Amalinda, Fitri (2024) Analisis Marketing Mix Dalam Meningkatkan Penjualan Kripik Singkong Pada Industri Rumah Tangga Cap Muris Kota Sumenep. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
1. FITRI AMALINDA_20170703032073_Sampul.pdf Download (198kB) |
|
Text
2. FITRI AMALINDA_20170703032073_Persetujuan.pdf Download (48kB) |
|
Text
3. FITRI AMALINDA_20170703032073_Pengesahan.pdf Download (81kB) |
|
Text
5. FITRI AMALINDA_20170703032073_Abstrak.pdf Download (185kB) |
|
Text
4. FITRI AMALINDA_20170703032073_Daftar Isi.pdf Download (185kB) |
|
Text
6. FITRI AMALINDA_20170703032073_Bab 1.pdf Download (338kB) |
|
Text
7. FITRI AMALINDA_20170703032073_Bab 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (865kB) |
|
Text
8. FITRI AMALINDA_20170703032073_Bab 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (333kB) |
|
Text
9. FITRI AMALINDA_20170703032073_Bab 4.pdf Download (758kB) |
|
Text
10. FITRI AMALINDA_20170703032073_Bab 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (341kB) |
|
Text
11. FITRI AMALINDA_20170703032073_Daftar Pustaka.pdf Download (186kB) |
|
Text
12. FITRI AMALINDA_20170703032073_Keaslian Tulisan.pdf Download (85kB) |
Abstract
Kata Kunci: Marketing Mix, Penjualan, Kripik Singkong Muris Analisis aspek pasar dan pemasaran memegang peranan penting sebelum memulai bisnis, karena sumber pendapatan utama perusahaan berasal dari penjualan produk yang dihasilkan. Analisis aspek pasar menganalisis jenis produk yang akan diproduksi, banyaknya produk yang diminta oleh konsumen, serta menganalisis banyaknya produk yang ditawarkan oleh pesaing. Sedangkan analisis aspek pemasaran menganalisis cara atau strategi agar produk yang dihasilkan dapat sampai kekonsumen dengan lebih efisien dibandingkan pesaing. Berdasarkan hal tersebut, maka ada dua rumusan masalah yaitu Bagaimana marketing mix dapat meningkatkan penjualan kripik singkong cap muris dan Bagaimana hambatan penerapan marketing mix kripik singkong pada IRT Cap Muris Sumenep. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informasinya adalah pemilik industri rumah tangga Kripik Singkong Muris, para pekerja atau pegawai di industri rumah tangga Kripik Singkong Muris, serta konsumen dari produk Kripik Singkong Muris. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan keikutsertaan, triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, Para pengelola Kripik Singkong Muris telah memanfaatkan adanya media sosial untuk dijadikan sebagai salah satu alat promosi produknya. Hal tersebut dilakukan dengan maksud untuk menjangkau konsumen yang berada di luar pulau Madura, khususnya mereka yang ada di pulau jawa. Ada beberapa media sosial yang digunakan oleh tim marketing dalam memasarkan produk kripik singkong, antara lain yaitu instagram, facebook, dan WhatsApp. Kedua, hambatan yang dialami oleh pemilik Kripik Singkong Muris, yaitu: 1) Proses pembuatan Kripik Singkong Muris memakan waktu yang sangat lama ketika saat penjemuran. Proses tersebut memakan waktu sekitar 2-3 hari penjemuran dalam kondisi cuaca normal. Jika cuaca sedang mendung, proses penjemuran kripik singkong bisa memakan waktu sekitar 5-7 hari; 2) Minimnya sumber daya manusia di bidang desain grafis sehingga pemasaran produk masih menggunakan foto produk yang sudah dikemas; 3) Para konsumen hanya mengetahui jenis produk yang dikemas dengan platik transparan yang biasanya dijual di toko atau swalayan. Padahal pihak pengelola Kripik Singkong Muris juga menyediakan sistem pembelian per-bal
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HC Economic History and Conditions H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syari'ah |
Depositing User: | Mrs Elhamah Nandika Bintan |
Date Deposited: | 20 Nov 2024 07:37 |
Last Modified: | 20 Nov 2024 07:37 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/7614 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |