Fajri, Riyan (2024) Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Citra Perusahaan Terhadap Kepuasan Anggota Tabungan Mudharabah Di KSPPS BMT NU Jawa Timur Cabang Camplong. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
Riyan Fajri_20383021151_Cover_PBS.pdf.pdf Download (167kB) |
|
Text
Riyan Fajri_20383021151_Lembar Persetujuan_PBS.pdf.pdf Download (100kB) |
|
Text
Riyan Fajri_20383021151_Lembar Pengesahan_PBS.pdf.pdf Download (183kB) |
|
Text
Riyan Fajri_20383021151_Abstrak_PBS.pdf.pdf Download (92kB) |
|
Text
Riyan Fajri_20383021151_Daftar_Isi_PBS.pdf.pdf Download (104kB) |
|
Text
Riyan Fajri_20383021151_BAB I_PBS.pdf.pdf Download (281kB) |
|
Text
Riyan Fajri_20383021151_BAB II_PBS.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (284kB) |
|
Text
Riyan Fajri_20383021151_BAB III_PBS.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (238kB) |
|
Text
Riyan Fajri_20383021151_BAB IV_PBS.pdf.pdf Download (650kB) |
|
Text
Riyan Fajri_20383021151_BAB V_PBS.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (233kB) |
|
Text
Riyan Fajri_20383021151_Daftar_Pustaka_PBS.pdf.pdf Download (236kB) |
|
Text
Riyan Fajri_20383021151_Surat_Pernyataan_Keaslian_Tulisan_PBS.pdf.pdf Download (146kB) |
Abstract
Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Citra Perusahaan, Kepuasan Anggota Kualitas pelayanan menjadi hal yang sangat penting yang harus diperhatikan dan dimaksimalkan agar mampu bertahan dan tetap dijadikan pilihan oleh nasabah. Karena semakin tinggi kepuasan para anggota, artinya semakin baik pengelolaan pelayanan yang diberikan perusahaan kepada anggota. Citra perusahaan merupakan hasil persepsi mengenai sekumpulan orang yang membentuk suatu organisasi dan yang menyediakan pelayanan, dimana persepsi ini dapat mempengaruhi evaluasi mengenai kualitas pelayanan baik secara langsung maupun tidak langsung. Citra perusahaan tidak dapat direkayasa. Untuk itu, perusahaan perlu mengkomunikasikan secara jelas tentang perusahaan yang diharapkan, sehingga dapat mengarahkan masyarakat dalam mencitrakan perusahaan secara positif. Dalam menciptakan kepuasan anggota perusahaan harus dapat meningkatkan kualitas pelayanan maupun citra perusahaan. Kepuasan anggota memegang peranan yang sangat penting dalam kesuksesan perusahaan untuk terus bertahan, bersaing dan menciptakan nilai loyalitas yang tinggi juga dimata anggota. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, populasi dalam penelitian ini adalah seluruh anggota yang aktif menabung menggunakan produk Tabah (Tabungan Mudharabah) berjumlah 900 anggota. Teknik pengambilan menggunakan sampel incidential sampling, dengan teknik analisis data menggunakan regresi linear berganda, dan dengan bantuan alat analisis SPSS 24 dan ditentukan dengan rumus slovin dengan jumlah responden yang diambil sebanyak 277 anggota. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan kuesioner (angket) dengan memberikan kuesioner kepada anggota di KSPPS BMT NU Jatim Cabang Camplong. Hasil pengujian penelitian memberikan pernyataan bahwa terdapat pengaruh secara simultan dan signifikan antara kualitas pelayanan dan citra perusahaan terhadap kepuasan anggota tabungan mudharabah di KSPPS BMT NU. Dibuktikan dari hasil uji t pada variabel kualitas pelayanan yang menunjukkan nilai thitung sebesar 7,422 > ttabel 1,968 dengan tingkat signifikan 0,000 < 0,05. Pada variabel citra perusahaan menunjukkan nilai thitung sebesar 4,734 > 1,968 dengan tingkat signifikan 0,000 < 0,05. Dari hasil Fhitung 53,639 > Ftabel 2,637. Hal tersebut berarti H0 ditolak dan Ha diterima. Dan nilai sig 0,000 < 0,05 maka H0 ditolak dan Ha dterima. Hal ini bisa dilihat juga dari koefisien determinasi R2 yang diperoleh sebesar 0,690. Artinya pengaruh yang diberikan variabel kualitas pelayanan dan citra perusahaan terhadap kepuasan anggota tabungan mudharabah sebesar 69,0% sedangkan sisanya sebesar 31,0% dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management H Social Sciences > HJ Public Finance |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah |
Depositing User: | Mr Imam Ghozali |
Date Deposited: | 04 Oct 2024 01:57 |
Last Modified: | 04 Oct 2024 01:57 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/7017 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |