Gaya Bahasa dalam Slogan Iklan Makanan di Instagram

Jazuli, Ach. (2020) Gaya Bahasa dalam Slogan Iklan Makanan di Instagram. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
ACH JAZULI_20160701070005_COVER_TBIN.pdf

Download (241kB)
[img] Text
ACH JAZULI_20160701070005_LEMBAR_PERSETUJUAN_PEMBIMBING_TBIN.pdf

Download (138kB)
[img] Text
ACH JAZULI_20160701070005_LEMBAR_PENGESAHAN_TBIN.pdf

Download (173kB)
[img] Text
ACH JAZULI_20160701070005_ABSTRAK_TBIN.pdf

Download (85kB)
[img] Text
ACH JAZULI_20160701070005_DAFTAR_ISI_TBIN.pdf

Download (191kB)
[img] Text
ACH JAZULI_20160701070005_BAB_I_TBIN.pdf

Download (389kB)
[img] Text
ACH JAZULI_20160701070005_BAB_II_TBIN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (342kB)
[img] Text
ACH JAZULI_20160701070005_BAB_III_TBIN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (612kB)
[img] Text
ACH JAZULI_20160701070005_BAB_IV_TBIN.pdf

Download (186kB)
[img] Text
ACH JAZULI_20160701070005_DAFTAR_PUSTAKA_TBIN.pdf

Download (300kB)
[img] Text
ACH JAZULI_20160701070005_SURAT_PERNYATAAN_KEASLIAN_TULISAN_TBIN.pdf

Download (133kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan gaya bahasa serta makna semantik yang digunakan dalam slogan iklan makanan di instagram. Gaya bahasa dalam iklan makanan di Instagram dijadikan objek penelitian karena gaya bahasa adalah salah satu kunci untuk menilai suatu hal berkualitas atau tidak begitupun dalam slogan iklan makanan yang memang saat ini banyak sekali produk makanan yang promusikan untuk menarik minat konsumen terlebih di media sosial instagram, oleh karenanya media yang peneliti ambil ialah instagram karena untuk saat ini yang paling banyak dikunjungi oleh para penggunan medsos adalah instagram. Obyek penelitian adalah gaya bahasa serta makna semantik yang terkandung dalam slogan iklan makanan di instagram. Data diperoleh dari slogan iklan makanan di instagram berupa farsa, kalimat serta gambar iklan suatu pruduk makanan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah diskriptif kualitatif. Metode kualitatif adalah penelitian yang menghasilkan data deskriptif, yaitu dari yang berupa kata-kata tertulis/lisan dari orang-orang atau prilaku yang diamati. Teknik pengumpulan yang digunakan adalah teknik simak dan catat. Intrumen penelitian adalah human instrumen. Unji keabsahan data menggunakan versi positivisme dan disesuaikan dengan tuntutan pengetahuan, kriteria dan paradigmanya sendiri. Yakni dengan cara membaca berulang-ulang data yang sudah terkumpul dalam usaha untuk pemahaman dan penafsiran agar mendapatkan hasil yang sebaik-baiknya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat 54 data slogan iklan makanan yang mengandung gaya bahasa. Hasil analisis terdiri dari 2 gaya bahasa metafora, 5 gaya bahasa personifikasi, 19 gaya bahasa hiperbola, 1 gaya bahasa sinekdoke, 9 gaya bahasa repetisi, 2 gaya bahasa pertanyaan retoris, 9 gaya bahasa aliterasi, 6 gaya bahasa asonasi dan 1 gaya bahasa elipsis. Serta tiap-tiap gaya bahasa yang digunakan dalam slogan iklan makanan mengandung makna semantik yang dideskripsikan oleh peneliti.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? m_071 ??
?? m_072 ??
Depositing User: Albab 199204152019031005 Albaburrahim
Date Deposited: 14 Aug 2020 05:17
Last Modified: 14 Aug 2020 05:17
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/94

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item