Naza, Kantie Indra (2024) Kemampuan Guru Dalam Mengembangkan Perangkat Kurikulum Merdeka Di MAN 1 Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
Kantie Indra Naza_20381042023_SAMPUL_MPI.pdf Download (23kB) |
|
Text
Kantie Indra Naza_20381042023_Halaman Persetujuan_MPI.pdf Download (115kB) |
|
Text
Kantie Indra Naza_20381042023_Halaman Pengesahan_MPI.pdf Download (167kB) |
|
Text
Kantie Indra Naza_20381042023_ABSTRAK_MPI.docx Download (16kB) |
|
Text
Kantie Indra Naza_20381042023_DAFTAR ISI_MPI.pdf Download (201kB) |
|
Text
Kantie Indra Naza_20381042023_BAB I_MPI.pdf Download (350kB) |
|
Text
Kantie Indra Naza_20381042023_BAB II_MPI.pdf Restricted to Repository staff only Download (534kB) |
|
Text
Kantie Indra Naza_20381042023_BAB III_MPI.pdf Restricted to Repository staff only Download (341kB) |
|
Text
Kantie Indra Naza_20381042023_BAB IV_MPI.pdf Download (1MB) |
|
Text
Kantie Indra Naza_20381042023_BAB V_MPI.pdf Restricted to Repository staff only Download (381kB) |
|
Text
Kantie Indra Naza_20381042023_DAFTAR PUSTAKA_MPI.pdf Download (322kB) |
|
Text
Kantie Indra Naza_20381042023_PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN_MPI.pdf Download (216kB) |
Abstract
Kata Kunci : Kemampuan Guru, Perangkat , Kurikulum Merdeka Kurikulum menjadi bagian terpenting dalam dunia pendidikan. Seiring dengan berkembangnya zaman, pendidikan pada saat ini semakin berkembang dan semakin ada kemajuan dari sebelumnya. Dengan adanya kemajuan pendidikan tersebut hal ini dapat meningkatkan kemampuan belajar pendidik pada semua jenis dan jenjang pendidikan di Indonesia. Berdasarkan hal tersebut, ada dua pokok permasalahan yang akan menjadi kajian dalam penelitian ini, yaitu: Pertama, Bagaimana kemampuan guru dalam mengembangkan kurikulum merdeka belajar di MAN 1 Pamekasan, Kedua, Bagaimana faktor pendukung dan penghambat kemaampuan guru dalam mengembangkan perangkat kurikulum merdeka belajar di MAN 1 Pamekasan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Sumber data yang diperoleh melalui wawancara semi terstruktur, observasi non partisipan, dan dokumentasi. Informannya adalah kepala sekolah, WAKAkurikulum, dan dua guru. Sedangkan analisis data menggunakan kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dalam pengecekan keabsahan data dilakukan dengan perpanjangan pengamatan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa:Pertama, kemampuan guru dalam mengembangkan perangkat kurikulum merdeka belajar di MAN 1 Pamekasan bahwa ada kendala dalam menyusun modul ajar, maka untuk mengurangi masalah tersebut, sekolah mengadakan pelatihan berupa workshop, bimtek dan MGMP Sehingga ketika menentukan modul ajar, guru harus bener-benar memahami terkait sistematika modul ajar serta paham capaian pembelajaran dari mapel yang guru tempuh dari fase tertentu, Kedua, faktor pendukung yaitu adanya sarana dan prasarana yang memadai serta disamping itu sekolah mempersiapkan anggaran dari dana BOS, adapun faktor penghambatnya yaitu kurangnya perubahan mindseat dari para guru dan kurangnya inovasi dalam pembaharuan kurikulum dan solusinya yaitu dengan melakukan evaluasi dan penyelenggaraan pelatihan dan workshop untuk meningkatkan pemahaman guru tentang pendekatan kurikulum merdeka.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Mrs Elhamah Nandika Bintan |
Date Deposited: | 09 Dec 2024 06:51 |
Last Modified: | 09 Dec 2024 06:51 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/7690 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |