Graha Kencana Kecamatan Tlanakan Kabupaten Pamekasan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Sumber data yang diperoleh dari data primer melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informasinya adalah pemilik beserta karyawan Vidi Ac dan para pelanggan Vidi Ac. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa: Pertama, etika bisnis Islam sudah diterapkan dengan baik oleh Vidi Ac karena etika dalam berbisnis merupakan suatu pondasi awal dalam setiap kegiatan bisnis. Kedua, Vidi Ac menerapkan pelayanan yang baik dan prima guna mendapatkan minat konsumen. Ketiga, lebih mengutamakan kepuasan konsumen guna mendapatkan loyalitas konsumen. Kepuasan konsumen merupakan suatu patokan bila ingin mendapatkan minat dan loyalitas konsumen.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Mr Imam Ghozali
Date Deposited: 02 Oct 2024 02:05
Last Modified: 02 Oct 2024 02:05
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/6976

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item