Ainurrofiq, Ainurrofiq (2021) Pendidikan Karakter Religius (Studi Komparasi Pemikiran Syaikh Muḥammad Bin ṣāliḥ Al-‘Uṡaimĭn dalam Kitab Syarḥ ḥiliyati Ṭālibi Al-‘Ilmi dengan Syaikh ‘Abd Al-Qādir Bin ‘Abd Al-‘Azĭz dalam Kitab Al-Jāmi’ Fĭ Ṭalabi Al-‘Ilmi AsSyarĭf). Masters thesis, IAIN Madura.
Text
a. COVER.pdf Download (490kB) |
|
Text
b. Pernyataan keaslian.pdf Download (164kB) |
|
Text
c. Persetujuan pembimbing.pdf Download (153kB) |
|
Text
d. Pengesahan penguji.pdf Download (279kB) |
|
Text
e. ABSTRAK.pdf Download (751kB) |
|
Text
f. DAFTAR ISI.pdf Download (448kB) |
|
Text
g. BAB 1.pdf Download (490kB) |
|
Text
h. BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (621kB) |
|
Text
i. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (667kB) |
|
Text
j. BAB IV.pdf Download (1MB) |
|
Text
k. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (442kB) |
|
Text
l. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (315kB) |
Abstract
ABSTRAK Ainurrofiq,2021. ”Pendidikan Karakter Religius (Studi Komparasi Pemikiran Syaikh Muḥammad Bin ṣāliḥ Al-‘Uṡaimĭn dalam Kitab Syarḥ ḥiliyati Ṭālibi Al-‘Ilmi dengan Syaikh ‘Abd Al-Qādir Bin ‘Abd Al-‘Azĭz dalam Kitab Al-Jāmi’ Fĭ Ṭalabi Al-‘Ilmi AsSyarĭf),Tesis, Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) Program Magister (S2) Pascasarjana IAIN Madura, Pembimbing: Dr. H. Zainuddin Syarif, M.Ag. dan Dr. H. Mohammad Muchlis Solihin, M.Ag Kata Kunci : Pendidikan Karakter Religius,Syaikh Muḥammad Bin ṣāliḥ Al-‘Uṡaimĭn, Syaikh ‘Abd Qādir Bin ‘Abd Al-‘Azĭz. Karakter religius memiliki fungsi membangun kesadaran anak tentang adanya tuhan dan hubungannya dengan pencipta, serta menghantarkan peserta didik dengan potensi yang dimilikinya menjadi insan-insan yang beriman dan bertakwa, berakhlaq mulia, tertib dan disiplin sesuai dengan peraturan yang ada, sopan santun, terhadap guru dan orang tua, jujur, rajin belajar, menghargai sesama dan peduli terhadap lingkungannya. Fokus dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah Pemikiran Syaikh Muḥammad Bin ṣāliḥ Al-‘Uṡaimĭn Tentang Nilai Pendidikan Karakter Religius, Bagaimanakah Pemikiran Syaikh ‘Abd Qādir Bin ‘Abd Al-‘Azĭz Tentang Nilai Pendidikan Karakter Religius, Bagaimana Persamaan dan Perbedaan Nilai Pendidikan Karakter Religius menurut keduanya dan Bagaimana Relevansi Nilai Pendidikan Karakter Religius pemikiran Syaikh Muḥammad Bin ṣāliḥ Al‘Uṡaimĭn dan Syaikh ‘Abd Qādir Bin ‘Abd Al-‘Azĭz dengan pendidikan saat ini. Dari focus tersebut peneliti menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis studi pustaka dan analisi data menggunakan analis isi. Penelitian ini menyimpulkan Nilai pendidikan karakter religius Menurut Syaikh Al-‘UṠaimĭn, Yaitu; pertama, Dimensi ideologi atau keyakinan. ialah. Mengikuti ulama salaf dan meninggalkan berdebat. Kedua, dimensi praktek agama. ialah, mengamalkan ilmu. Ketiga, dimensi pengalaman atau feeling. ialah ikhlas, takut kepada Allah Swt dan selalu mendekatkan diri kepada Allah Swt. Keempat, dimensi konsekuensi atau effect. ialah iffah, hilmu, sabar, tawadlu, qanaah, zuhud dan muruah.Kelima, dimensi intelektual. rihlah ilmiah, membuat catatan, munadzarah dan mudzakarah.. Nilai pendidikan karakter religius Menurut Syaikh ‘Abd Al-Qādir Bin ‘Abd Al-‘Azĭz Dalam Kitab Al-Jāmi’ FĭṬalabi Al-‘Ilmi As-Syarĭf) bisa difahami dari lima dimensi religiusitas yang ditawarkan oleh glock dan stark. Yaitu; pertama, Dimensi ideologi atau keyakinan. Yang termasuk dimensi ini, ialah. Hukum mempelajari ilmu tauhid . Kedua, dimensi praktek agama. Yang termasuk dimensi ini ialah, mengamalkan ilmu. Ketiga, dimensi pengalaman atau feeling. Yang termasuk dimensi ini ialah ikhlas. Keempat, dimensi konsekuensi atau effect. Yang termasuk dimensi ini ialah sabar, mensucikan diri dari maksiat dhahir dan batin serta menghiasi diri dengan akhlaq yang baik.Kelima, dimensi intelektual.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | ?? m_014 ?? |
Depositing User: | Mr rony hari |
Date Deposited: | 27 Oct 2021 03:55 |
Last Modified: | 27 Oct 2021 03:58 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/1792 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |