Hartono, Supriyanto (2024) Implementasi Strategi Pemasaran pada Usaha Caffe Bambu di Jalan Makboel Kabupaten Sampang dalam Perspektif Ekonomi Islam. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
Supriyanto Hartono_20383031154_COVER_ES.pdf Download (69kB) |
|
Text
Supriyanto Hartono_20383031154_Lembar_Persetujuan_ES.pdf Download (151kB) |
|
Text
Supriyanto_Hartono_20383031154_Lembar_Pengesahan_ES.pdf Download (151kB) |
|
Text
Supriyanto Hartono_20383031154_ABSTRAK_ES.pdf Download (34kB) |
|
Text
Supriyanto Hartono_20383031154_DAFTAR_ISI_ES.pdf Download (286kB) |
|
Text
Supriyanto Hartono_20383031154_BAB I_ES.pdf Download (250kB) |
|
Text
Supriyanto Hartono_20383031154_BAB II_ES.pdf Restricted to Repository staff only Download (344kB) |
|
Text
Supriyanto Hartono_20383031154_BAB III_ES.pdf Restricted to Repository staff only Download (204kB) |
|
Text
Supriyanto Hartono_20383031154_BAB IV_ES.pdf Download (370kB) |
|
Text
Supriyanto Hartono_20383031154_BAB V_ES.pdf Restricted to Repository staff only Download (81kB) |
|
Text
Supriyanto Hartono_20383031154_DAFTAR_PUSTAKA_ES.pdf Download (170kB) |
|
Text
Supriyanto_Hartono_20383031154_Surat_Pernyataan_Keaslian_ES.pdf Download (150kB) |
Abstract
Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Pemasaran Ekonomi Islam Pemasaran merupakan strategi bisnis yang mengarahkan proses penciptaan, penawaran, dan perubahan nilai dari seorang inisiator kepada pelanggannya. Menurut ajaran Islam, kegiatan pemasaran harus dilandasi dengan nilai-nilai islami yang dijiwai oleh semangat ibadah kepada Allah dan berusaha semaksimal mungkin kesejahteraan bersama. Berdasarkan hal tersebut ada dua pokok tujuan yang ingin di capai dalam dalam penelitian ini yang pertama yaitu untuk mengetahui strategi pemasaran yang dilakukan oleh caffe Bambu. Kedua untuk mengetahui strategi pemasaran yang dilakukan oleh caffe Bambu sesuai dengan prinsip ekonoimi Islam. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data diperoleh melalui wawancara semi terstruktur, observasi dan dokumentasi, Informannya adalah pemilik usaha, karyawan dan konsumen. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui ketekunan pengamatan, dan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa yang pertama Strategi pemasaran yang dilakukan Caffe Bambu menggunakan dengan dua cara yang pertama menggunakan strategi pemasaran secara offline dan online. Pemasaran secara offline yaitu para konsumen melakukan pembelian secara langsung, serta Caffe Bambu memanfaatkan hubungan sosial yang ada disekitar lingkungan, dan biasanya orang akan membicarakan terkait kualitas produk yang dijual sehinga dari banyaknya pembicaraan ini menjadi suatu pemasaran. yang kedua melakukan penjualan secara online yaitu dengan memanfaatkan media sosial untuk lebih menjangkau pasar/konsumen yang lebih luas. Strategi pemasaran online adalah proses penjualan yang memanfaaatkan media sosial, dengan menggunakan jaringan internet. Selain itu Caffe Bambu juga menggunakan bauran pemasaran, dengan memperhatikan produk yang dijual, harga yang ditetapkan, dan cara produk yang dijual dapat dijangkau serta melakukan promosi utuk memperkenalkan usaha yang dijalankan. Strategi pemasaran yang dilakukan oleh Caffe Bambu sudah sesuai dengan perspektif ekonomi Isalam karena dalam pelaksanaannya mengedepankan kebeneran dan kejujuran, dengan memperjelas fasilitas yang ada serta mendapatkan produk yang layak dengan harga yang jelas. Selain itu Caffe Bambu menjaga kualitas produk yang dijual, memberikan pelayanan yang baik seperti karyawannya berpenampilan rapi bersih, dan menerapkan salam senyum sapa untuk kepuasan konsumen.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory H Social Sciences > HF Commerce |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syari'ah |
Depositing User: | Mr Imam Ghozali |
Date Deposited: | 11 Oct 2024 03:48 |
Last Modified: | 11 Oct 2024 03:48 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/7111 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |