Roziq, Muhammad Khoirur (2024) Implementasi Manajemen Marketing Syariah Dalam Meningkatkan Segmentasi Pasar Hotel Syariah Pada Cahaya Berlian Hotel Di Pamekasan. Masters thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI MADURA.
![]() |
Text
HALAMAN JUDUL.pdf Download (46kB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (50kB) |
![]() |
Text
pengesahan dewan penguji.pdf Download (206kB) |
![]() |
Text
persetujuan pembimbing.pdf Download (115kB) |
![]() |
Text
KATA PENGANTAR.pdf Download (146kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (19kB) |
![]() |
Text
DAFTAR TABEL.pdf Download (3kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (218kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (184kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (184kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (208kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Download (118kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Download (494kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (262kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Download (90kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (88kB) |
![]() |
Text
keaslian tulisan.pdf Download (142kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Download (443kB) |
Abstract
Kata Kunci: Marketing Syariah, Segmentasi Pasar, Hotel Syariah Persaingan bisnis dalam mendapatakan konsumen pada Hotel syariah di Pamekasan perlu didukung oleh adanya sumberdaya manusia yang mampu bekerja memberikan pelayanan baik. Disinilah tugas dan peranan penting dari pemasaran suatu usaha hotel agar dapat meningkatkan volume penjualan jasa dari waktu kewaktu. Ini mutlak harus dilakukan dengan mengikuti perkembangan teknologi yang terjadi dan membangun sistem informasi manajemen yang dibutuhkan oleh hotel. Fokus utama dalam penelitian ini, yaitu untuk mengetahui karakteristik pemasaran syariah pada Cahaya Berlian Hotel Pamekasan, strategi pemasaran dalam meningkatkan segmentasi pasar Hotel Syariah dan faktor faktor yang mempengaruhi strategi pemasaran dalam meningkatkan segmentasi pasar Hotel Syariah pada Cahaya Berlian Hotel Pamekasan, segmentasi yang digunakan dalam pemasaran Hotel Cahaya Berlian Berbasis Syar‟iah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dengan melakukan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Data yang diperoleh dilakukan cek keabsahan dengan dengan kreadibilitas, transferability, dependability dan konfirmability. Hasil penelitian menunjukan bahwa: pertama, karakteristik pemasaran syariah pada Cahaya Berlian Hotel Pamekasan, ialah: religius, etika, realistis, humanis; kedua, strategi pemasaran dalam meningkatkan segmentasi pasar Hotel Syariah pada Cahaya Berlian Hotel Pamekasan, ialah dengan memberikan produk (product) berupa fasilitas kamar sesuai standart serta pelayanan yang maksimal dan berprinsip syar‟ah. Adanya fasilitas ibadah dengan solat berjemaah dalam masjid dan tulisan-tulisan syar‟ah serta dilarangnya tamu menginap lain jenis dalam satu kamar yang bukan pasangan suami isteri. Selain itu harga cukup terjangkau dan bersahabat sehingga konsumen merasa puas. Dalam Pemasaran Cahaya Berlian Hotel melakukan aktifitas promosi (promotion) sederhana melalui pemanfaatan media sosial, sebagai strategi yang paling efektif, mempunyai tata letak (place) lokasi yang strategis dan brand image produk yang baik. ketiga, faktor yang mempengaruhi strategi pemasaran dalam meningkatkan segmentasi pasar hotel syariah pada Cahaya Berlian Hotel Pamekasan, ialah: kondisi persaingan bisnis perhotelan di Kabupaten Pamekasan yang tidak sehat, persepsi masyarakat yang salah terkait Cahaya Berlian Hotel Pamekasan hanya untuk tamu beragama Islam dan kurangnya dukungan Pemerintah Kabupaten Pamekasan terhadap bisnis syariah yang dijalankan oleh Cahaya Berlian Hotel Pamekasan. Keempat, segmentasi yang digunakan dalam pemasaran Hotel Cahaya Berlian Berbasis Syar‟iah, ialah warga muslim di Madura, dan berusaha menciptakan layanan yang halal dan penuh keberkahan kepada kepada tamu yang menginapnya.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AC Collections. Series. Collected works A General Works > AS Academies and learned societies (General) H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management H Social Sciences > HF Commerce |
Divisions: | Program Pascasarjana |
Depositing User: | Mr. Qori` wahyudi |
Date Deposited: | 08 Sep 2025 01:44 |
Last Modified: | 08 Sep 2025 01:44 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/8511 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
![]() |
View Item |