Qomariyah, Nurul (2021) Efektivitas Teknik Positive Reinforcement Dalam Meningkatkan Self Esteem Siswa Smk Miftahul Ulum Kebun Baru Kacok Palengaan Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
a) Nurul Qomariyah_20170701092084_Cover_BKPI.pdf Download (52kB) |
|
Text
c) Nurul Qomariyah_20170701092084_Lembar Persetujuan Pembimbing_BKPI.pdf Download (258kB) |
|
Text
d) Nurul Qomariyah_20170701092084_Lembar Pengesahan_BKPI.pdf Download (185kB) |
|
Text
e) Nurul Qomariyah_201701092084_Abstrak.pdf Download (33kB) |
|
Text
f) Nurul Qomariyah_20170701092084_Daftar Isi_BKPI.pdf Download (172kB) |
|
Text
g) Nurul Qomariyah_20170701092084_ BAB I_BKPI.pdf Download (595kB) |
|
Text
h) Nurul Qomariyah_20170701092084_BAB II_BKPI.pdf Restricted to Repository staff only Download (351kB) |
|
Text
i) Nurul Qomariyah_ BAB III_BKPI.pdf Restricted to Repository staff only Download (460kB) |
|
Text
j) Nurul Qomariyah_20170701092084_BAB IV_BKPI.pdf Download (769kB) |
|
Text
k) Nurul Qomariyah_20170701092084_BAB V_BKPI.pdf Restricted to Repository staff only Download (268kB) |
|
Text
l) Nurul Qomariyah_20170701092084_Daftar Rujukan_BKPI.pdf Download (264kB) |
|
Text
b) Nurul Qomariyah_20170701092084_Surat Pernyataan Keaslian_BKPI.pdf Download (173kB) |
Abstract
Kata Kunci : Teknik Positive Reinforcement, Self-Esteem (Hagra Diri ) siswa. Penelitian ini di latar belakangi oleh Permasalahan siswa yang dimana siswa kurang menghargai dirinya sendiri, serta kuransg mengahrgai kemapuan dan potensi yang mereka miliki. Teknik positive reinforcement ini sangat cocok digunakan untuk meningkatkan Self-Esteem siswa karena teknik ini bertujuan agar siswa lebih menghargai dirinya sendiri dan dapat mengulang perilaku tersebut. Selain itu, teknik ini juga bisa mengubah pola pikir siswa yang tadinya negatif menjadi pikiran yang positif dengan cara diberikan sebuat penguatan positif atau riward. Adapun rumusan masalah penelitian ini, adalah: 1) Apakah Teknik positive reinforcement dapat meningkatkan self esteem siswa di SMK Miftahul Ulum Kebun Baru Kacok Palengaan Pamekasan? 2) Apakah ada perbedaan yang signifikan pada skore self esteem siwa di SMK Miftahul Ulum Kebun Baru Kacok Palengaan Pamekasan antara sebelum dan sesudah diberikan teknik positive reinforcement ? Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, dan jenis penelitian preeksperimental dengan menggunakan pre-test dan post-tes yaitu pengukuran diawal dan di akhir. Metode pengumpulan yang digunakan adalah berupa angket dan wawancara yang diberikan kepada sampel dengan teknik purposive sampling yaitu sampel bertujuan. Sampel dari penelitian ini adalah siswa kelas XII RPL A sesuai dengan hasil observasi yang berjumlah 8 orang. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis statistik non parametrik dengan uji wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Teknik Positive Reinforcement dapat meningkatkan Self-Esteem siswa. 2) Terdapat berbedaan skor tingkat SelfEsteem sebelum dan sesudah diberikan teknik Positive Reinforcement. Berdasarkan hasil uji wilcoxon diketahui nilai Asymp.Sig (2-tailed) yaitu sebasar= 0,012 lebih kecil atau (<) dari 0,05 , dan nilai Zhitung sebesar= -2,527 lebih besar (>) dari Ztabel yaitu -1,645, maka Ha diterima. Sehingga penelitian ini Ha diterima dan Ho ditolak. Dan terdapat perbedaan skor yaitu dari jumlah keseluruhan nilai Post-Test yaitu 507 meningkat menjadi 556 untuk nilai Post-Test setelah diberikan tratment. Hal ini dapat disimpulkan bahwa teknik Positive Reinforcement efektif dalam meningkatkan Self-Esteem siswa SMK Miftahul Ulum Kebun Baru Kacok Palengaan Pamekasan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? m_020 ?? ?? m_075 ?? ?? m_133 ?? |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam |
Depositing User: | Mr Imam Ghozali |
Date Deposited: | 10 Jul 2023 02:58 |
Last Modified: | 10 Jul 2023 02:58 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/1612 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |