Syairozi, Moh (2022) Internalisasi Nilai Spiritual Quotient dalam Penyelenggaraan Pembelajaran di Sekolah Menengah Atas Al Falah Pamekasan. Masters thesis, Institut Agama Islam Negeri Madura.
Text
a) Moh. syairozi_18380011031_COVER_PAI.pdf Download (40kB) |
|
Text
c) Moh. syaiozi_18380011031_LEMBAR PERSETUJUAN_PAI.pdf Download (824kB) |
|
Text
d) Moh. syaiozi_18380011031_HALAMAN PENGESAHAN_PAI.pdf Download (2MB) |
|
Text
f) Moh. syaiozi_18380011031_DAFTAR ISI_PAI.pdf Download (184kB) |
|
Text
e) Moh. syaiozi_18380011031_ABSTRAK_PAI.pdf Download (81kB) |
|
Text
g) Moh. syaiozi_18380011031_BAB I_PAI.pdf Download (299kB) |
|
Text
h) Moh. syaiozi_18380011031_BAB II_PAI.pdf Download (438kB) |
|
Text
i) Moh. syaiozi_18380011031_BAB III_PAI.pdf Download (157kB) |
|
Text
j) Moh. syaiozi_18380011031_BAB IV_PAI.pdf Download (396kB) |
|
Text
k) Moh. syaiozi_18380011031_BAB V_PAI.pdf Download (288kB) |
|
Text
l) Moh. syaiozi_18380011031_BAB VI_PAI.pdf Download (11kB) |
|
Text
m) Moh. syaiozi_18380011031_DAFTAR PUSTAKA_PAI.pdf Download (146kB) |
|
Text
b) Moh. syaiozi_18380011031_SURAT KEASLIAN TULISAN_PAI.pdf Download (1MB) |
Abstract
Keyword: Internalisai, Spiritual Quotient Penelitian ini dilatar belakangi moral di kalangan pelajar, bagaimana nilai etika spiritual di tanamkan pada generasi muda. Untuk itu penulis mengangkat tema dalam penelitian ini berupa Internalisasi Nilai Spiritual Quotient dalam Penyelenggaraan Pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan: (1) Nilai spiritual quotient yang ada dalam pembelajaran, (2) proses internalisasi nilai spiritual quotient dalam pembelajaran. Lokasi penelitian di Sekolah Menegah Atas Al Falah Kecamatan Kadur Kabupaten Pamekasan. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research)dengan menggunakan pendekatan kualitatif bersifat deskripif. Teknik cuplikan (sampling) menggunakan purposive sampling dengan kecenderungan peneliti untuk memilih informan yang dianggap mengetahui informasi, dan masalahnya secara mendalam serta dapat dipercaya untuk menjadi sumber data. Teknik pengumpulan data menggunakan metode indepth interview, observasi berperan sebagai metode utama dan didukung dengan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data, penelitian ini menggunakan model analisis data interaktif Miles & Huberman (Data collection, Data reduction, Data display & Verification). Penelitian ini menggunakan teknik perpanjangan keikutsertaan dan ketekunan pengamatan dalam mengecek keabsahan data, disamping triangulasi dan auditing. Hasil penelitian diperoleh memberikan temuan bahwa: (1) Nilai spiritual quotient dalam pembelajaran di Sekolah Menegah Atas Al Falah mencangkup tiga kelompok, yaitu: a. Aspek Spiritual Keagamaan (hablun minallah), b. Aspek Sosial Keagamaan (hablun minannas), c. Aspek Etika Sosial; (2) Proses Internalisasi Nilai Spiritual Quotion dalam Pembelajaran di Sekolah Menegah Atas Al Falah secara prosedural melalui tiga tahapan utama, yaitu; a. Tahap Transformasi, b. Tahap Transaksi dan c. Tahap Transinternalisasi. Penelitian ini —karena keterbatasan biaya, waktu, dan tenaga— hanya mengambil satu lokus lembaga pendidikan saja. Tentu akan semakin sempurna kajiannya jika menerapkan pendekatan komparatif dengan lokus lembaga pendidikan yang lebih banyak. Dengan demikian, masih terbuka kesempatan bagi para peneliti lain yang akan melakukan penelitian seputar internalisasi spiritual quoitient di sebuah lembaga pendidikan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AC Collections. Series. Collected works A General Works > AS Academies and learned societies (General) L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Program Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr. Qori` wahyudi |
Date Deposited: | 11 Dec 2024 04:07 |
Last Modified: | 11 Dec 2024 04:07 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/7727 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |