Implementasi Pendidikan karakter Siswa Kelas III pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di MI Al-Djufri Blumbungan

Rohmah, Alfiatur (2021) Implementasi Pendidikan karakter Siswa Kelas III pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di MI Al-Djufri Blumbungan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
Alfiatur Rohmah_20170701052007 _Cover_PGMI.pdf.pdf

Download (140kB)
[img] Text
Alfiatur Rohmah_20170101052007 _Lembar_Persetujuan_Pembimbing_PGMI.pdf.pdf

Download (238kB)
[img] Text
Alfiatur Rohmah_20170701052007 _Lembar Pengesahan_PGMI.pdf.pdf

Download (219kB)
[img] Text
Alfiatur Rohmah_20170701052007 _Abstrak_PGMI.pdf

Download (184kB)
[img] Text
Alfiatur Rohmah_20170701052007 _Daftar_Isi_PGMI.pdf.pdf

Download (96kB)
[img] Text
Alfiatur Rohmah_20170701052007 _BAB I_PGMI.pdf.pdf

Download (411kB)
[img] Text
Alfiatur Rohmah_20170701052007 _BAB II_PGMI.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (362kB)
[img] Text
Alfiatur Rohmah_20170701052007 _BAB III_PGMI.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (236kB)
[img] Text
Alfiatur Rohmah_20170701052007 _BAB IV_PGMI.pdf.pdf

Download (278kB)
[img] Text
Alfiatur Rohmah_20170701052007 _BAB V_PGMI.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (186kB)
[img] Text
Alfiatur Rohmah_20170701052007 _Daftar_Pustaka_PGMI.pdf.pdf

Download (305kB)
[img] Text
Alfiatur Rohmah_20170701052007 _Surat_Pernyataan Keaslian_Karya_PGMI.pdf.pdf

Download (257kB)

Abstract

Kata Kunci: Implementasi, Pendidikan karakter, Siswa Implementasi pendidikan karakter siswa merupakan suatu tindakan yang dilakukan untuk memelihara dan menumbuhkan watak, sikap, akhlak dan budi pekerti kepada peserta didik. Oleh karena itu, implementasi pendidikan karakter dilakukan untuk membentuk karakter siswa dari perilaku-perilaku yang dilakukan setiap hari supaya siswa memiliki sikap dan karakter yang baik. Berdasarkan hal tersebut, maka ada dua permasalahan yang menjadi pokok dalam penelitian, yaitu: pertama, bagaimana implementasi pendidikan karakter siswa kelas 3 pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di MI AlDjufri Blumbungan, kedua, apa saja faktor pendukung dan penghambat implementasi pendidikan karakter siswa kelas 3 pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di MI Al-Djufri Blumbungan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Sumber data yang diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama implementasi pendidikan karakter siswa kelas 3 yaitu dengan cara mencontohkan perilaku dan sikap yang baik terhadap sesama, dan juga pembiasaan membca do’a, membaca asmaul husna, dan surat-surat pendek sebelum pelajaran dimulai. Kedua, faktor pendukung dan penghambat implementasi pendidikan karakter siswa kelas 3 yaitu ada beberapa hal. Untuk faktor pendukung yaitu buku pelajaran pendidikan agama Islam, visi dan misi, dan lingkungan sekolah. Sedangkan faktor penghambatnya ialah ketika sudah tidak dalam pantauan sekolah, lingkungan, keluarga, dan faktor dari anak itu sendiri.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? m71B ??
?? m_071 ??
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mrs Elhamah Nandika Bintan
Date Deposited: 03 May 2021 01:48
Last Modified: 03 May 2021 01:48
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/1258

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item