Manajemen Pembelajaraban Berbasis Kitab Kuning dalam Membentuk Karakter Sisw di Madrasah Aliyah Tahfidz Annuqoyah GulukGuluk Sumenep

Abd, Syakur (2021) Manajemen Pembelajaraban Berbasis Kitab Kuning dalam Membentuk Karakter Sisw di Madrasah Aliyah Tahfidz Annuqoyah GulukGuluk Sumenep. Masters thesis, IAIN Madura.

[img] Text
a) Abd. Syakur_19380011001_Cover_PAI.pdf - Muvid Romadhani.pdf

Download (39kB)
[img] Text
b) Abd. Syakur_19380011001_Surat_Pernyataan Keaslian_Tulisan_PAI.pdf - Muvid Romadhani.pdf

Download (88kB)
[img] Text
c) Abd. Syakur_19380011001_Persetujuan_Pembimbing_PAI.pdf - Muvid Romadhani.pdf

Download (271kB)
[img] Text
Pegesahan Penguji - Muvid Romadhani.pdf

Download (124kB)
[img] Text
e) Abd. Syakur_19380011001_Abstrak_PAI.pdf - Muvid Romadhani.pdf

Download (318kB)
[img] Text
f) Abd. Syakur_193380011001_Daftar_Isi_PAI.pdf - Muvid Romadhani.pdf

Download (117kB)
[img] Text
BAB I - Muvid Romadhani.pdf

Download (260kB)
[img] Text
BAB II (1) - Muvid Romadhani.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (401kB)
[img] Text
BAB III - Muvid Romadhani.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (250kB)
[img] Text
BAB V - Muvid Romadhani.pdf

Download (333kB)
[img] Text
BAB VI - Muvid Romadhani.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (97kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA - Muvid Romadhani.pdf

Download (211kB)

Abstract

ABSTRAK Abd. Syakur, 2021, Manajemen Pembelajaraban Berbasis Kitab Kuning dalam Membentuk Karakter Sisw di Madrasah Aliyah Tahfidz Annuqoyah GulukGuluk Sumenep, Tesis, Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) Program Magister (S2) Pascasarjana IAIN Madura, Pembimbing: Dr. H. Zainuddin Syarif, M.Ag dan Dr. Buna’i, S.Ag., M.Pd. Kata Kunci: Manajemen Pembelajaran, Kitab Kuning, Karakter Siswa. Manajemen pembelajaran merupakan proses interaksi yang dilakukan oleh pendidik dan peserta didik yang dimulai dari perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Manajemen pembelajaran adalah bukti dari pertanggungjawaban lembaga pendidikan untuk menghasilkan outcomes yang dapat bermanfaat bagi masyarakat luas. Sehingga proses pembelajaran yang dilakukan oleh para siswa dapat membeimbingnya menjadi insan paripurna yang memilki kecerdasan spiritual dan intelektual. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan manajemen pembelajaran kitab kuning di Madrasah Aliyah Tahfidz Annuoyah Guluk – Guluk Sumenep dengan fokus pada: (1) manajemen pembelajaran pada aspek perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi di Madrasah Aliyah Tahfidz Annuqoyah. (2) Karakter yang digambarkan dalam pembelajaran kitab kuning di MA Tahfidz Annuqoyah. (3) faktor pendukung dan penghambat pembelajaran kitab kuning di MA Tahfidz Annuqoyah Guluk – Guluk Sumenep. Penelitian ini menggunnakan pendekatan kualitatif dengan jenis pendekatan fenomenologi untuk menggambarkan atau mendeskripsikan fenomena yang sedang dan akan diteliti. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analiasi data meliputi reduksi data, pengumpula data, display data dan pengambilan kesimpulan. Pengecean keabsahan data dengan menggunaka teknik kepercayaan, keteralihan, ketergantugan dan kepastian. Sedangkan pengujian terhadap krediblitas dalam penelitian ini dilakukan dengan triangulasi sumber, metode dan teori. Temuan penelitian berkenaan dengan manajemen pembelajaran kitab kuning di Madrasah Aliyah Tahfidz Annuqoyah menunjukkan bahwa manajemen pembelajaran kitab kuning bisa dikatakan baik. Hal ini dapat dilihat dari data lapagan mengenai adanya perencanaan pembelajaran kitab kuning yang dilakukan oleh para pimpinan Madrasah, Para dewan Guru serta TU pada awala tahun sebelum aktif sekolah yang didalmya membahas beberapa hal yang berkaitan dengan pembelajaran. Ada beberapa hal yang dibahas dalam perencanaan pembelajaran sepertihalnya struktur kurikulum, program madrasah, prota, promes dan RPP. Pelaksanaan pembelajaran kitab kuning dilaksanakan sesuai dengan jadwal yang sudah ditetapkan sekolah. Dalam pelaksanaan pembelajaran terdapat langkah-langkah yang dilakuka guru, diantaranya: membuka pelajaran, menyampaikan materi dan menutup pelajaran. Terdpat suatu program yaitu takhassus yang diadakan pada setiap kelas dengan jadwal yang berbeda sebagai perhatian sekolah untuk meninjau ulang pembelajaran kitab kuning yang telah diajarkan. Evaluasi pembelajaran di MA Tahfidz Annuqoyah dilakukan di akhir semester (UAS), tengah semester (UTS) dan ulgan harian dengan beragama bentuk tes. Namun mayoritas dalam pembelajaran kitab kuning ini menggunakan tes tulis berbentuk essai dan ada juga yang langsung praktik baca kitab. Karakter yang diharapkan dalam pembelajaran kitab kuning ini agar siswa mampu berbudi pekerti luhur sesuai dengan apa yang terkandung dalam ajaran agama. Dengan bekal ilmu agama yang dicekoki di sekolah diharpakan mampu bersikap hormat baik dilingkungan sekolah, pondok lebih-lebih nanti setelah terjun di masyarakat. Selain karakter tersebut, terdapat beberapa karakter yang nampak dalam pembelajaran kitab kuning diantaranya: religius, mandiri, disiplin dan tanggung jawab. Faktor yang mendukung dalam pembelajaran kitab kuning yaitu adanya sumber daya yang kompeten. Para guru yang mengajar memiliki keahlian dibidangnya dalam mengajarkan kitab kuning. Sedangkan yang mejadi penghambat dalam pembelajaran kitab kuning yaitu adanya siswa yang memiliki tingkat kecerdasan yang beragam. Sehingga akan menghasilkan beragam pula pemahaman-pemahaman para peserta didik.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? m_014 ??
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr rony hari
Date Deposited: 27 Oct 2021 04:48
Last Modified: 27 Oct 2021 04:48
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/1795

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item