Penerapan Metode Ummi Dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Al-Qur’an Bagi anak Berkebutuhan Khusus (ABK) Di TK Muslimat NU VI Dasuk Pademawu Pamekasan.

Shofa, Hamim Dzulqornain (2023) Penerapan Metode Ummi Dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Al-Qur’an Bagi anak Berkebutuhan Khusus (ABK) Di TK Muslimat NU VI Dasuk Pademawu Pamekasan. Masters thesis, Institut Agama Islam Negeri Madura.

[img] Text
COVER.pdf

Download (136kB)
[img] Text
Pengesahan Penguji.pdf

Download (197kB)
[img] Text
PENGESAHAN PEMBIMBING.pdf

Download (154kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (80kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (249kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (256kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (317kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (124kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (322kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (277kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (96kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (172kB)
[img] Text
KEASLIAN HAMIM.pdf

Download (152kB)

Abstract

Kata kunci: Metode Ummi, Anak Berkebutuhan Khusus Penelitian ini berfokus pada tiga hal yaitu: (1) Bagaimana penerapan Metode Ummi dalam meningkatkan keterampilam membaca Al-Qur’an bagi Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) di TK Muslimat NU VI Desa Dasuk Kecamatan Pademawu Kabupaten Pamekasan (2) Bagaimana hasil dari penerapan Metode Ummi dalam meningkatkan keterampilam memca al-Qur’an bagi Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) di TK Muslimat NU VI Desa Dasuk Kecamatan Pademawu Kabupaten Pamekasan, (3) Apa faktor yang mendukung dan menghambat penerapan Metode Ummi dalam meningkatkan keterampilan membaca Al-Qur’an Bagi Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) di TK Muslimat NU VI Desa Dasuk Kecamatan Pademawu Kabupaten Pamekasan. Peneliti menggunakan metode dengan pendekatan kualitatif, Adapun jenis penelitiannya menggunakan jenis penelitian deskriptif, serta pengumpulan datanya dilakukan dengan cara observasi nonpartisipan, wawancara mendalam, dan dokumentasi terhadap sumber terkait. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1. Pelaksanaan penerapan metode ummi bagi anak berkebutuhan khusus di TK Muslimat NU VI Dasuk Pamekasan di laksanakan dengan tekun dan konsisten dengan membimbing peserta didik yang dilakukan mulai dari tata cara membaca dan meningkatkan kualitasnya denga didampingi oleh mentor yang mempuni dibidangnya melalui berbagai kegiatan yang dilakukan mulai dari pengawasan sampai kepada evaluasi dalam meningkatkannya. 2. Hasil penerpan metode ummi di TK Muslimat NU VI Dasuk Pamekasan, yaitu peserta didik dalam belajar membaca al-qur’an sangat antosias dan lebih semangat tinggi dengan penuh kesadaran diri dan tumbh rasa semangat yang tinggi sehingga peserta didik dalam belajar membaca al-qur’an di dasari dengan rasa senang dan cinta. 3. Faktor yang mendukung dalam penerapan metode ummi di TK Muslimat NU VI Dasuk Pamekasan adalah semangat dari semua pihak yang terlibat dalam penerapan metode ummi dan tumbuhnya kesadaran diri akan butuhnya mempelajari al-qur’an, sedangkan faktor penghambatnya dalam penerapan metode ummi di TK Muslimat NU VI Dasuk Pamekasan adalah kekurangan SDM yang menekuni dan mempuni di bidangnya serta IQ peserta didik yang lemah dan butuh kesabaran yang tinggi dalam menjalaninya.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
A General Works > AS Academies and learned societies (General)
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr. Qori` wahyudi
Date Deposited: 03 Mar 2025 01:51
Last Modified: 03 Mar 2025 01:51
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/8029

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item