Amatul, Firdausya (2020) Analisis Peran Stokis Dalam Sistem Pemasaran Dan Sistem Penjualan Perspektif Ekonomi Islam Pada Produk Kecantikan HNI-HPAI. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
Amatul Firdausya_20160703030019_COVER_ES.pdf Download (341kB) |
|
Text
Amatul Firdausya_20160703030019_Hal persetujuan_ES.pdf Download (57kB) |
|
Text
Amatul Firdausya_20160703030019_Hal pengesahan_ES.pdf Download (35kB) |
|
Text
Amatul Firdausya_20160703030019_ABSTRAK_ES.pdf Download (32kB) |
|
Text
Amatul Firdausya_20160703030019_KATA PENGANTAR_ES.pdf Download (324kB) |
|
Text
Amatul Firdausya_20160703030019_DAFTAR ISI_ES.pdf Download (157kB) |
|
Text
Amatul Firdausya_20160703030019_BAB I_ES.pdf Download (717kB) |
|
Text
Amatul Firdausya_20160703030019_BAB II_ES.pdf Restricted to Repository staff only Download (885kB) |
|
Text
Amatul Firdausya_20160703030019_BAB III_ES.pdf Restricted to Repository staff only Download (455kB) |
|
Text
Amatul Firdausya_20160703030019_BAB IV_ES.pdf Download (572kB) |
|
Text
Amatul Firdausya_20160703030019_BAB V_ES.pdf Restricted to Repository staff only Download (151kB) |
|
Text
Amatul Firdausya_20160703030019_DAFTAR PUSTAKA_ES.pdf Download (269kB) |
|
Text
Amatul Firdausya_20160703030019_Pernyataan Keaslian Tulisan_ES.pdf Download (150kB) |
Abstract
Kata Kunci : Peran Stokis, Sistem Pemasaran, Sistem Penjualan, Ekonomi Islam Pemasaran merupakan suatu bentuk aktivitas yang didalamnya terjadi proses promosi atau kegiatan memberitahukan suatu produk kepada masyarakat, dalam pemasaran tersebut salah satu nya adalah sistem MLM (Multi Level Marketing) yang digunakan oleh perusahaan HNI-HPAIdengan merekrut banyak mitra untuk memperluas jaringan pemasarannya. HNIHPAI merupakan salah satu perusahaan bisnis berbasis online yang berasal dari Malaysia dan mulai masuk ke Indonesia pada 19 Maret 2012 yang dikenal dengan salah satu bisnis produk berbahan herbal. Terdapat tiga hal yang menjadi fokus masalah dalam skripsi ini, yaitu: pertama, bagaimana sistem pemasaran yang dilakukan oleh stokis HNI-HPAI. Kedua, bagaimana sistem penjualan yang dilakukan oleh stokis HNI-HPAI. Ketiga, bagaimana sistem pemasaran dan penjualan perspektif ekonomi Islam. Dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana sistem pemasaran dan sistem penjualan yang dilakukan oleh stokis HNI-HPAI apakah sudah sesuai dengan yang dianjurkan oleh ekonomi Islam. Adapun pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Dengan sumber data yang digunakan berupa data primer dan data sekunder, dimana data primer dalam penelitian ini berupa wawancara langsung dengan para stokis dan konsumen HNI-HPAI, sedangkan data sekunder nya berupa buku, jurnal, dan lainnya. Dalam pengambilan data nya penelitian ini menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: pertama, dalam pemasaran nya stokis HNI-HPAI menggunakan dua cara yaitu PCA (pakai, cerita, ajak) dan HS (home sharing) dengan menjelaskan secara langsung mengenai apa itu produk HNI-HPAI dan apa saja manfaat yang terkandung di dalam setiap produknya. Kedua, dalam penjualan nya stokis juga menggunakan dua cara yaitu penjualan langsung (terjadinya transaksi langsung antara stokis dan konsumen) dan tidak langsung (menggunakan perantara seperti POS, JNE, JNT) yang dilakukan sesuai kesepakatan antara stokis dan konsumen. Ketiga,ditinjau dalam perspektif ekonomi Islam sistem pemasaran dan sistem penjualan itu telah mampu menghidupkan nilainilai Islam dalam kegiatan bisnisnya dengan salah satu nya mengajak masyarakat hijrah pada produk-produk herbal mengikuti sunah Rasul, dan dalam kegiatan bisnisnya di HNI-HPAI bonus hanya akan di dapat bagi mereka yang bekerja dan dibagikan sesuai kinerja masingmasing, selain hal itu barang atau produk yang dijual oleh HNI-HPAI juga telah jelas keamanan dan kehalalan nya dengan adanya label BPOM dan MUI yang sudah tertera, yang bertujuan untuk menciptakan falah bagi masyarakat.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory H Social Sciences > HF Commerce |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syari'ah |
Depositing User: | Mr Imam Ghozali |
Date Deposited: | 23 Feb 2021 03:45 |
Last Modified: | 18 Jul 2024 02:22 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/861 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |