Penerapan Model Pembelajaran Mind Mapping dalam Pengembangan Kreativitas Belajar IPS Terpadu pada Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 2 Pamekasan

Annaquita, Bella (2024) Penerapan Model Pembelajaran Mind Mapping dalam Pengembangan Kreativitas Belajar IPS Terpadu pada Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 2 Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
BELLA ANNAQUITA_20381082028_SAMPUL_TIPS.pdf

Download (83kB)
[img] Text
BELLA ANNAQUITA_20381082028_LEMBAR PERSETUJUAN_TIPS.pdf

Download (124kB)
[img] Text
BELLA ANNAQUITA_20381082028_LEMBAR PENGESAHAN_TIPS.pdf

Download (113kB)
[img] Text
BELLA ANNAQUITA_203810182028_ABSTRAK_TIPS.pdf

Download (31kB)
[img] Text
BELLA ANAQUITA_20381082028_DAFTAR ISI_TIPS.pdf

Download (296kB)
[img] Text
BELLA ANNAQUITA_20381082028_BAB I_TIPS.pdf

Download (237kB)
[img] Text
BELLA ANNAQUITA_20381082028_BAB II_TIPS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (201kB)
[img] Text
BELLA ANNAQUITA_20381082028_BAB III_TIPS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (345kB)
[img] Text
BELLA ANNAQUITA_20381082028_BAB IV_TIPS.pdf

Download (254kB)
[img] Text
BELLA ANNAQUITA_20381082028_BAB V_TIPS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (85kB)
[img] Text
BELLA ANNAQUITA_20381082028_Daftar Pustaka_TIPS.pdf

Download (167kB)
[img] Text
BELLA ANNAQUITA_20381082028_PERNYATAAN KEASLIAN_TIPS.pdf

Download (125kB)

Abstract

Kata Kunci : Model Mind Mapping, Kreatifitas Kegiatan pembelajaran merupakan suatu kegiatan yang melibatkan otak sebagai suatu alat bantu untuk melakukan proses berpikir, sehingga tidak banyak menutup kemungkinan dapat membuat daya kreativitas siswa kurang terasah bahkan dapat menimbulkan permasalahan belajar. Problematika dalam pembelajaran selama ini ialah kurang dikemasnya pembelajaran dengan model pembelajaran yang menarik, menantang dan menyenangkan. Berdasarkan observasi yang dilakukan di SMP Negeri 2 Pamekasan diketahui bahwa dalam proses pembelajaran terutama pada mata pelajaran IPS masih menggunakan model pembelajaran konvensional seperti penggunaan metode ceramah dalam penyampaian materi. Penggunaan model pembelajaran yang masih bersifat konvensional dapat mengakibatkan siswa merasa jenuh selama proses pembelajaran berlangsung. Maka perlu adanya inovasi model pembelajaran yang efektif, kreatif dan inovatif. Model pembelajaran yang dimaksud adalah model pembelajaran Mind Mapping. Tujuan dari penelitian ini untuk (1) mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Mind Mapping pada pelajaran IPS kelas VIII H di SMP Negeri 2 Pamekasan. (2) mendeskripsikan model pembelajaran Mind Mapping dapat meningkatkan kreativitas belajar siswa pada pelajaran IPS kelas VIII H di SMP Negeri 2 Pamekasan. Jenis penelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Setiap siklus terdiri atas empat tahap, yakni perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek pada penelitian ini yaitu siswa kelas VIII H di SMP Negeri 2 Pamekasan yang berjumlah 32 siswa. Sumber data pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII H di SMP Negeri 2 Pamekasan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran mind mapping dapat meningkatkan kreativitas belajar siswa. Pada siklus 1 mencapai persentase 46,8% (cukup kreatif) kemudian siklus II mengalami peningkatan lagi sebesar 81,2% (kreatif). Dengan demikian dapat ditarik kesimpulan bahwa model pembelajaran Mind Mapping dapat meningkatkan kreativitas belajar siswa di SMP Negeri 2 Pamekasan

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Mr Imam Ghozali
Date Deposited: 05 Nov 2024 02:00
Last Modified: 05 Nov 2024 02:00
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/7452

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item