Maulana, Viekri Alif (2024) Penerapan Servicescape dan Relationship Marketing dalam Menciptakan Kepuasan Nasabah di BPRS Bhakti Sumekar Cabang Madya Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
Viekri Alif Maulana_20383021115_Cover_PBS.pdf Download (217kB) |
|
Text
Viekri Alif Maulana_20383021115_Lembar_Persetujuan_Pembimbing_PBS.pdf Download (292kB) |
|
Text
Viekri Alif Maulana_20383021115_Lembar_Pengesahan_PBS.pdf Download (353kB) |
|
Text
Viekri Alif Maulana_20383021115_Abstrak_PBS.pdf Download (187kB) |
|
Text
Viekri Alif Maulana_20383021115_Daftar_Isi_PBS.pdf Download (196kB) |
|
Text
Viekri Alif Maulana_20383021115_BAB I_PBS.pdf Download (544kB) |
|
Text
Viekri Alif Maulana_20383021115_BAB II_PBS.pdf Restricted to Repository staff only Download (463kB) |
|
Text
Viekri Alif Maulana_20383021115_BAB III_PBS.pdf Restricted to Repository staff only Download (363kB) |
|
Text
Viekri Alif Maulana_20383021115_BAB IV_PBS.pdf Download (643kB) |
|
Text
Viekri Alif Maulana_20383021115_BAB V_PBS.pdf Restricted to Repository staff only Download (194kB) |
|
Text
Viekri Alif Maulana_20383021115_Daftar_Pustaka_PBS.pdf Download (312kB) |
|
Text
Viekri Alif Maulana_20383021115_Surat_Pernyataan_Keaslian_Karya_PBS.pdf Download (214kB) |
Abstract
Kata Kunci: Servicescape, Relationship Marketing, Kepuasan Nasabah Servicescape (lingkungan fisik) yang memadai bisa menciptakan kepuasan bagi para nasabah untuk bisa memenangkan persaingan. Servicescape merupakan suasana peyampaian jasa yang tepat. Peningkatan hubungan menjadi faktor penting untuk tetap mempertahankan nasabah dengan adanya relationship marketing. Relationship marketing adalah cara usaha pemasaran pada nasabah untuk meningkatkan hubungan pertumbuhan jangka panjang perusahaan dan kepuasan maksimum pelanggan. Berdasarkan hal tersebut maka ada tiga permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu: pertama bagaimana penerapan servicescape pada nasabah dalam menciptakan kepuasan di BPRS Bhakti Sumekar Cabang Madya Pamekasan, kedua bagaimana relationship marketing yang diterapkan pada nasabah dalam menciptakan kepuasan di BPRS Bhakti Sumekar Cabang Madya Pamekasan, ketiga unsur-unsur servicescape dan relationship marketing apa saja yang paling mendorong terhadap kepuasan nasabah di BPRS Bhakti Sumekar Cabang Madya Pamekasan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Informannya adalah karyawan BPRS Bhakti Sumekar Cabang Madya Pamekasan seperti pimpinan cabang, karyawan, dan nasabah BPRS Bhakti Sumekar Cabang Madya Pamekasan. Pengecekan keabsahan data dilakukan melalui triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama penerapan servicescape meliputi desain interior yang nyaman dan menarik, tata letak yang memudahkan nasabah, serta kebersihan dan kerapian ruangan yang terjaga membuat nasabah merasa puas dengan servicescape yang disediakan, seperti desain interior, tata letak, dan kebersihan ruangan, terdapat beberapa kekurangan, seperti area parkir yang kurang rapi, lokasi bank yang sulit dijangkau, dan area pelayanan yang nyatu dengan kamar mandi, fasilitas yang disediakan cukup memadai, seperti air mineral gratis dan AC. Kedua, penerapan relationship marketing meliputi komunikasi yang efektif dengan nasabah, program loyalitas, dan pemberian penghargaan kepada nasabah setia membuat nasabah merasa puas dengan komunikasi dan interaksi yang dilakukan oleh karyawan dan Pelayanan yang diberikan ramah dan mudah dipahami. Ketiga, Unsur-unsur penerapan servicescape dan relationship marketing yang paling mendorong kepuasan nasabah yaitu efisiensi dan manfaat servicescape, keadilan dan kelayakan dalam pelayanan dan kenyamanan yang diberikan
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management H Social Sciences > HJ Public Finance |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah |
Depositing User: | Mr Imam Ghozali |
Date Deposited: | 10 Oct 2024 06:48 |
Last Modified: | 10 Oct 2024 06:48 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/7103 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |