Syafitri, Alfiani (2024) Strategi Pemasaran Produk Tabungan SAJADAH Dalam Meningkatkan Jumlah Anggota BMT NU Jawa Timur Cabang Proppo. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
A. Alfiani Syafitri_18383022018_Cover_PBS.pdf Download (219kB) |
|
Text
B. Alfiani Syafitri_18383022018_Halaman Persetujuan_PBS.pdf Download (302kB) |
|
Text
B. Alfiani Syafitri_18383022018_Halaman Pengesahan_PBS.pdf Download (300kB) |
|
Text
C. Alfiani Syafitri_18383022018_Abstrak_PBS.pdf Download (286kB) |
|
Text
D. Alfiani Syafitri_18383022018_Daftar Isi_PBS.pdf Download (371kB) |
|
Text
E. Alfiani Syafitri_1833022018_BAB 1 _PBS.pdf Download (479kB) |
|
Text
F. Alfiani Syafitri _ 18386022018_ BAB 2 _ PBS.pdf Restricted to Repository staff only Download (514kB) |
|
Text
G. Alfiani Syafitri_18383022018_BAB 3 _ PBS.pdf Restricted to Repository staff only Download (339kB) |
|
Text
H. Alfiani Syafitri_18383022018_BAB 4 _PBS.pdf Download (619kB) |
|
Text
I. Alfiani Syafitri_18383022018_ BAB 5_ PBS.pdf Restricted to Repository staff only Download (186kB) |
|
Text
J. Alfiani Syafitri_18383022018_Daftar Pustaka_PBS.pdf Download (401kB) |
|
Text
B. Alfiani Syafitri_18383022018_Pernyataan Keaslian Tulisan_PBS.pdf Download (214kB) |
Abstract
Kata Kunci: Strategi pemasaran, Peningkatan jumlah anggota, tabungan SAJADAH Strategi Pemasaran merupakan serangkaian tujuan dan sasaran, kebijakan dan aturan yang memberi arah kepada usaha-usaha pemasaran perusahaan dari waktu ke waktu, pada masing-masing tingkatan dan acuan serta alokasinya, terutama sebagai tanggapan perusahaan dalam menghadapi lingkungan dan keadaan persaingan yang selalu berubah. BMT NU Cabang Proppo dalam meningkatkan jumlah anggota tabungan SAJADAH juga melakukan serangkaian startegi pemmasaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi pemasaran yang dilakukan BMT NU Cabang Proppo dalam meningkatkan jumlah anggota tabungan SAJADAH serta untuk mendeskripsikan tantangan serta hambatan yang dihadapi dalm proses tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif dengan memperoleh sumber data dari wawancara, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil observasi, wawancara dan dokumentasi strategi pemasaran yang dilakukan oleh BMT NU Jawa Timur cabang Proppo yaitu dengan cara menyebarkan brosur serta bersosialisasi pada masyarakat serta penggunaan bahasa Madura saat memaparkan pada masyarakat juga efektif. Selain itu, strategi pemasaran BMT NU jawa timur cabang Proppo yaitu memanfaatkan kemajuan teknologi yang semakin canggih dan menggunakan bauran pemasaran atau konsep marketing mix syariah, yakni bauran pemasaran seperti biasa namun disesuaikan dengan nilai-nilai islam dan berfokus pada empat elemen marketing mix yaitu product yang berupa tabungan SAJADAH (Simpanan Berjangka Wadiah Berhadiah), price yakni harga minimum yang ditetapkan dalam produk tabungan SAJADAH sebesar Rp. 5.000.000, place yakni mengenai lokasi BMT NU jawa timur cabang Proppo yaitu sebelah barat pasar Proppo, Kab. Pamekasan, Jawa Timur 69363, dan promotion yaitu dengan cara menyebarkan brosur, bersosialisasi dengan masyarakat dengan menggunakan bahasa Madura yang efektif serta dengan memanfaatkan kemajuan teknologi yaitu seperti penggunaan status WhatsApp. Adapun tantangan dan hambatan yang dialami BMT NU Jawa Timur Cabang Proppo dalam meningkatkan jumlah anggota tabungan SAJADAH yaitu faktor ekonomi masyarakat dan motivasi karyawan untuk mencapai target
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HC Economic History and Conditions H Social Sciences > HJ Public Finance |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah |
Depositing User: | Mrs Elhamah Nandika Bintan |
Date Deposited: | 20 Nov 2024 07:59 |
Last Modified: | 20 Nov 2024 07:59 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/7623 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |