Saodah, Nadiatus (2024) Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kualitas Produk Terhadap Minat Bertransaksi Menggunakan Fintech OVO Pada Generasi Z. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
Nadiatus Saodah_20383022078_Cover_PBS.pdf Download (98kB) |
|
Text
Nadiatus Saodah_20383022144_Lembar Persetujuan Pembimbing_PBS.pdf Download (52kB) |
|
Text
Nadiatus Saodah_20383022144_Lembar Pengesahan_PBS.pdf Download (83kB) |
|
Text
Nadiatus Saodah_20383022144_Abstrak_PBS.pdf Download (75kB) |
|
Text
Nadiatus Saodah_20383022144_Daftar Isi_PBS.pdf Download (77kB) |
|
Text
Nadiatus Saodah_20383022144_BAB I_PBS.pdf Download (397kB) |
|
Text
Nadiatus Saodah_20383022144_BAB II_PBS.pdf Restricted to Repository staff only Download (175kB) |
|
Text
Nadiatus Saodah_20383022144_BAB III_PBS.pdf Restricted to Repository staff only Download (291kB) |
|
Text
Nadiatus Saodah_20383022144_BAB IV_PBS.pdf Download (438kB) |
|
Text
Nadiatus Saodah_20383022144_BAB V_PBS.pdf Restricted to Repository staff only Download (76kB) |
|
Text
Nadiatus Saodah_20383022144_Daftar Pustaka_PBS.pdf Download (156kB) |
|
Text
Nadiatus Saodah_20383022144_Lembar Persetujuan Pembimbing_PBS.pdf Download (52kB) |
Abstract
Kata kunci : Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk, Minat Bertransaksi, Fintech. Kemajuan ekonomi di Indonesia bersandar pada lingkungan perbankannya. Fintech (Financial Technology) mempermudah para generasi Z yang kesehariannya melekat dengan teknologi dan ekonomi seperti layanan aplikasi OVO. Salah satu layanan yang ditawarkan oleh OVO antara lain pembayaran tagihan listrik, pulsa dan lain-lain terutama mudah melakukan pembayaran untuk berbelanja online. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh minat bertransaksi dalam waktu jangka panjang. Dalam meningkatkan minat bertransaksi pengguna aplikasi OVO diantaranya adalah memperhatikan kualitas pelayanan dan kualitas produknya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh kualitas pelayanan dan kualitas produk terhadap minat bertransaksi menggunakan fintech OVO pada generasi Z. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yaitu menggunakan analisis statistik dan angka-angka. Populasi dalam penelitian ini adalah generasi Z yang menggunakan aplikasi OVO yang tidak diketahui jumlah penggunanya karena tidak ada data yang spesifik pengguna OVO di Camplong. Sedangkan dalam penentuan sampel, peneliti menggunakan rumus Lemmesshow sehingga diperoleh sampel yang berjumlah 96 responden. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah nonprobability sampling dengan metode Purposive Sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan variabel kualitas pelayanan dan kualitas produk berpengaruh terhadap minat bertransaksi menggunakan fintech OVO dengan nilai Fhitung > Ftabel sebesar 12,331 > 3,12 dengan nilai sig.0,000 < 0,05. Secara parsial menunjukkan bahwa variabel kualitas pelayanan tidak berpengaruh dan tidak signifikan terhadap minat bertransaksi menggunakan fintech OVO dengan nilai Thitung < Ttabel sebesar 0,510 < 1,994 dengan nilai sig. 0,612 > 0,05. Untuk variabel kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat bertransaksi menggunakan fintech OVO dengan nilai Thitung > Ttabel sebesar 4,443 > 1,994 dengan nilai sig. 0,00 < 0,05. Nilai koefisien determinasi (R2) variabel kualitas pelayanan dan kualitas produk terhadap minat bertransaksi menggunakan fintech OVO sebesar 0,263. Hal tersebut menunjukkan bahwa dari variabel minat bertransaksi dapat dijelaskan oleh variabel kualitas pelayanan dan kualitas produk yaitu sebesar 26,3% dan sisanya 73,7% dijelaskan oleh variabel lain diluar penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management H Social Sciences > HJ Public Finance |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah |
Depositing User: | Mr Imam Ghozali |
Date Deposited: | 10 Oct 2024 04:18 |
Last Modified: | 10 Oct 2024 04:18 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/7090 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |