Analisis Penerapan Metode Pembelajaran Simulasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas IX Di SMPN 1 Galis Pamekasan

Syaifullah, Achmad (2021) Analisis Penerapan Metode Pembelajaran Simulasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas IX Di SMPN 1 Galis Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
a). ACHMAD SYAIFULLAH_20170701081004_COVER_TIPS.pdf

Download (118kB)
[img] Text
c). ACHMAD SYAIFULLAH_20170701081004_LEMBAR PERSETUJUAN PEMBIMBING_TIPS.pdf

Download (76kB)
[img] Text
d). ACHMAD SYAIFULLAH_20170701081004_LEMBAR PENGESAHAN_TIPS.pdf

Download (129kB)
[img] Text
e). ACHMAD SYAIFULLAH_20170701081004_ABSTRAK_TIPS.pdf

Download (33kB)
[img] Text
f). ACHMAD SYAIFULLAH_20170701081004_DAFTAR ISI_TIPS.pdf

Download (36kB)
[img] Text
g). ACHMAD SYAIFULLAH_20170701081004_BAB I_TIPS.pdf

Download (184kB)
[img] Text
h). ACHMAD SYAIFULLAH_20170701081004_BAB II_TIPS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (178kB)
[img] Text
i). ACHMAD SYAIFULLAH_20170701081004_BAB III_TIPS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (142kB)
[img] Text
j). ACHMAD SYAIFULLAH_20170701081004_BAB IV_TIPS.pdf

Download (165kB)
[img] Text
k). ACHMAD SYAIFULLAH_20170701081004_BAB V_TIPS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (40kB)
[img] Text
l). ACHMAD SYAIFULLAH_20170701081004_DAFTAR PUSTAKA_TIPS.pdf

Download (105kB)
[img] Text
b). ACHMAD SYAIFULLAH_20170701081004_SURAT PERNYATAAN KEASLIAN KARYA_TIPS.pdf

Download (36kB)

Abstract

Kata Kunci: Metode Pembelajaran Simulasi, Hasil Belajar, Ilmu Pengetahuan Sosial. Dengan pemilihan metode pembelajaran yang tepat guru mampu mengkontrol dan menstimulus siswa agar sesuai dengan kompetensi yang akan dicapai. Tidak semua metode pembelajaran akan sesuai apabila diterapkan dalam proses pembelajaran. Jika metode pembelajaran yang diterapkan tidak sesuai, maka akan menghambat hasil belajar peserta didik. Ada tiga fokus penelitian yang menjadi kajian utama penelitian ini, yaitu: Pertama, Bagaimana langkah-langkah penerapan metode pembelajaran simulasi pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial kelas IX di SMPN 1 Galis Pamekasan Tahun Pelajaran 2020-2021. Kedua, Apa saja faktor penghambat dan pendukung dalam menerapkan metode simulasi. Ketiga, Apa manfaatdari penerapan metode pembelajaran tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan jenis penelitiannya adalah deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dengan melakukan Reduksi Data, Menyajikan Data dan Verification Data. Data yang diperoleh di cek keabsahan datanya dengan perpanjangan keikutsertaan dan trianggulasi. Hasil penelitian menunjukkan pertama, Langkah-langkah penerapan metode pembelajaran simulasi pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial kelas IX di SMPN 1 Galis Pamekasan ialah: Tahap persiapan, a). Penetapan topik pembelajaran dan memberikan gambaran masalah terhadap materi tersebut. b). Penentuan kelompok dan alat yang digunakan. c). Penetapan pemain serta waktu yang telah disediakan. Tahap pelaksanaan, a).Simulasi mulai dimainkan oleh kelompok pemeran yang ditentukan oleh guru. b). Siswa yang lainnya mengikuti dengan penuh perhatian. c). Kontrol guru, agar siswa terdorong untuk berfikir dalam menyelesaikan permasalahan. Tahap penutup, a).Diskusi kelas. b). Kritik dan tanggapan siswa terhadap materi yang di simulasikan. c). kesimulan. Kedua, Faktor penghambat dan pendukung dari penerapan metode pembelajaran simulasi terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial di SMP Negeri 1 Galis Pamekasan yaitu faktor penghambatnya kurangnya motivasi sehingga siswa sulit untuk dia atur ketika disuruh membentuk kelompok. Faktor pendukungnya yaitu lengkapnya sarana dan prasarana. Ketiga, Manfaat penerapan metode pembelajaran simulasi pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial di kelas IX ialah Suasana proses pembelajaran IPS lebih menyenangkan dan dapat meningkatkan kemampuan kognitif siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Mr Imam Ghozali
Date Deposited: 06 Oct 2021 07:44
Last Modified: 19 Jul 2024 02:39
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/1669

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item