Nurullah, Nurullah (2022) Kompetensi Pedagogik Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Implementasi Kurikulum 2013 Pada Mata Pelajaran AlQur’an Hadits Kelas X Madrasah Aliyah Wachid Hasyim Dan Madrasah Aliyah Putri Miftahul Ulum Kebun Baru Kecamatan Palengaan Kabupaten Pamekasan. Masters thesis, Institut Agama Islam Negeri Madura.
Text
H. NURULLAH_19380011012_COVER_PAI.pdf Download (96kB) |
|
Text
H. NURULLAH_19380011012_HALAMAN_ PERSETUJUAN_PAI.pdf Download (149kB) |
|
Text
H. NURULLAH_19380011012_HALAMAN_ PENGESAHAN_PAI.pdf Download (209kB) |
|
Text
H.NURULLAH_19380011012_DAFTAR_ ISI_PAI.pdf Download (83kB) |
|
Text
H. NURULLAH_19380011012_Abstrak_PAI.pdf Download (135kB) |
|
Text
H. NURULLAH_19380011012_BAB I_PAI.pdf Download (425kB) |
|
Text
H. NURULLAH_19380011012_BAB II_PAI.pdf Download (377kB) |
|
Text
H. NURULLAH_19380011012_BAB III_PAI.pdf Download (239kB) |
|
Text
H. NURULLAH_19380011012_BAB IV_PAI.pdf Download (304kB) |
|
Text
H. NURULLAH_19380011012_BAB V_PAI.pdf Download (253kB) |
|
Text
H. NURULLAH_19380011012_BAB VI_PAI.pdf Download (158kB) |
|
Text
H. NURULLAH_19380011012_DAFTAR_ PUSTAKA_PAI.pdf Download (151kB) |
|
Text
H. NURULLAH_19380011012-PERNYATAAN_ KEASLIAN_PAI.pdf Download (26kB) |
Abstract
Kata Kunci : Kompetensi Pedagogik, Kurikulum 2013 , Al-Qur’an Hadits. Kajian Ini merupakan salah satu upaya penulis untuk mengetahui bagaimana Kompetensi Pedagogik Guru Dalam Mengimplementasikan Kurikulum 2013. Dan Kajian ini berfokus pada Bagaimana Kompetensi Pedagogik Guru Pendididkan Agama Islam dalam mengembangkan perencanaan Pembelajaran Al-Qur’an Hadits pada Kurikulum 2013 dan Bagaimana Kompetensi Pedagogik Guru Pendididkan Agama Islam terhadap pelaksanaan pembelajaran Al-Qur’an Hadits pada Kurikulum 2013. Dalam hal ini, penulis menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif, yang mengacu pada penyelidikan yang menghasilkan informasi dalam bentuk kata-kata yang ditulis atau diucapkan oleh individu atau perilaku yang dapat diamati. Sumber data penelitian yang digunakan adalah sumber data primer berupa informasi yang diperoleh dari lapangan melalui observasi langsung di Kelas X MA. Wachid Hasyim dan MAP. Miftahul Ulum Kebun Baru mengenai tindakan yang dilakukan, dilanjutkan dengan sumber data sekunder berupa buku, data dokumentasi, dan sebagainya. Teknik-teknik seperti metode observasi, wawancara, dan dokumentasi digunakan selama proses pengumpulan data. Menurut temuan penelitian ini, Dalam pembuatan silabus, guru tidak mencamtumkan identitas mata pelajaran, identitas sekolah yang meliputi nama satuan pendidikan dan kelas. Sedangkan RPP yang dibuat guru sudah cukup baik karena sudah mengikuti sesuai dengan tema yang sudah dibuat, kemudian Guru sudah menerapkan kompetensi menguasai karakter peserta didik dengan sangat baik, hal ini dibuktikan dari 6 indikator penilaian dalam kompetensi menguasai karakter peserta didik, 5 indikator terpenuhi seluruhnya dan 1 indikator terpenuhi sebagian. Adapun dalam kompetensi menguasai teori belajar dan prinsip pembelajaran yang mendidik guru masih baru dikatakan maksimal. Adapun faktor pendukung dan penghambat yang dialami guru adalah adanya sarana dan prasarana yang menjadi pendukung, dukungan dari Dinas Pendidikan, dan sekolah dalam menfasilitasi sosialisasi, workshop dan seminar terkait metode pendekatan saintifik, penilaian dan teknik mengajar. Sedangkan penghambatnya adalah sistem penilaian yang sangat rinci juga belum sempurnanya media pembelajaran di dalam kelas.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AC Collections. Series. Collected works A General Works > AS Academies and learned societies (General) L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum |
Divisions: | Program Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr. Qori` wahyudi |
Date Deposited: | 23 Dec 2024 01:56 |
Last Modified: | 23 Dec 2024 01:56 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/7810 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |