Al Amin, Abdur Rasyid (2024) Penggunaan Metode Cooperative Integrated Reading and Composition Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MI Al-Khalili Sumber Bungur Pakong Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
20381011148_SAMPUL.pdf Download (189kB) |
|
Text
20381011148_Halaman Persetujuan.pdf Download (46kB) |
|
Text
20381011148_Halaman pengesahan.pdf Download (157kB) |
|
Text
20381011148_ABSTRAK.pdf Download (33kB) |
|
Text
20381011148_DAFTAR ISI.pdf Download (209kB) |
|
Text
20381011148_BAB I.pdf Download (359kB) |
|
Text
20381011148_BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (436kB) |
|
Text
20381011148_BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (548kB) |
|
Text
20381011148_BAB IV.pdf Download (697kB) |
|
Text
20381011148_BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (290kB) |
|
Text
20381011148_DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (303kB) |
|
Text
20381011148_keaslian tulisan.pdf Download (54kB) |
Abstract
Kata kunci: Metode Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC), Hasil Belajar Siswa. Metode merupakan salah satu upaya untuk mencapai tujuan, dan penggunaan metode cooperative integrated reading and composition (CIRC) juga merupakan upaya guru untuk mencapai tujuan pendidikan yang telah ditetapkan dengan meningkatkan hasil belajar siswa, di samping itu untuk membangkitkan minat belajar siswa. metode cooperative integrated reading and composition (CIRC) adalah salah satu model pembelajaran efektif yang terpadu antara kemampuan membaca dan menulis yang menyertakan siswa secara aktif (fisik maupun mental) dalam proses pembelajaran untuk membantu siswa dalam meningkatkan memahami isi bacaan yang dilakukan secara individu maupun kelompok. Metode cooperative integrated reading and composition (CIRC) diterapkan dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam yang akan meningkatkan hasil belajar siswa di MI Al-Khalili Sumber Bungur Pakong Pamekasan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan model yang dikemukakan oleh Kemmis & Mc Taggart. Adapun model PTK yang dimaksud ada empat langkah yaitu 1.Tahap penelitian 2.Tahap pelaksanaan 3.Tahap pengamatan/observasi 4.Tahap refleksi. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV MI Al-Khalili Sumber Bungur Pakong Pamekasan. yang berjumlah 17 orang. Dalam penelitian ini peneliti dan guru Sejarah Kebudayaan Islam melakukan kolaborasi/kerjasama untuk menentukan target keberhasilan yang digunakan dalam pembelajaran. Adapun target yang telah ditentukan oleh peneliti dan guru Sejarah Kebudayaan Islam yaitu 70%. Pada kegiatan pre tes yang dilakukan peneliti ini dilakuan betujuan untuk mengetahui kemampuan awal yang dimiliki peserta didik. Adapun hasil dari kegiatan pre tes dalam meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode cooperative integrated reading and composition menunjukkan bahwa dari seluruh siswa yang berjumlah 17 orang yang dinyatakan tuntas hanya 4 siswa atau sebanyak 23,53% dan yang belum tuntas sebanyak 13 siswa atau 76,47%. Dengan demikian dapat dilihat hasil belajar siswa yang masih belum mencapai pada target yang telah ditentukan oleh peneliti dan guru Sejarah Kebudayaan Islam. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari hasil tes dalam meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode cooperative integrated reading and composition pada siklus I menunjukkan bahwa 41,17% siswa (10 orang) berhasil mencapai ketuntasan. Sedangkan yang tidak mencapai ketuntasan 58,83% siawa (7 orang), dengan rata-rata 64,7%. Dan pada siklus II dari hasil tes dalam meningkatkan hasil belajar siswa denga menggunakan metode cooperative integrated reading and composition yang tuntas yaitu 88,23% siswa (15 orang), sedangkan yang tidak mencapai ketuntasan 11,77% siswa (2 orang) dengan rata�rata 85,8%. Maka upaya dalam meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MI Al Khalili Sumber Bungur Pakong Pamekasan dengan menggunakan metode cooperative integrated reading and composition dinyatakan berhasil dengan dibuktikannya meningkatnya presentase hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AS Academies and learned societies (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr Imam Ghozali |
Date Deposited: | 15 Nov 2024 02:59 |
Last Modified: | 15 Nov 2024 02:59 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/7527 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |