Implementasi Model Pembelajaran Mind Mapping Dalam Mengembangkan Kreativitas Belajar Siswa Kelas III Pada Pembelajaran Tematik Sub Tema Perubahan Dan Pengaruh Cuaca Di SDN Pagagan 2 Pademawu

Oktaviani, Tri (2021) Implementasi Model Pembelajaran Mind Mapping Dalam Mengembangkan Kreativitas Belajar Siswa Kelas III Pada Pembelajaran Tematik Sub Tema Perubahan Dan Pengaruh Cuaca Di SDN Pagagan 2 Pademawu. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
Tri Oktaviani_20170701052070_Cover_PGMI.pdf.pdf

Download (259kB)
[img] Text
Tri Oktaviani_20170701052070_Lembar Persetujuan_Pembimbing_PGMI.pdf.pdf

Download (125kB)
[img] Text
Tri Oktaviani_20170701052070_Lembar Pengesahan_PGMI.pdf.pdf

Download (188kB)
[img] Text
Tri Oktaviani_20170701052070_Abstrak_PGMI.pdf.pdf

Download (186kB)
[img] Text
Tri Oktaviani_20170701052070_Daftar Isi_PGMI.pdf.pdf

Download (191kB)
[img] Text
Tri Oktaviani_20170701052070_Bab I_PGMI.pdf.pdf

Download (340kB)
[img] Text
Tri Oktaviani_20170701052070_BAB II_PGMI.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (361kB)
[img] Text
Tri Oktaviani_20170701052070_Bab III_PGMI.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (338kB)
[img] Text
Tri Oktaviani 20170701052070_BAB IV_PGMI.pdf.pdf

Download (476kB)
[img] Text
Tri Oktaviani_20170701052070_BAB V_PGMI.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (289kB)
[img] Text
Tri Oktaviani_20170701052070_Daftar pustaka_PGMI.pdf.pdf

Download (306kB)
[img] Text
Tri Oktaviani_20170701052070_Surat Pernyataan Keaslian_Karya_PGMI.pdf.pdf

Download (76kB)

Abstract

Kata Kunci: Mind Mapping, Kreativitas Belajar, Pembelajaran Tematik Penerapan metode mind mapping yang dilakukan untuk mengembangkan kreativitas siswa kelas III. Oleh karena itu metode ini dilakukan dengan senang hati yang nantinya mampu memotivasi semangat belajar siswa dalam pembelajaran perubahan dan pengaruh cuaca. Sehingga dengan penerapan metode mind mapping ini dapat mengembangkan kreativitas belajar siswa. Tujuan dalam penelitian ini, yaitu: Pertama, Bagaimana tahap persiapan model pembelajaran mind mapping dalam mengembangkan kreativitas belajar siswa kelas III, kedua, pelaksanaan proses penerapan metode mind mapping dalam mengembangkan kreativitas belajar siswa kelas III, ketiga, kelebihan dan kekurangan model pembelajaran mind mapping dalam mengembangkan kreativitas belajar siswa kelas III. Penelitian ini menggunakan kualitatif dengan jenis deskriptif. Sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informannya adalah yang menuntut peneliti dianggap mengusai bidang yang diteliti oleh peneliti, seperti guru kelas III dan peserta didik. Hasil penelitian menunjukan bahwa: pertama, Persiapan yang dilakukan oleh Guru kelas di SDN Pagagan 2 yaitu Guru mempelajari materi perubahan dan pengaruh cuaca. kedua, guru terlebih dahulu menjelaskan pengertian tentang apa itu perubahan dan pengaruh cuaca serta memperlihatkan metode berupa mind mapping yang berisi tentang cuaca. ketiga, kelebihan serta kekurangan penggunaan metode pembelajaran mind mapping dalam mengembangkan kreativitas anak dirasa sudah berjalan. Metode ini memberikan dampak yang baik bagi guru maupun siswa. Sebelum menggunakan model pembelajaran mind mapping dari 12 siswa tidak ada satupun yang kreativ, tetapi setelah diterapkannya model pembelajaran mind mapping ada 7 siswa yang mulai mengembangkan kreativitas belajarnya

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? m71E ??
?? m_071 ??
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr Imam Ghozali
Date Deposited: 20 Apr 2022 01:54
Last Modified: 20 Apr 2022 01:54
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/2138

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item