Hasanah, Ummul (2023) Implementasi Model Pembelajaran Sentra Informasi Teknologi dalam Mengembangkan Aspek Perkembangan Kognitif pada Kelompok B di TK Ibarahimy Andulang Sumenep. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
![]() |
Text
19381062065_SAMPUL (PDF).pdf Download (91kB) |
![]() |
Text
19381062065_LEMBAR PERSETUJUAN (PDF).pdf Download (86kB) |
![]() |
Text
19381062065_LEMBAR PENGESAHAN (PDF).pdf Download (713kB) |
![]() |
Text
19381062065_ABSTRAK (PDF).pdf Download (33kB) |
![]() |
Text
19381062065_DAFTAR ISI (PDF).pdf Download (50kB) |
![]() |
Text
19381062065_BAB I (PDF).pdf Download (343kB) |
![]() |
Text
19381062065_BAB II (PDF).pdf Restricted to Repository staff only Download (174kB) |
![]() |
Text
19381062065_BAB III (PDF).pdf Restricted to Repository staff only Download (81kB) |
![]() |
Text
19381062065_BAB IV (PDF).pdf Download (235kB) |
![]() |
Text
19381062065_BAB V (PDF).pdf Restricted to Repository staff only Download (45kB) |
![]() |
Text
19381062065_DAFTAR PUSTAKA (PDF).pdf Download (109kB) |
![]() |
Text
19381062065_KEASLIAN TULISAN (PDF).pdf Download (250kB) |
Abstract
Kata Kunci: Informasi Teknologi, Aspek Kognitif, Anak Usia Dini Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya penggunaan informasi teknologi sejak anak usia dini. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui implementasi model pembelajaran sentra informasi teknologi pada kelompok B di TK Ibrahimy Andulang Sumenep. Berdasarkan hal tersebut, maka ada tiga permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu : pertama bagaimana perencanaan model pembelajaran sentra informasi teknologi dalam mengembangkan aspek perkembangan kognitif pada kelompok B di TK Ibrahimy Andulang Sumenep, kedua bagaimana implementasi model pembelajaran sentra informasi teknologi dalam mengembangkan aspek perkembangan kognitif pada kelompok B di TK Ibrahimy Andulang Sumenep, ketiga bagaimana keberhasilan implementasi model pembelajaran sentra informasi teknologi dalam mengembangkan aspek perkembangan kognitif pada kelompok B di TK Ibrahimy Andulang Sumenep. Penelitian ini menggunakan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informannya adalah guru yang ada di kelas B TK Ibrahimy. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : Pertama, perencanaan model pembelajaran sentra informasi teknologi dalam mengembangkan aspek perkembangan kognitif pada kelompok B di TK Ibrahimy Andulang Sumenep sebagai penentu langkah-langkah yang akan dilaksanakan dalam kegiatan pembelajaran seperti halnya menyusun Program Semester (PROMES), Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mingguan (RPPM), dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian (RPPH), serta persiapan sarana prasana pembelajaran seperti menata ruang kelas dan mempersiapkan alat dan bahan yang akan digunaan dalam kegiatan pembelajaran. Kedua, implementasi model pembelajaran sentra informasi teknologi dilaksanakan 1 kali dalam 1 minggu dan memiliki 4 langkah kegiatan, yaitu pijakan lingkungan bermain, pijakan sebelum bermain, pijakan selama bermain, dan pijakan setelah bermain. Ketiga, keberhasilan implementasi model pembelajaran sentra terhadap perkembangan aspek kognitif dapat dikatakan berhasil dan materi pembelajaran dapat diterima dengan mudah. Capaian pada setiap kegiatan tersebut kemudian di tulis dan dicantumkan dalam penilaian seperti penilaian anekdot, penilaian hasil karya, dan penilaian ceklis.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | Mrs Elhamah Nandika Bintan |
Date Deposited: | 21 May 2025 08:23 |
Last Modified: | 21 May 2025 08:23 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/8278 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
![]() |
View Item |