Hasna', Khoirida (2022) Strategi Guru PAI Dalam Implementasi Assesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) Muatan Kararker Bagi Anak Berkebutuhan Khusus Di SLB PGRI Tlanakan Pamekasan. Masters thesis, Institut Agama Islam Negeri Madura.
Text
a). Khorida Hasna'_20380012022_COVER__PAI.pdf Download (291kB) |
|
Text
c). Khorida Hasna'_20380012022_Persetujuan Pembimbing__PAI.pdf Download (264kB) |
|
Text
d). Khorida Hasna'_20380012022_Lembar Pengesahan Penguji__PAI.pdf Download (316kB) |
|
Text
f). Khorida Hasna'_20380012022_Daftar Isi__PAI.pdf Download (190kB) |
|
Text
e). Khorida Hasna'_20380012022_Abstrak__PAI.pdf Download (384kB) |
|
Text
g). Khorida Hasna'_20380012022_BAB I_PAI.pdf Download (910kB) |
|
Text
h). Khorida Hasna'_20380012022_BAB II_PAI.pdf Download (684kB) |
|
Text
i). Khorida Hasna'_20380012022_BAB III_PAI.pdf Download (423kB) |
|
Text
j). Khorida Hasna'_20380012022_BAB IV_PAI.pdf Download (824kB) |
|
Text
k). Khorida Hasna'_20380012022_BAB V__PAI.pdf Download (414kB) |
|
Text
m). Khorida Hasna'_20380012022_BAB VI__PAI.pdf Download (303kB) |
|
Text
l). Khorida Hasna'_20380012022_Daftar Pustaka__PAI.pdf Download (777kB) |
|
Text
b). Khorida Hasna'_20380012022_Surat Pernyataan Keaslian__PAI.pdf Download (269kB) |
Abstract
Kata Kunci: Guru PAI, ANBK, Anak Berkebutuhan Khusus Pemanfaatan TIK dalam pembelajaran diyakini dapat meningkatkan kualitas pembelajaran dan peserta didik lebih mudah untuk menerima materi pembelajaran. Selain untuk menerima materi pembelajaran, TIK juga dapat dimanfaatkan untuk mengukur penilaian (assesment) pencapaian hasil belajar peserta didik dalam proses pembelajaran. Sesuai dengan Peraturan Mentri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Tekhnologi No. 17 tahun 2021 bahwa setiap jenjang pendidikan di wajibkan mengikuti Assesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK). ANBK adalah penilaian yang dilakukan di setiap jenjang sekolah, mulai dari SD, SMP, SMA/SMK dan sederajat. ANBK dirancang untuk menghasilkan informasi akurat untuk memperbaiki kualitas belajar-mengajar yang pada gilirannya akan meningkatkan hasil belajar murid. Tidak terkecuali dengan Sekolah Luar Biasa (SLB). Merujuk pada permasalahan diatas maka, Fokus Penelitian ini mencakup 1). Bagaimana Strategi guru PAI dalam Implementasi ANBK bidang Karakter di SLB PGR Tlanakan?. 2). Bagaimana Hasil dari Strategi guru PAI dalam Implementasi ANBK bidang Karakter bagi anak berkebutuhan khusus di SLB PGRI Tlanakan?. 3). Apa saja faktor yang mendukung dan menghambat Strategi guru PAI dalam Implementasi ANBK bidang Karakter bagi anak berkebutuhan khusus di SLB PGRI Tlankan?. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kulitatif, jenis Penelitian deskriptif yang bersifat mendeskripsikan suatu atau kejadian sosial yang akan diteliti secara luas, menyeluruh dan mendalam dapat menghasilkan data diskriptif berupa kata-kata tertulis maupun lisan dimana perolehan datanya secara alami langsung berasal dari sumber data di tempat lokasi penelitian. Adapun tekenik pengumpulan datanya menggunakan wawancara, dokumentasi dan observasi. Hasil 1) Strategi yang dilakukan guru Pendidikan Agama Islam dalam implementasi Assesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) muatan karakter di Sekolah Luar Biasa (SLB) PGRI Tlanakan Pamekasan, diantaranya guru memberikan pelatihan bagi siswa dalam menggunakan komputer dengan baik, juga memberikan simulasi soal ANBK serta membentuk karakter siswa, sehingga hal tersebut dapat memudahkan siswa dalam menjawab soal-soal yang terdapat dalam ANBK. Kedua. Hasil Strategi guru PAI dalam implementasi Assesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) muatan karakter bagi anak berkebutuhan khusus di Sekolah Luar Biasa (SLB) PGRI Tlanakan Pamekasan. Salah satu hasil upaya guru PAI dalam implementasi Assesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) muatan karakter bagi anak berkebutuhan khusus di SLB PGRI Tlanakan Pamekasan. Hal tersebut dapat dilihat Siswa mampu menjawab soal yang terdapat di ANBK, siswa dapat melaksanakan ibadah, siswa dapat memiliki kepercaya diri, siswa dapat berinteraksi dengan baik, siswa dapat menunjukkan prilaku jujur, siswa mampu menghormati terhadap sesama. Ketiga, Ada beberapa faktor yang menghambat Strategi guru PAI dalam implementasi ANBK bagi anak berkebutuhan khusus di SLB PGRI Tlanakan Pamekasan yaitu yang menjadi faktor penghambat disini yaitu: 1). kurangnya sarana dan pra sarana yang mendukung adanya kegiatan Assesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) ini seperti halnya Lab komputer yang sangat penting dalam kegiatan ini. 2). adanya teks dalam soal yang terlalu banyak. 3). guru yang bukan lulusan dari PLB dan hanya liener jurusan saja Sedangkan yang menjadi faktor pendukung disini diantaranya yaitu adanya pelatihanpelatihan untuk menunjang kemampuan guru, dan juga dibantu oleh adanya guru khusus pembimbing bahasa isyarat, dan juga adanya guru pendamping khusus, yaitu nguru yang sengaja di utus sekolah untuk menjelaskan kembali soal-soal Assesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) yang terdapat dalam computer sehingga siswa lebih mudah memahami soal-soal tersebut, dan juga terdapat suatu program di SLB yang sengaja di rancang oleh sekolah untuk menunjang pengetahuan siswa dalam ubudiyah dan hal ini juga dapat menunjang keberhasilan siswa dalam mengikuti ANBK.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AC Collections. Series. Collected works A General Works > AS Academies and learned societies (General) L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Program Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr. Qori` wahyudi |
Date Deposited: | 23 Dec 2024 03:12 |
Last Modified: | 23 Dec 2024 03:12 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/7817 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |