Layanan Informasi sebagai Tindakan Preventif terhadap Bahaya Bullying bagi Siswa di SMP Ma’arif 4 Pamekasan

Hadiah, Agustin (2021) Layanan Informasi sebagai Tindakan Preventif terhadap Bahaya Bullying bagi Siswa di SMP Ma’arif 4 Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
Agustin Hadiah_ 20170701092004_ Cover_ BKPI.pdf.pdf

Download (184kB)
[img] Text
Agustin Hadiah_ 20170701092004_ Lembar_ Persetujuan_ Pembimbing_ BKPI.pdf.pdf

Download (249kB)
[img] Text
Agustin Hadiah_ 20170701092004_ Lembar_ Pengesahan_ BKPI.pdf.pdf

Download (394kB)
[img] Text
Agustin Hadiah_ 20170701092004_ Abstrak_ BKPI.pdf

Download (203kB)
[img] Text
Agustin Hadiah_ 20170701092004_ Daftar_Isi_ BKPI.pdf.pdf

Download (90kB)
[img] Text
Agustin Hadiah_ 20170701092004_ BAB I_ BKPI.pdf

Download (314kB)
[img] Text
Agustin Hadiah_ 20170701092004_ BAB II_ BKPI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (311kB)
[img] Text
Agustin Hadiah_ 20170701092004_ BAB III_ BKPI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (251kB)
[img] Text
Agustin Hadiah_ 20170701092004_ BAB IV_ BKPI.pdf

Download (665kB)
[img] Text
Agustin Hadiah_ 20170701092004_ BAB V_ BKPI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (157kB)
[img] Text
Agustin Hadiah_ 20170701092004_ Daftar_ Pustaka_ BKPI.pdf.pdf

Download (215kB)
[img] Text
Agustin Hadiah_ 20170701092004_ Surat_Pernyataan_ Keaslian_ Tulisan_ BKPI.pdf.pdf

Download (49kB)

Abstract

Kata Kunci: Layanan Informasi, Bullying Penelitian ini dilatar belakangi oleh banyaknya tindakan bullying dikalangan remaja atau siswa, hal ini disebabkan kurangnya informasi dan pemahaman siswa terhadap bullying sehingga hal tersebut akan berdampak pada perkembangan siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan layanan informasi sebagai tindakan preventif terhadap bahaya bullying bagi siswa di SMP Ma’arif 4 Pamekasan. Berdasarkan hal tersebut, ada tiga fokus penelitian yang menjadi acuan kajian penelitian ini, yaitu: Pertama, Bagaimana gambaran perilaku bullying di SMP Ma’arif 4 Pamekasan? Kedua, Bagaimana pelaksanaan layanan informasi sebagai tindakan preventif terhadap bahaya bullying bagi siswa di SMP Ma’arif 4 Pamekasan? Ketiga, Apa faktor pendukung dan penghambat layanan informasi sebagai tindakan preventif terhadap bahaya bullying bagi siswa di SMP Ma’arif 4 Pamekasan? Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Prosedur pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti diantaranya wawancara, observasi, dokumentasi, dan kuesioner (angket). Sedangkan dalam analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Kemudian dalam proses pengecekan keabsahan data hasil penelitian melalui perpanjang keikutsertaan, ketekunan dalam proses pengamatan, dan yang terakhir melalui triangulasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, Gambaran perilaku bullying siswa kelas VIII yaitu berawal dari ejekan-ejekan yang berkelanjutan sehingga menimbulkan perilaku kekerasan atau bullying fisik. Hasil angket menunjukkan perilaku bullying fisik 103 frekuensi dengan persentase 54% lebih dominan dari pada perilaku bullying lainnya. Bullying verbal menjadi perilaku bullying kedua terbanyak yang terjadi dengan frekuensi 63 persentase 33% , kemudian bullying relasional freuensi 13 dengan persentase 7%, diurutan terakhir cyber bullying dengan 11 frekuensi persentase 6%. Kedua, Pelaksanaan layanan informasi dilakukan didalam kelas dengan memperhatikan RPL yang sudah dibuat oleh guru BK. Pelaksanaan layanan informasi menggunakan tiga metode penyampaian materi yaitu metode ceramah, metode diskusi, dan metode penggunaan data. Kemudian media yang digunakan dalam pelaksanaan layanan informasi yaitu media power point dan video. Sedangkan alat yang digunakan yaitu laptop dan proyektor. Ketiga, Faktor pendukung dan penghambat layanan informasi sebagai tindakan preventif terhadap bahaya bullying bagi siswa di SMP Ma’arif 4 Pamekasan yaitu Faktor pendukung dari fasilitas sekolah yang memadai, penyampaian guru BK dengan pemanfaatan alat-alat dan media, adanya jam masuk kelas untuk guru BK, sedangkan faktor penghambat yaitu kurangnya kerjasama siswa, kurangnya semangat belajar siswa dan siswa kurang antusias dalam pelaksanaan layanan informasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? m_088 ??
?? m_133 ??
?? m_196 ??
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam
Depositing User: Mr Imam Ghozali
Date Deposited: 10 Jul 2023 02:54
Last Modified: 10 Jul 2023 02:54
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/1615

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item