Farizi, Fajarini (2021) Kreativitas Guru IPS Dalam Pembelajaran Daring (Online) Di MTsN 3 Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
Fajarini Farizi_20170701082024_Cover_TIPS.pdf Download (205kB) |
|
Text
Fajarini Farizi- 201701082024- Halaman-Persetujuan- TIPS.pdf Download (208kB) |
|
Text
Fajarini Farizi- 20170701082024- Halaman-Pengesahan- TIPS.pdf Download (214kB) |
|
Text
Fajarini Farizi_20170701082024_ABSTRAK_TIPS.pdf Download (149kB) |
|
Text
Fajarini Farizi_20170701082024_Daftar_isi_TIPS.pdf Download (172kB) |
|
Text
Fajarini Farizi_20170701082024_BAB I_TIPS.pdf Download (402kB) |
|
Text
Fajarini Farizi_20170701082024_BAB II_TIPS.pdf Restricted to Repository staff only Download (722kB) |
|
Text
Fajarini Farizi_20170701082024_BAB III_TIPS.pdf Restricted to Repository staff only Download (315kB) |
|
Text
Fajarini Farizi_20170701082024_BAB IV_TIPS.pdf Download (648kB) |
|
Text
Fajarini Farizi_20170701082024_BAB V_TIPS.pdf Restricted to Repository staff only Download (157kB) |
|
Text
Fajarini Farizi_20170701082024_Daftar_Pustaka_TIPS.pdf Download (277kB) |
|
Text
Fajarini Farizi- 20170701082024- Surat-Pernyataan-Keaslian-Karya- TIPS.pdf Download (180kB) |
Abstract
Kata Kunci: kreativitas Guru, Ilmu Pengetahuan Sosial, pembelajaran daring Dimasa pandemi COVID-19 guru dan siswa tidak mungkin bisa melaksanakan pembelajaran secara tatap muka, namun dilakukan dengan pembelajaran daring, Pembelajaran daring merupakan pembelajaran jarak jauh antara guru dengan siswa tidak bertatap muka secara langung namun memanfaatkan jaringan dan perangkat dan juga media pembelajaran seperti Elearning dan juga WA Group. Ada tiga permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu: pertama, bagaimana kreativitas guru IPS dalam pembelajaran daring di MTsN 3 Pamekasan: kedua, bagaimana respon siswa terhadap kreativitas guru IPS dalam pembelajaran daring di MTsN 3 Pamekasan; ketiga, apa saja faktor penghambat dan pendukung kreativitas guru IPS dalam pembelajaran daring di MTsN 3 Pamekasan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Sumber data yang diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi, informasinya adalah guru Ilmu Pengetahuan Sosial dan peserta didik. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa: Pertama, kreativitas guru IPS di MTsN 3 Pamekasan selain mengerjakan UKBM peserta didik juga diarahkan untuk lebih mengetahui tentang COVID-19 dengan cara membuat Peta persebaran COVID-19 diarea Jawa Timur serta cara pencegahanya dan juga meneliti lingkungan, serta membuat laporan sederhana dilingkungan rumah peserta didik masing-masing, membuat Mind Mapp, pembelajaran melalui Youtube.Kedua, respon siswa dalam pembelajaran daring akan berbading searah dengan respon guru, jika respon guru baik akan meningkatkan semangat belajar siswa dan siswa merasa senang karena menggunkaan media pembelajaran yang mudah diakses oleh siswa . Ketiga, faktor penghambat kreativitas guru dalam pembelajaran daring yaitu: faktor penghambat; jaringan, terkendala perangkat, pengetahuan siswa. Faktor pendukung; faktor pendukung adalah bagaimana kemauan dari guru untuk tetap mengetahui dan belajar terhadap media pembelajaran yang digunakan sebagai bahan tercapainya pembelajaran yang efektif dan efisien
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? m71E ?? ?? m71H ?? ?? m_071 ?? |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
Depositing User: | Mrs Elhamah Nandika Bintan |
Date Deposited: | 03 May 2021 01:46 |
Last Modified: | 03 May 2021 01:46 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/1256 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |