Hasibuddin, Moh (2024) Model Pendidikam Berbasis Pondok Pesantren Perkotaan (Studi Kasus Yayasan Nurul Qur’an). Masters thesis, Institut Agama Islam Negeri Madura.
Text
MOH. HASIBUDDIN_22380011008_COVER_PAI.pdf Download (195kB) |
|
Text
MOH. HASIBUDDIN_22380011008_HALAMAN_PERSETUJUAN_PAI.pdf Download (180kB) |
|
Text
MOH. HASIBUDDIN_22380011008_HALAMAN_PENGESAHAN_PAI.pdf Download (300kB) |
|
Text
MOH. HASIBUDDIN_22380011008_BAGIAN AWAL_PAI.pdf Download (229kB) |
|
Text
MOH. HASIBUDDIN_22380011008_DAFTAR ISI_PAI.pdf Download (11kB) |
|
Text
MOH. HASIBUDDIN_22380011008_ABSTRAK_PAI.pdf Download (208kB) |
|
Text
MOH. HASIBUDDIN_22380011008_BAB I_PAI.pdf Download (353kB) |
|
Text
MOH. HASIBUDDIN_22380011008_BAB II_PAI.pdf Download (197kB) |
|
Text
MOH. HASIBUDDIN_22380011008_BAB III_PAI.pdf Download (206kB) |
|
Text
MOH. HASIBUDDIN_22380011008_BAB IV_PAI.pdf Download (986kB) |
|
Text
MOH. HASIBUDDIN_22380011008_BAB V_PAI.pdf Download (513kB) |
|
Text
MOH. HASIBUDDIN_22380011008_BAB VI_PAI.pdf Download (158kB) |
|
Text
MOH. HASIBUDDIN_22380011008_DAFTAR PUSTAKA_PAI.pdf Download (217kB) |
|
Text
MOH. HASIBUDDIN_22380011008_PERNYATAAN_KEASLIAN_PAI.pdf Download (146kB) |
|
Text
MOH. HASIBUDDIN_22380011008_LAMPIRAN_PAI.pdf Download (760kB) |
|
Text
MOH. HASIBUDDIN_22380011008_RIWAYAT HIDUP_PAI.pdf Download (229kB) |
Abstract
Kata kunci: Pendidikan, Berbasis Pondok Pesantren Perkotaan Model Pendidikan Berbasis Pondok Pesantren Perkotaan mengacu pada pendekatan pendidikan yang menggabungkan prinsip-prinsip pendidikan tradisional pesantren dengan kebutuhan dan realitas perkotaan. Dalam model ini, pesantren tidak hanya berfungsi sebagai tempat pendidikan agama dan keislaman, tetapi juga menawarkan kurikulum yang relevan dengan konteks perkotaan, seperti ilmu pengetahuan, bahasa asing, dan keterampilan profesional. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan realitas Pendidikan Berbasis Pesantren Perkotaan dalam mengembangkan dan menggabungkan prinsip-prinsip pendidikan tradisional pesantren dengan kebutuhan dan realitas masyarakat perkotaan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Dimana pendekatan ini tidak menggunakan perhitungan, pendekatan ini berfungsi memperoleh data yang mendalam secara faktual dan mengandung makna yang sesuai dengan apa yang terjadi di lapangan. Oleh karena itu, dalam penelitian ini tidak menekankan pada generalisasi, tetapi lebih menekankan pada makna yang terkandung di dalamnya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Model pendidikan berbasis pondok pesantren dalam konteks perkotaan seperti Yayasan Nurul Qur'an adalah sebuah pendekatan pendidikan yang menggabungkan tradisi pesantren dengan kebutuhan dan dinamika lingkungan perkotaan. Yayasan Nurul Qur'an menyediakan pendidikan yang holistik, memadukan pembelajaran agama Islam dengan kurikulum sekuler untuk menciptakan generasi yang beriman, cerdas, dan mampu berkontribusi positif dalam masyarakat. (2) Penyesuaian kurikulum pesantren dengan kebutuhan dan tuntutan masyarakat perkotaan menjadi sebuah perubahan yang penting dalam upaya mempertahankan relevansi pendidikan agama di tengah dinamika perkembangan zaman. Ini mencerminkan kesadaran akan peran pesantren sebagai lembaga pendidikan yang responsif terhadap perubahan sosial dan ekonomi di lingkungan urban. (3) Dampak dan kontribusi pendidikan berbasis pondok pesantren terhadap pembentukan karakter dan spiritualitas siswa di perkotaan memberikan kontribusi signifikan. Berbagai aspek pendidikan di pondok pesantren, termasuk pembelajaran agama, pengembangan diri, dan kehidupan berkomunitas, berperan penting dalam membentuk karakter yang kuat dan spiritualitas yang kokoh pada siswa. (4) Pondok Pesantren Nurul Qur’an kerap sekali mendapatkan tantangan baik berupa pengaruh pergaulan, penerimaan masyarakat dengan adanya kegiatan yang dirasa menganggu, keterbatasan fisik atau lahan yang menjadia salah satu penghambat terhadap perkembangan pembangunan di Pondok Pesantren Nurul Quran, namun semua itu tidak menjadi halangan yang signifikn bagi kami terutama pengasuh utnuk terus berkreasi demi menciptakan generasi emas, genrasi yang Qur’ani.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AC Collections. Series. Collected works A General Works > AS Academies and learned societies (General) L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum |
Depositing User: | Mr. Qori` wahyudi |
Date Deposited: | 14 Nov 2024 02:09 |
Last Modified: | 14 Nov 2024 02:09 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/7517 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |