Implementasi Metode Wisata Alam Untuk Mengembangkan Motorik Halus Anak Usia Dini Di Sekolah RA AL-AMIEN Pamekasan Kel. Kowel Kec. Pamekasan Kab. Pamekasan

Laila Ulfa, Hasanah (2020) Implementasi Metode Wisata Alam Untuk Mengembangkan Motorik Halus Anak Usia Dini Di Sekolah RA AL-AMIEN Pamekasan Kel. Kowel Kec. Pamekasan Kab. Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
1 SAMPUL - LAILA ULFA HASANAH 18201501060023.pdf

Download (45kB)
[img] Text
2 HALAMAN PERSETUJUAN - LAILA ULFA HASANAH 18201501060023.pdf

Download (67kB)
[img] Text
3 HALAMAN PENGESAHAN - LAILA ULFA HASANAH18201501060023.pdf

Download (75kB)
[img] Text
4 ABSTRAK - LAILA ULFA HASANAH 18201501060023.pdf

Download (280kB)
[img] Text
5 KATA PENGANTAR - LAILA ULFA HASANAH 18201501060023.pdf

Download (195kB)
[img] Text
6 DAFTAR ISI- LAILA ULFA HASANAH 18201501060023.pdf

Download (96kB)
[img] Text
7 BAB - I LAILA ULFA HASANAH 18201501060023.pdf

Download (116kB)
[img] Text
8 BAB II - LAILA ULFA HASANAH 18201501060023.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (497kB)
[img] Text
9 BAB III - LAILA ULFA HASANAH 18201501060023.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (216kB)
[img] Text
10 BAB IV - LAILA ULFA HASANAH 18201501060023.pdf

Download (311kB)
[img] Text
11 BAB V - LAILA ULFA HASANAH 18201501060023.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (310kB)
[img] Text
12 DAFTAR RUJUKAN - LAILA ULFA HASANAH 18201501060023.pdf

Download (173kB)
[img] Text
13 PERNYATAAN KEASLIAN - LAILA ULFA HASANAH18201501060023.pdf

Download (66kB)
[img] Text
14 LAMPIRAN - LAILA ULFA HASANAH18201501060023.pdf

Download (493kB)
[img] Text
15 RIWAYAT HIDUP - LAILA ULFA HASANAH 18201501060023.pdf

Download (21kB)

Abstract

Kata kunci: Metode Wisata Alam, Motorik Halus, Anak Usia Dini. Anak usia dini memiliki sifat yang unik karena di dunia ini tidak ada satu pun anak yang sama, meskipun lahir kembar, mereka dilahirkan dengan potensi yang berbeda, memiliki kelebihan, kekurangan, bakat, dan minat masing-masing. Oleh karena itu, para pendidik anak usia dini perlu mengenal keunikan tersebut agar dapat membantu mengembangkan potensi mereka secara lebih baik dan efektif. Anak usia dini merupakan individu yang berbeda, unik, dan memiliki karekteristik tersendiri sesuai dengan tahapan usianya. Pada masa ini stimulasi seluruh aspek perkembangan memiliki peran penting untuk tugas perkembangan selanjutnya. Perkembangan motorik, memungkinkan individu mampu menyesuaikan diri dengan lingkungan sekitarnya baik lingkungan sekolah maupun lingkungan masyarakat. Sebagai awal dari perkembangan motorik, individu dapat memulai dengan melakukan latihan menulis, menggambar, melukis, dan baris-berbaris. Demikian juga dengan perkembangan motorik individu dapat melakukan intraksi dengan teman sebayanya, sehingga dia dapat aktif dalam pergaulan dan memperoleh proses belajar yang optimal. Oleh karena itu, media alam mengedepankan suasana belajar yang ceria, menyenangkan, serta mementingkan active learning. Anak dikenalkan pada alam dan diberi pengetahuan tentang berbagai benda serta makhluk hidup. Kemudian, anak ditanamkan pemahaman mengenai pencipta alam beserta sikap atau tindakan yang tepat terhadap alam beserta isinya. Berawal dari sini, penggunaan alam sebagai media belajar memberi pengaruh besar dalam menabur benih-benih spiritualitas bagi anakanak usia dini. Metode wisata alam sangat baik digunakan berkaitan dengan materimateri yang melibatkan anak secara langsung dan bersifat dunia nyata dalam lingkungannya. Hal ini dimaksudkan supaya anak dapat mengenal dan mengetahui secara lebih jelas dan detail terkait apa yang diajarkan melalui proses observasi yang dilakukannya tersebut. Ada tiga fokus penelitian yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu: pertama, bagaimana implementasi metode wisata alam untuk mengembangkan motorik halus anak usia dini di RA AL-AMIEN Pamekasan Kel. Kowel Kec. Pamekasan Kab. Pamekasan; kedua, apa saja kendala guru dalam Implementasi metode wisata alam untuk mengembangkan motorik halus anak usia dini dan; ketiga, bagaimana solusi guru untuk mengembangkan motorik halus anak dalam metode wisata alam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Sumber data yang diperoleh melalui observasi pengamatan tidak terstruktur, wawancara tidak terstruktur, dan dokumentasi. Informasinya hanya Guru Kelas saja di RA AL-AMIEN Pamekasan Kel. Kowel Kec. Pamekasan Kab. Pamekasan. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui triangulasi subjek penelitian, triangulasi waktu, dan tringulasi tempat penelitian. vi Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, Implementasi metode wisata alam merupakan salah satu metode pembelajaran yang mengajak anak kesuatu tempat untuk melakukan proses pembelajaran di luar sesuai dengan materi yang akan di ajarkan. Sebelum pelaksanaan metode wisata alam ini diterapkan yang dilakukan oleh para guru yaitu menyiapkan tempat yang akan dilaksanakan, Mempersiapkan media dan alat seperti tunasnya tanaman sedap malam, sekop, wadah, air, pupuk. Dalam penerapan metode wisata alam ini disesuaikan antara tema yang akan disampaikan atau materi yang akan disampaikan dengan lokasi yang akan dituju, selain itu metode wisata alam ini menggunakan strategi individu saja. Penerapan metode wisata alam untuk mengembangkan motorik halus anak usia dini di RA AL-AMIEN Pamekasan. Tahapan penerapannya disesuaikan dengan RPPH, ada beberapa tahapan dalam penerapannya yaitu: (1) Kegiatan Awal. Dalam kegiatan awal ini meliputi pembacaan suroh-suroh, do’a-do’a, hadits dan menyanyi. (2) Kegiatan Inti. Pada kegiatan inti ini guru menyesuaikan dengan tema yang ada di RPPH, guru menjelaskan tentang tema tersebut kemudian guru memperlihatkan dan menjelaskan bahan dan alat yang akan digunakan pada kegiatan tersebut. (3) Kegiatan Akhir. Pada kegiatan akhir guru melakukan Recalling dan SOP kegiatan supaya anak lebih mengingatnya. Kedua, Kelemahan guru dalam implementasi metode wisata alam untuk mengembangkan motorik halus anak, yaitu (1) membutuhkan biaya yang sangat banyak, (2) membutuhkan waktu yang sangat lama, (3) metode wisata alam akan gagal bila objeknya tidak sesuai sengan tujuan yang akan diterapkan, (4) anak kadang kurang kondusif. Ketiga, Kelebihan guru untuk mengembangkan motorik halus anak dalam metode wisata alam, yaitu (1) guru mengadakan uang kas dan uang infak, (2) guru harus mempersiapkan tanggal, (3) guru harus melihat tempat terlebih dahulu, dan (4) Guru bisa berkolaborasi dan memberikan pemahaman kepada orangtua.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Mr Imam Ghozali
Date Deposited: 23 Feb 2021 03:17
Last Modified: 18 Jul 2024 01:57
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/1082

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item