Ahmad, Sa'ie (2021) Pendidikan Moderasi Agama Sejak Usia Dini (Studi Pemikiran Imam Al-Ghazali Pada Kitab Ayyuha Al-Walad). Masters thesis, IAIN Madura.
Text
Sampul - Ahmad Sa'ie.pdf Download (169kB) |
|
Text
PERNYATAAN KEASLIAN - Ahmad Sa'ie.pdf Download (213kB) |
|
Text
PERSETUJUAN PEMBIMBING - Ahmad Sa'ie.pdf Download (95kB) |
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN - Ahmad Sa'ie.pdf Download (481kB) |
|
Text
Abstrak - Ahmad Sa'ie.pdf Download (153kB) |
|
Text
DAFTAR ISI - Ahmad Sa'ie.pdf Download (89kB) |
|
Text
BAB I - Ahmad Sa'ie.pdf Download (275kB) |
|
Text
BAB II - Ahmad Sa'ie.pdf Restricted to Repository staff only Download (337kB) |
|
Text
BAB III - Ahmad Sa'ie.pdf Restricted to Repository staff only Download (528kB) |
|
Text
BAB IV - Ahmad Sa'ie.pdf Download (439kB) |
|
Text
BAB V - Ahmad Sa'ie.pdf Restricted to Repository staff only Download (153kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA - Ahmad Sa'ie.pdf Download (237kB) |
Abstract
Abstrak Ahmad Sa’ie, 2021,Pendidikan Moderasi Agama Sejak Usia Dini (Studi Pemikiran Imam Al-Ghazali Pada Kitab Ayyuha Al-Walad), Tesis, Program Magister Pendidikan Agama Islam PascasarjanaInstitut Agama Islam Negeri (IAIN) Madura, Pembimbing: Dr. Siswanto, M.Pd.I, danDr. Mohammad Thoha, M. Pd.I. Kata Kunci: Pendidikan Moderasi, Al Ghazali, Ayyuhal Walad, Usia Dini Konsep moderasi agama dalam pandangan al-Ghazali di dalam kitabnya ayyuha al-Walad diantaranya berupa cinta kasih antar sesama, harmoni, keseimbangan, keadilan, dan potensi moderasi lainnya. Selama ini, dalam jagad akademik, Imam Al-Ghazali dikenal sebagai ilmuwan yang mahir dalam berbagai bidang keilmuan. Sehingga, sejumlah akademisi dengan sudut pandang keilmuannya, menjadikan al-Ghazali sebagai objek kajian keilmuan yang multikajian (multikeilmuan). Mulai dari kajian sosiologi, filsafat, fiqih, mistisakademisi, teolog, dan pendidikan. Faktanya, dalam sejarah kehidupan Imam alGhazali, beliau memang menjalani rihlah (travelling) keilmuan yang plural. Jagad keilmuan sang Imam menjadi tesis dan antitesis membaca dan menggambarkan kehidupan al-Ghazali sebagai Ulama besar yang banyak berkontribusi kepada dunia Islam. Adapun fokus penelitian ini adalah: 1. Bagaimana konsep pendidikan moderasi agama menurut Imam al-Ghazali yang ada di dalam kitab Ayyuha alWalad? 2. Apa saja nilai-nilai pendidikan moderasi agama yang tertuang di dalam kitab Ayyuha al-Walad karya Imam al-Ghazali? 3. Bagaimana strategi menanamkan ajaran moderasi agama sejak usia dini menurut Imam al-Ghazali yang ada di dalam kitab Ayyuha al-Walad? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian kepustakaan. Sumber data primernya adalah kitab Ayyuhal Walad karya Imam al-Ghazali dan sumber sekundernya berupa berupa kitab, buku, atau dokumen-dokumen lainnya yang menunjang dan berkaitan dengan kitab Ayyuhal Walad, pendidikan moderasi, kerukunan beragama, dan silaturrahim. Hasil penelitian menegaskan abhwa: 1) Pendidikan moderasi menurut pemikiran Imam al-Ghazali di dalam kitab Ayyuhal Walad bertitik tumpu kepada kesadaran untuk n, mencintai, dan memuliakan orang lain seperti memahamai, mencintai, dan memuliakan diri sendiri. 2) Nilai-nilai pendidikan moderasi menurut pemikiran Imam al-Ghazali di dalam kitab Ayyuhal Walad meliputi: sifat kasih sayang (arrahmaniyah), adil (al-‘adl), toleran (arrahmaniyah), tidak berlebihan (at tawasuth). 3) Strategi menanamkan pendidikan moderasi menurut pemikiran Imam al-Ghazali di dalam kitab Ayyuhal Walad bisa dilakukan melalui: lembaga pendidikan formal, keluarga, dan pembiasaan dalam kehidupan sehari-hari.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | ?? m_014 ?? |
Divisions: | Program Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr rony hari |
Date Deposited: | 27 Oct 2021 04:53 |
Last Modified: | 27 Oct 2021 04:53 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/1796 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |