Strategi Diferensiasi Pada Perusahaan Pengiriman Barang dan Jasa (Studi Pada J&T Express dan NinjaXpress Pamekasan)

Ria Indah, Ramadhani (2020) Strategi Diferensiasi Pada Perusahaan Pengiriman Barang dan Jasa (Studi Pada J&T Express dan NinjaXpress Pamekasan). Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
Ria Indah Ramadhani_20160703030123_Cover_ES_pdf.pdf

Download (145kB)
[img] Text
Ria Indah Ramadhani_20160703030123_Lembar_Persetujuan_Pembimbing_ES.pdf

Download (400kB)
[img] Text
Ria Indah Ramadhani_20160703030123_Lembar Pengesahan_ES.pdf

Download (676kB)
[img] Text
Ria Indah Ramadhani_20160703030123_Abstrak_ES_pdf.pdf

Download (89kB)
[img] Text
Ria Indah Ramadhani_20160703030123_Daftar_Isi_ES_pdf.pdf

Download (93kB)
[img] Text
Ria Indah Ramadhani_20160703030123_BAB 1_ES_pdf.pdf

Download (523kB)
[img] Text
Ria Indah Ramadhani_20160703030123_BAB II_ES_pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (380kB)
[img] Text
Ria Indah Ramadhani_20160703030123_BAB III_ES_pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (257kB)
[img] Text
Ria Indah Ramadhani_20160703030123_BAB IV_ES_pdf.pdf

Download (354kB)
[img] Text
Ria Indah Ramadhani_20160703030123_BAB V_ES_pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (92kB)
[img] Text
Ria Indah Ramadhani_20160703030123_DAFTAR PUSTAKA_ES_pdf.pdf

Download (213kB)
[img] Text
Ria Indah Ramadhani_20160703030123_Surat_Pernyataan Keaslian_Karya_dan_Persetujuan Publikasi_ES.pdf

Download (594kB)

Abstract

Kata Kunci: Strategi Diferensiasi, Perusahaan, Pengiriman Barang dan Jasa. Seiring dengan perkembangan zaman, pasar jasa kurir yang besar dan terus berkembang menyebabkan banyaknya pelaku usaha yang tertarik masuk dalam bisnis jasa kurir. Salah satu cara untuk dapat memenangkan persaingan adalah dengan membuat perbedaan dari produk yang dipasarakn dibandingkan produk perusahaan saingan. Sehingga konsumen merasakan adanya perbedaan yang bersifat positif dibandingkan dari produk perusaan lainya. Konsep ini dinamakan dengan diferiansi produk (Pembedaan Produk). Perusahaan jasa pengiriman J&T Express dan NinjaXpress merupakan ekspedisi barang yang berada di Pamekasan, dimana kedua perusahan ini tempatnya saling berdekatan satu sama lain sehingga pastinya ada persaingan dari kedua perusahaan jasa tersebut untuk menonjolkan keunikan masing-masing jasa yang dimiliki kepada pelanggan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisa bagaimana implementasi dimensi diferensiasi J&T Ekspress dalam membedakan perusahaan dengan NinjaXpress dan untuk mengetahui efektifitas yang dilakukan NinjaXpress dalam meningkatkan produktifitas dalam perusahaan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan penelitian yang bersifat komparatif. Sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data primer penelitian ini adalah pimpinan perusahaan, karyawan J&T Express dan NinjaXpress Pamekasan. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, J&T Express dan NinjaXpress Pamekasan mendeferensiasikan perusahaannya dengan berdasarkan lima dimensi yaitu produk, pelayanan, personil, saluran distribusi dan citra. Ada beberapa produk jasa yang menjadi keunggulan perusahaan pengiriman barang dan jasa pada kedua perusahaan tersebut yakni J&T Express memiliki keunggulan di bidang pelayanan gratis jemput ongkir di tempat dan operasional jam kerja yang berpotensi menjadi sumber diferensiasi. Sedangkan untuk NinjaXpress memiliki keunggulan di bidang layanan Cash On Delivery (COD) yang mempermudah konsumen untuk dapat membayar barang yang dibeli saat menerimanya langsung. Kedua, J&T Express dalam efektifitasnya untuk meningkatkan jumlah produktivitas sudah berjalan efektif karena terjadi jumlah peningkatan pengiriman barang dan penerimaan barang. Sedangkan untuk NinjaXpress Pamekasan kurang efektif hal ini di karenakan tidak adanya peningkatan jumlah pengiriman barang hanya ada penerimaan barang saja.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? m_075 ??
?? m_212 ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Mr Imam Ghozali
Date Deposited: 23 Feb 2021 04:19
Last Modified: 23 Feb 2021 04:19
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/899

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item