Pendidikan Agama Islam Pada Anak Tunawicara Kelas VII Madrasah Tsanawiyah Afifiyah, Pragaan Laok, Pragaan Sumnep, Dusun Maronggi Laok

Rahmaniyah, Nur (2021) Pendidikan Agama Islam Pada Anak Tunawicara Kelas VII Madrasah Tsanawiyah Afifiyah, Pragaan Laok, Pragaan Sumnep, Dusun Maronggi Laok. Diploma thesis, Institut Agama Islam Negeri Madura.

[img] Text
Nur Rahmaniyah-20170701012108-Cover-PAI.pdf

Download (115kB)
[img] Text
Nur Rahmaniyah-20170701012108-Lembar persetujuan-PAI.pdf

Download (151kB)
[img] Text
Nur Rahmaniyah-20170701012108-Lembar Pengesahan-PAI.pdf

Download (239kB)
[img] Text
Nur Rahmaniyah-20170701012108-Abstrak-PAI.pdf

Download (86kB)
[img] Text
Nur Rahmaniyah-20170701012108-DAFTAR ISI-PAI.pdf

Download (87kB)
[img] Text
Nur Rahmaniyah-20170701012108-BAB I-PAI.pdf

Download (233kB)
[img] Text
Nur Rahmaniyah-20170701012108-BAB II-PAI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (282kB)
[img] Text
Nur Rahmaniyah-20170701012108-BAB III-PAI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (201kB)
[img] Text
Nur Rahmaniyah-20170701012108-BAB IV-PAI.pdf

Download (325kB)
[img] Text
Nur Rahmaniyah-20170701012108-BAB V-PAI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (161kB)
[img] Text
Nur Rahmaniyah-20170701012108-Daftar Pustaka-PAI.pdf

Download (146kB)
[img] Text
Nur Rahmaniyah-20170701012108-Surat Pernyataan Keaslihan Tulisan-PAI.pdf

Download (92kB)

Abstract

Kata kunci: Pendidikan Agama Islam, Tunawicara. Pendidikan Agama Islam adalah usaha sadar dan terencana dari seseorang Pendidik dalam menyiapkan peserta didik untuk mengenal, memahami, menghayati, hingga mengimani, bertakwa dan berakhlak mulia sehingga dapat mengamalkan Ajaran Islam di dalam perilaku kehidupan sehari-hari, juga dalam mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi dengan berdasar utamanya kitab Al-Quran dan Al-Hadits melalui bimbingan, pembelajaran dan pelatihan serta pengalaman-pengalamannya. Dalam suatu sistem pendidikan, pendidikan harus memiliki nilai-nilai relegius dalam berbagai aspek, baik aspek kognitif, afektif dan aspek psikomotorik. Hal ini akan menunjang keselarasan antara sistem pendidikan dan juga tujuan pendidikan dalam membentuk peserta didik yang tidak hanya mengedepankan kecerdasan akan tetapi juga dengan akhlakul karimah dan masalah aqidahnya. Adapun penelitian ini memiliki dua fokus penelitian yang menjadi pembahasan pokok dalam skripsi yang berjudul Pendidikan Agama Islam Pada Anak Tunawicara Kelas VII Madrasah Tsanawiyah Afifiyah, Pragaan Laok, Pragaan Sumnep, Dusun Maronggi Laok, adapun fokus penelitian tersebut sebagai berikut: Pertama, bagaimana pelaksanaan Pendidikan Agama Islam pada Anak Tunawicara siswa kelas VII MTs (Madrasah Tsanawiyah) Afifiyah. Kedua, apa saja faktor pendukung dan faktor penghambat dalam pelaksanaan Pendidikan Agama Islam pada Anak Tunawicara siswa kelas VII MTs (Madrasah Tsanawiyah). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif karena peneliti ingin mengumpulkan informasi, memaparkan dan menggambarkan suatu keadaan yang ada mengenai Pendidikan Agama Islam Pada Anak Tunawicara. Sumber data yang diperoleh melalui wawancara semi terstruktur yang didalamnya melibatkan kedua belah pihak, yaitu interviewer dan interviewce, observasi tidak terstruktur atau sebagai pengamat murni saja dan juga dokumentasi. Yang menjadi informan adalah kepala sekolah, guru, peserta didik, wali murid. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui triagulasi sumber dan metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pelaksanaan Pendidikan Agama Islam pada anak Tunawicara di Madrasah Tsanawiyah Afifiyah kelas VII MTs (Madrasah Tsanawiyah) Afifiyah yang telah di laksanakan sebagai berikut: 1. Peserta didik di suruh menulis surat alfatihah dan cari hukum bacaaan tajwid dan di kirimkan di group wats app melalui pesan suara dan link. 2.sistem pembelajaran daring. 3.Pengaruh singnyal. 4. Pengaruh tidak semua peserta didik memiliki handpone genggam milik sendiri. Faktor pendukung dalam pelaksanaan Pendidikan Agama Islam pada Anak Tunawicara siswa kelas VII Madrasah Tsanawiyah adalah motivasi dalam diri anak tunawicara dan lingkungannya, serta bimbingan secara langsung oleh para guru. Sedangkan faktor penghambatnya adalah kurangnya kedisiplinan siswa, sarpras, guru khusus, dan lainnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr. Qori` wahyudi
Date Deposited: 15 Jul 2021 02:10
Last Modified: 25 Jan 2023 06:39
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/1743

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item