Roselani, Ainun Magda (2024) Analisis Inovasi Produk Pada Usaha Camilan Keripik Jimerto di Kelurahan Patemon Kabupaten Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
Ainun Magda Roselani_20383032053_Sampul_ES.pdf Download (49kB) |
|
Text
Ainun Magda Roselani_20383032053_Halaman Persetujuan_ES.pdf Download (74kB) |
|
Text
Ainun Magda Roselani_20383032053_Halaman Pengesahan_ES.pdf Download (111kB) |
|
Text
Ainun Magda Roselani_20383032053_Abstrak_ES.pdf Download (32kB) |
|
Text
Ainun Magda Roselani_20383032053_Daftar Isi_ES.pdf Download (72kB) |
|
Text
Ainun Magda Roselani_20383032053_Bab 1_ES.pdf Download (220kB) |
|
Text
Ainun Magda Roselani_20383032053_Bab 2_ES.pdf Restricted to Repository staff only Download (264kB) |
|
Text
Ainun Magda Roselani_20383032053_Bab 3_ES.pdf Restricted to Repository staff only Download (164kB) |
|
Text
Ainun Magda Roselani_20383032053_Bab 4_ES.pdf Download (402kB) |
|
Text
Ainun Magda Roselani_20383032053_Bab 5_ES.pdf Restricted to Repository staff only Download (33kB) |
|
Text
Ainun Magda Roselani_20383032053_Daftar Pustaka_ES.pdf Download (170kB) |
|
Text
Ainun Magda Roselani_20383032053_Pernyataan Keaslian Tulisan_ES.pdf Download (116kB) |
Abstract
Kata Kunci: Analisis, Inovasi Produk, Usaha Camilan Keripik Inovasi produk merupakan suatu usaha yang dijalankan perusahaan untuk menciptakan produk baru yang bertujuan untuk menyesuaikan dengan selera konsumen dan dapat meningkatkan penjualan. Sebelum camilan keripik Jimerto mengembangkan inovasi produk seperti saat ini peningkatan penjualan camilan cenderung stabil bahkan menurun disebabkan oleh kurangnya inovasi produk yang dikembangkan. Namun, seiring berjalannya waktu Camilan Keripik Jimerto mampu mengembangkan inovasi sehingga dapat meningkatkan penjualan dan meluasnya pangsa pasar. Berdasarkan uraian fenomena yang dipaparkan, ada dua pembahasan yang menjadi fokus penelitian, yaitu: pertama, bagaimana inovasi produk pada usaha camilan keripik Jimerto. Kedua, bagaimana kendala inovasi produk pada usaha camilan keripik Jimerto. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Sumber data terdiri dari data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, kesimpulan dan verifikasi. Informan dalam penelitian ini yaitu pemilik usaha camilan keripik Jimerto dan karyawan. Hasil penelitian menunjukkan inovasi produk yang dilakukan usaha camilan keripik Jimerto menggunakan pendekatan indikator inovasi produk yaitu kualitas produk, varian produk, gaya dan desain produk. Camilan Jimerto mengutamakan kualitas dan ketahanan produk dengan memperhatikan bahan dan alat yang digunakan. Selain itu varian produk yang banyak dapat menjadi alternatif konsumen sehingga lebih unggul dari pesaing serta gaya dan desain produk memiliki estetika tersendiri dengan mengenalkan budaya dan makanan khas Madura. Selain itu, bentuk inovasi yang dilakukan oleh usaha camilan Jimerto yakni Inovasi berbasis desain, inovasi berbasis kemasan dan inovasi berbasis ukuran. Adapun kendala yang dialami usaha camilan keripik Jimerto yakni, masalah uji layak konsumsi, waktu dan ketersediaan produk, kekurangan keahlian SDM, tingkat permodalan serta penerimaan pasar.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory H Social Sciences > HF Commerce |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syari'ah |
Depositing User: | Mr Imam Ghozali |
Date Deposited: | 02 Oct 2024 02:21 |
Last Modified: | 02 Oct 2024 02:21 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/6981 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |