Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Nasabah Pembiayaan Rahn (gadai) di PT Pegadaian Syariah Cabang Sampang Kota

Arumania, Alvia (2024) Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Nasabah Pembiayaan Rahn (gadai) di PT Pegadaian Syariah Cabang Sampang Kota. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
Alvia Arumania_20383022004_cover_PBS.pdf

Download (174kB)
[img] Text
Alvia Arumania_20383022004_persetujuan_PBS.pdf

Download (163kB)
[img] Text
Alvia Arumania_20383022004_pengesahan_PBS.pdf

Download (74kB)
[img] Text
Alvia Arumania_20383022004_abstrak_PBS.pdf

Download (87kB)
[img] Text
Alvia Arumania_20383022004_daftar isi_PBS.pdf

Download (186kB)
[img] Text
Alvia Arumania_20383022004_bab I_PBS.pdf

Download (280kB)
[img] Text
Alvia Arumania_20383022004_bab II_PBS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (264kB)
[img] Text
Alvia Arumania_20383022004_bab III_PBS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (222kB)
[img] Text
Alvia Arumania_20383022004_bab IV_PBS.pdf

Download (717kB)
[img] Text
Alvia Arumania_20383022004_bab V_PBS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (162kB)
[img] Text
Alvia Arumania_20383022004_daftar pustaka_PBS.pdf

Download (228kB)
[img] Text
Alvia Arumania_20383022004_bermaterai_PBS.pdf

Download (262kB)

Abstract

Kata Kunci: rahn (gadai), layanan, produk, kepuasan nasabah Rahn (gadai) merupakan produk pegadaian syariah berupa fasilitas pembiayaan dengan cara memberikan pinjaman (qardh) kepada nasabah dengan jaminan dalam sebuah akad rahn (gadai). Hubungan kualitas pelayanan dan kualitas produk terhadap kepuasan nasabah terletak pada kesesuaian ekspektasi nasabah dengan apa yang mereka rasakan dari layanan dan produk yang diberikan oleh PT Pegadaian Syariah Cabang Sampang Kota. Pada penelitian ini, peneliti ingin meneliti mengenai pengaruh kualitas pelayanan dan kualitas produk terhadap kepuasan nasabah pembiayaan rahn (gadai) di PT Pegadaian Syariah Cabang Sampang Kota, permasalahan yang akan di kaji dalam penelitian ini yaitu peneliti ingin mengetahui apakah kualitas pelayanan dan kualitas produk berpengaruh terhadap kepuasan nasabah pembiayaan rahn (gadai) di PT Pegadaian Syariah Cabang Sampang Kota dan apakah kualitas pelayanan dan kualitas produk berpengaruh secara simultan terhadap kepuasan nasabah pembiayaan rahn (gadai) di PT Pegadaian Syariah Cabang Sampang Kota. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif korelasional, dengan menggunakan tehnik analisis regresi linear berganda dan menggunakan bantuan aplikasi analisis SPSS. Penggunaan data dalam penelitian ini menggunakan data primer. Populasi yang digunakan yaitu nasabah yang melakukan pembiayaan rahn (gadai). Sampel yang diambil sebanyak 277 responden dengan menggunakan tehnik accidental sampling. Hasil analisis uji f diperoleh nilai fhitung sebesar 3,176 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,043 yang menyatakan bahwa variabel kualitas pelayanan dan kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah. Pada analisis uji t diperoleh nilai thitung (2,293) > ttabel (1,968), nilai signifikansi (0,023 < 0,05) dan thitung (5,401) > ttabel (1,968), nilai signifikansi (0,000 < 0,05). yang menyatakan bahwa setiap variabel yaitu kualitas pelayanan dan kualitas produk berpengaruh signifikan secara parsial. Pada uji koefisien determinasi (R2 ) menunjukkan bahwa kontribusi variabel bebas terhadap variabel terikat sebesar 45,7% sedangkan sisanya 54,3% berasal dari variabel lain

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
H Social Sciences > HG Finance
H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Mrs Elhamah Nandika Bintan
Date Deposited: 20 Nov 2024 07:37
Last Modified: 20 Nov 2024 07:37
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/7617

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item