Peran Tenaga Administrasi Sekolah Dalam Meningkatkan Kualitas Belajar Peserta Didik Di SMA Negeri 4 Pamekasan

Safitri, Sofia Amalia (2024) Peran Tenaga Administrasi Sekolah Dalam Meningkatkan Kualitas Belajar Peserta Didik Di SMA Negeri 4 Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
Sofia Amalia Safitri_20381042044_Sampul_MPI.pdf

Download (190kB)
[img] Text
Sofia Amalia Safitri_20381042044_Lembar Persetujuan_MPI.pdf

Download (107kB)
[img] Text
Sofia Amalia Safitri_20381042044_Lembar Pengesahan_MPI.pdf

Download (148kB)
[img] Text
Sofia Amalia Safitri_20381042044_Abstrak_MPI.pdf

Download (184kB)
[img] Text
Sofia Amalia Safitri_20381042044_Daftar Isi_MPI.pdf

Download (188kB)
[img] Text
Sofia Amalia Safitri_20381042044_Bab I_MPI.pdf

Download (331kB)
[img] Text
Sofia Amalia Safitri_20381042044_Bab II_MPI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (441kB)
[img] Text
Sofia Amalia Safitri_20381042044_Bab III_MPI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (320kB)
[img] Text
Sofia Amalia Safitri_20381042044_Bab IV_MPI.pdf

Download (659kB)
[img] Text
Sofia Amalia Safitri_20381042044_Bab V_MPI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9kB)
[img] Text
Sofia Amalia Safitri_20381042044_Daftar Pustaka_MPI.pdf

Download (217kB)
[img] Text
Sofia Amalia Safitri_20381042044_Lembar Pernyataan Keaslian Tulisan_MPI.pdf

Download (157kB)

Abstract

Kata Kunci: Tenaga Administrasi, Kualitas Belajar Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya situasi di SMA Negeri 4 Pamekasan dimana tenaga administrasi disana sudah maksimal dalam memberikan pelayanan kepada siswanya sehingga difokuskan dalam pembelajaran di kelas seperti halnya siswa tidak dibuat pusing masalah kebutuhan administrasi siswa baik terkait dengan kegiatan di sekolah maupun di luar sekolah. Selain itu pola layanan administrasi yang diterapkan yaitu pelayanan prima dan pelayanan 3S (salam, senyum, sapa)+bertanya. Fokus penelitian yang menjadi acuan kajian penelitian ini, yaitu: 1) Bagaimana proses administrasi sekolah dalam mengelola data peserta didik yang mendukung kualitas belajar di SMA Negeri 4 Pamekasan. 2) Bagaimana peran tenaga administrasi sekolah dalam meningkatkan kualitas belajar peserta didik di SMA Negeri 4 Pamekasan. 3) Apa saja faktor pendukung dan faktor penghambat peran tenaga administrasi sekolah dalam meningkatkan kualitas belajar peserta didik di SMA Negeri 4 Pamekasan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif dan teknik pegumpulan data yaitu dari wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan analisis data sebelum dan sesudah di lapangan dengan proses pengecekan keabsahan data hasil penelitian dilakukan tahapan melalui perpanjang pengamatan, ketekunan dalam proses pengamatan, dan yang terakhir triangulasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa proses administrasi sekolah dalam mengelola data peserta didik yang mendukung kualitas belajar di SMA Negeri 4 Pamekasan sudah terlaksanakan baik dengan mengutamakan pencatatan dan penyimpanan data yang rapi, teratur dengan perhatian khusus pada privasi datanya, sehingga dapat memantau peningkatan kemajuan belajar peserta didik. Sedangkan peran tenaga administrasi sekolah dalam meningkatkan kualitas belajar peserta didik dapat terlihat dari perannya dalam: Merencanakan kegiatan memfasilitasi program belajar dengan menyusun jadwal pelajaran dan ekstrakurikuler. Mengorganisir sumber daya dan fasilitas dengan bekerja sama dengan wali kelas. Mendorong pelaksanaan kegiatan belajar mengajar dengan mengurangi beban administrasi kepada guru dan peserta didik, serta Memastikan kualitas belajar yang baik melalui pengawasan terhadap lingkungan belajar, ketersediaan peralatan yang memadai, dan kelengkapan rekam administrasi. Adapun faktor pendukung dan penghambat peran tenaga administrasi sekolah dalam meningkatkan kualitas belajar peserta didik yaitu, 1) pendukung: memiliki pemahaman baik tentang tugas-tugasnya, memiliki kesatuan tim administrasi yang solid dengan menerapkan pola layanan 3S+bertanya. 2) penghambat: terlambatnya tersediannya fasilitas yang diminta, ada sebagian SDMnya yang GapTek, kurangnya dukungan dari peserta didik dalam kegiatan pengarsipan (administrasi)

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mrs Elhamah Nandika Bintan
Date Deposited: 29 Oct 2024 07:36
Last Modified: 29 Oct 2024 07:36
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/7327

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item