Implementasi Metode Drill pada Pelajaran PAI untuk Meningkatkan Perilaku Islami Siswa di SMPN 4 Pamekasan

Muslihin, Muslihin (2021) Implementasi Metode Drill pada Pelajaran PAI untuk Meningkatkan Perilaku Islami Siswa di SMPN 4 Pamekasan. Diploma thesis, Institut Agama Islam Negeri Madura.

[img] Text
a). Muslihin-20160701010131-Cover-PAI.pdf

Download (119kB)
[img] Text
c). Muslihin-20160701010131-Lembar Persetujuan Dari Pembimbing-PAI.pdf

Download (164kB)
[img] Text
d). Muslihin-20160701010131-Lembar Pengesahan Dari Penguji-PAI.pdf

Download (81kB)
[img] Text
e). Muslihin-20160701010131-Abstrak-PAI.pdf

Download (253kB)
[img] Text
f). Muslihin-20160701010131-Daftar Isi-PAI.pdf

Download (10kB)
[img] Text
g). Muslihin-20160701010131-BAB I-PAI.pdf

Download (506kB)
[img] Text
h).Muslihin-20160701010131-BAB II-PAI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (528kB)
[img] Text
i). Muslihin-20160701010131-BAB III-PAI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (409kB)
[img] Text
j). Muslihin-20160701010131-BAB IV-PAI.pdf

Download (433kB)
[img] Text
k). Muslihin-20160701010131-BAB V-PAI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (187kB)
[img] Text
l). Muslihin-20160701010131-Daftar Pustaka-PAI.pdf

Download (463kB)
[img] Text
b). Muslihin-20160701010131-Surat Pernyataan Keaslian Tulisan-PAI.pdf

Download (80kB)

Abstract

Kata Kunci: Metode Drill, Pendidikan Agama Islam, Perilaku Islami Penelitian ini di latar belakangi oleh fenomena yang terjadi di Sekolah Menengah Pertama Negeri 4 Pamekasan terdapat seorang guru menerapkan metode drill dalam proses pembelajaran pendidikan agama islam untuk meningkatkan perilaku islami siswa agar nantinya siswa mampu mengamalkan ajaran-ajaran pendidikan agama islam yang telah didapat ketika kegiatan proses pembelajaran berlangsung. Ada dua fokus penelitian yang menjadi kajian utama penelitian ini, yaitu: Pertama, Bagaimana langkah-langkah guru PAI dalam mengimplementasikan metode drill pada pelajaran PAI untuk meningkatkan perilaku islami siswa di SMPN 4 Pamekasan Kedua, Apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi metode drill pada pelajaran PAI untuk meningkatkan perilaku islami siswa di SMPN 4 Pamekasan Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan jenis penelitiannya adalah deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dengan melakukan Reduksi Data, Pemaparan Data dan Penarikan Kesimpulan. Data yang diperoleh di cek keabsahan datanya dengan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan trianggulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, Langkah-langkah dari implementasi metode drill pada pelajaran pendidikan agama islam dalam meningkatkan perilaku islami siswa di SMP Negeri 4 Pamekasan yaitu: a). Memilih materi pelajaran yang ringan seperti mempraktekkan gerakan sholat, menghafal surat-surat pendek, membaca basmallah sebelum memulai sesuatu dll. b). Memilih materi latihan yang memang mempunyai arti luas yang dapat menanamkan pengertian akan makna dan tujuan dari amteri tersebut agar nantinya mampu menyadarkan siswa akan kegunaan bagi kehidupannya sehari-harinya. c). Pentingnya melakukan latihan materi secara tepat dan cepat sesuai dengan waktu yang telah ditentukan oleh sekolah. d). Mempertimbangkan waktu yang telah digunakan dalam menggunakan metode ini sehingga tidak menyebabkan siswa merasa bosan ketika proses pembelajaran berlangsung. e). Memperhatikan perbedaan individual antara siswa dengan siswa lainnya sehingga kemampuan dan kebutuhan siswa masing-masing tersalurkan atau dikembangkan maka dalam pelaksanaan latihan perlu diawasi dan memperhatikannya. Kedua, Faktor penghambat dan pendukung dari implementasi metode drill pada pelajaran pendidikan agama islam dalam meningkatkan perilaku islami siswa di SMP Negeri 4 Pamekasan yaitu faktor penghambatnya kurangnya motivasi sehingga menyebabkan siswa bermalas-malasan dalam mengikuti proses pembelajaran pendidikan agama islam sehingga menyebabkan siswa sulit untuk diatur oleh guru pendidikan agama islam seperti ada siswa yang bergurau denga teman sebangkunya. Sedangkan faktor pendukungnya yaitu lengkapnya sarana dan prasarana seperti meja, kursi, alat tulis, proyektor dan refrensi-refrensi yang ada di perpustakaan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr. Qori` wahyudi
Date Deposited: 23 Jul 2021 01:55
Last Modified: 25 Jan 2023 07:53
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/1767

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item