Jannah, Wardatul (2021) Manajemen Bimbingan Konseling Dalam Mengembangkan Kecerdasan Emosional Siswa Di Madrasah Tsanawiyah Nurul Islam Karangcempaka Bluto Sumenep. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
a. Wardatul jannah-20170701042189-Sampul-MPI.pdf Download (35kB) |
|
Text
c. Wardatul jannah-20170701042189-Halaman Persetujuan-MPI.pdf Download (24kB) |
|
Text
d. Wardatul jannah-20170701042189-Halaman Pengesahan-MPI.pdf Download (33kB) |
|
Text
f. Wardatul jannah-20170701042189-Daftar Isi-MPI.pdf Download (17kB) |
|
Text
g. Wardatul jannah-20170701042189-BAB I-MPI.pdf Download (61kB) |
|
Text
h. Wardatul jannah-20170701042189-BAB II-MPI.pdf Restricted to Repository staff only Download (53kB) |
|
Text
i. Wardatul jannah-20170701042189-BAB III-MPI.pdf Restricted to Repository staff only Download (40kB) |
|
Text
j. Wardatul jannah-20170701042189-BAB IV-MPI.pdf Download (163kB) |
|
Text
k. Wardatul jannah-20170701042189-BAB V-MPI.pdf Restricted to Repository staff only Download (18kB) |
|
Text
l. Wardatul jannah-20170701042189-Daftar Pustaka-MPI.pdf Download (19kB) |
|
Text
b. Wardatul jannah-20170701042189-Pernyataan Keaslian Tulisan-MPI.pdf Download (7kB) |
Abstract
Kata Kunci : Manajemen Bimbingan Konseling, Mengembangkan Kecerdasan Emosional Siswa Manajemen bimbingan konseling merupakan sebuah proses yang terdiri dari beberapa unsur yaitu perencanaan, pengorganisasian, penggerakan dan pengawasan. Manajemen bimbingan konseling ini sangat berperan penting dalam lembaga pendidikan terhadap keberhasilan kegiatan BK. Manajemen bimbingan konseling atau BK adalah cara guru memenej atau mengatur, membagi, mengelompokkan, semua kegiatan bimbingan konseling atau BK agar dapat tercapai dengan efektif dan efisien serta dapat maksimal dan terarah. Fokus penelitian ini adalah : bagaimana langkah-langkah manajemen bimbingan konseling dalam mengembangkan kecerdasan emsional siswa Di Madrasah Tsanawiyah Nurul Islam Karangcempaka Bluto Sumenep ?, apa saja jenis-jenis kecerdasan emosional siswa yang dikembangkan manajemen BK Di Madrasah Tsanawiyah Nurul Islam Karangcempaka Bluto Sumenep ?, apa saja hambatan-hambatan yang di alami guru dalam mengembangkan kecerdasan emosional siswa di Madrasah Tsanawiyah Nurul Islam karangcempaka Bluto Sumenep. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis deskriptif, data yang diperoleh yaitu dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Informasi yang didapat ialah dari guru BK, wali kelas, dan guru mata pelajaran yang mengetahui manajemen bimbingan konseling dalam mengembangkan kecerdasan emosional siswa di Madrasah Tsanawiyah Nurul Islam karangcempaka Bluto Sumenep. Hasil penelitian ini yaitu Satu, langkah-langkah manajemen BK dalam menegembangkan kecerdasan emosional siswa yaitu mengenali emosi diri sendiri, mengelolah emosi, memotivasi diri sendiri, mengenali emosi orang lain, dan membina hubungan. Dua, jenis-jenis kecerdasan emosional siswa yang dikembangkan manajemen BK yaitu seperti rasa empati kepada temannya (kesetiakawanan), ketekunan dalam belajarnya, sikap hormat kepada guru dan orang lain, serta cara mengendalikan amarahnya baik kepada dirinya sendiri maupun kepada orang lain. Tiga, hambatan-hambatan yang di alami guru dalam mengembangkan kecerdasan emosional siswa yaitu terdiri dari dua jenis hambatan, seperti hambatan internal (hambatan yang datang dari dalam diri siswa itu sendiri) dan hambatan eksternal (hambatan yang datang dari luar)
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? m71B ?? ?? m71H ?? ?? m_133 ?? |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Mrs Elhamah Nandika Bintan |
Date Deposited: | 05 May 2021 02:59 |
Last Modified: | 05 May 2021 02:59 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/1392 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |