Hasan, Nur (2022) Implementasi Self Regulated Learning Dalam Meningkatkan Kemandirian Siswa Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMK Syaiful Jamil Blega Bangkalan: Studi di SMK Syaiful Jamil. Masters thesis, Institut Agama Islam Negeri Madura.
Text
Nur Hasan_20380011033_Cover_PAI.pdf Download (211kB) |
|
Text
Nur Hasan_20380011033_Persetujuan Pembimbing_PAI.pdf Download (197kB) |
|
Text
Nur Hasan_20380011033_Pengesahan Dewan Penguji_PAI.pdf Download (311kB) |
|
Text
Nur Hasan_20380011033_Daftar Isi_PAI.pdf Download (303kB) |
|
Text
Nur Hasan_20380011033_ Abstrak_PAI_.pdf Download (198kB) |
|
Text
Nur Hasan_20380011033_ Bab I_PAI.pdf Download (465kB) |
|
Text
Nur Hasan_20380011033_ Bab II_PAI.pdf Download (596kB) |
|
Text
Nur Hasan_20380011033_ Bab III_PAI.pdf Download (351kB) |
|
Text
Nur Hasan_20380011033_ Bab IV_PAI.pdf Download (604kB) |
|
Text
Nur Hasan_20380011033_ Bab V_PAI.pdf Download (328kB) |
|
Text
Nur Hasan_20380011033_ Bab VI_PAI.pdf Download (191kB) |
|
Text
Nur Hasan_20380011033_Daftar Pustaka_PAI.pdf Download (334kB) |
|
Text
Nur Hasan_20380011033_Penyataan Keaslian_PAI.pdf Download (248kB) |
Abstract
Kata kunci: Self regulated learning, Pendidikan Islam, Kemandirian. Implementasi Self Regulated Learning di SMK Syaiful Jamil menjadi metode pembelajaran yang menjadi landasan dalam meningkatkan kemandirian belajar siswa. Dengan self regulated learning diharapkan para siswa mampu mematangkan potensi-potensi kognitifnya. Sekalipun masih ada beberapa kendala yang diketahui oleh peniliti saat mengadakan observasi awal dilapangan bahwa siswa SMK Syaiful Jamil Blega sebagian cendrung memiliki ketidakyakinan diri dalam kemampuan menguasi materi pelajaran. Hal tersebut disebabkanoleh kurangnya kesadaran diri atas kemampuan yang dimiliki, motovasi yang rendah dan potensi dalam berfikir. Keadaan demikian dibuktikan oleh ketidak kondusifan saat pelajaran berlangsung, tidak maksimal dalam mengerjakan tugas dan prilaku-prilaku yangkurang baik. Dengan demikian perlu penekanan terkait imlpementasi self regulated learning agar siswa dapat belajar menjadi pembelajar mandiri. Siswa mampu memonitoring hingga mengevaluasi diri dalam kegiatan belajarnya. Berdasarkan Uraian diatas, maka fokus masalah yang diambil pada penlitian ini sebagai berikut: 1. Bagaimana implementasi self regulated learning pada pembelajaran pendidikan agama Islam di SMK Syaiful Jamil Blega Bangkalan? 2. Faktor pendukung dan pemnghambat apa saja dalam pelaksanaan self regulated learning di SMK Syaiful Jamil Blega Bangkalan? 3. Bagaimana dampak self Regulated learning terhadap kemandirian belajar siswa pada pembelajaran pendidikan agama Islam di SMK Syaiful Jamil Blega Bangkalan? Metode penelitian yang penulis gunakan adalah deskriptif kualitatif. Dalam pengumpulan data, penulis menggunakan metode observasi, wawancara atau interview dan dokumentasi, sedangkan untuk analisanya menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif yaitu suatu penelitian yang menjukkan dengan mendeskripsikan pada yang terjadi dilapangan, fenomena yang ada. Beberapa deskripsi digunakan untuk menentukan prinsip-prinsip dan menjelaskan yang mengarah pada penyimpulan, selain itu penelitian ini diambil dari data-data yang sudah terkumpul di SMK Syaiful Jamil Blega Bangkalan. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Implementasi Self Regulated Learning Dalam Meningkatkan Kemandirian Siswa Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMK Syaiful Jamil Blega Bangkalan; a) Implementasi self regulated learning pada pembelajaran pendidikan agama Islam di SMK Syaiful Jamil Blega Bangkalan adalah telah terlaksana dengan baik melewati beberapa tahapan pengaturan, yakni pengaturan metakognitif, motivasi dan prilakunya. b) Faktor pendukung implementasi self regulated learning di SMK Syaiful Jamil Blega Bangkalan adalah rpp yang baik, siswa sudah memiliki pengetahuan awal yang disampaikan oleh guru dan sarana dan prasarana yang cukup di sekolah. Adapun faktor penghambat adalah kurangnya buku pegangan siswa, lingkungan, kurangnya kontrol orang tua dan faktor diri sendiri (malas-malsan dikelas dan bolos jam pelajaran). c) Dampak Self Regulated Learning terhadap kemandirian belajar siswa pada pembelajaran pendidikan agama Islam di SMK Syaiful Jamil Blega Bangkalan ialah mampu mengarahkan siswa pada kemandirian belajar, seperti mengatur jadwal belajar, menetapkan tujuan belajar, bertanggung jawab, memecahkan masalah sendiri, dan mencari infromasi yang dibutuhkan secara mandiri tanpa bergantung kepada orang lain.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AC Collections. Series. Collected works A General Works > AS Academies and learned societies (General) L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Program Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr. Qori` wahyudi |
Date Deposited: | 30 Dec 2024 03:50 |
Last Modified: | 30 Dec 2024 03:50 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/7830 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |