Syakuro, Moh. Abdan (2021) Dampak Penggunaan Gadget Pada Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini Di RA An-Najah I Desa Karduluk Kecamatan Pragaan Kabupaten Sumenep. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
Moh. Abdan Syakuro_20170701061038_Cover_PIAUD..pdf Download (20kB) |
|
Text
Moh. Abdan Syakuro_20170701061038_Lembar_Persetujuan_Pembimbing_PIAUD..pdf Download (45kB) |
|
Text
Moh. Abdan Syakuro_20170701061038_Lembar_Pengesahan_PIAUD..pdf Download (93kB) |
|
Text
Moh. Abdan Syakuro_20170701061038_Abstrak_PIAUD..pdf Download (150kB) |
|
Text
Moh. Abdan Syakuro_20170701061038_Kata_Pengantar_PIAUD..pdf Download (207kB) |
|
Text
Moh. Abdan Syakuro_20170701061038_Daftar_Isi_PIAUD..pdf Download (88kB) |
|
Text
Moh. Abdan Syakuro_20170701061038_BAB I_PIAUD..pdf Download (249kB) |
|
Text
Moh. Abdan Syakuro_20170701061038_BAB II_PIAUD..pdf Restricted to Repository staff only Download (253kB) |
|
Text
Moh. Abdan Syakuro_20170701061038_BAB III_PIAUD..pdf Restricted to Repository staff only Download (182kB) |
|
Text
Moh. Abdan Syakuro_20170701061038_BAB IV_PIAUD..pdf Download (276kB) |
|
Text
Moh. Abdan Syakuro_20170701061038_BAB V_PIAUD..pdf Restricted to Repository staff only Download (91kB) |
|
Text
Moh. Abdan Syakuro_20170701061038_Daftar_Pustaka_PIAUD..pdf Download (226kB) |
|
Text
Moh. Abdan Syakuro_20170701061038_Surat_Pernyataan_Keaslian_Karya_dan_Persetujuan_Publikasi_PIAUD..pdf Download (63kB) |
|
Text
Moh. Abdan Syakuro_20170701061038_Daftar_Riwayat_Hidup_PIAUD..pdf Download (113kB) |
Abstract
Kata Kunci : Dampak Penggunaan Gadget, Perkembangan Sosial Emosional, Anak Usia Dini Perkembangan sosial emosional anak usia dini di masa modern tidak bisa dilepaskan dari adanya pengaruh penggunaan gadget bagi anak karena semakin pesatnya para pengguna yang diantaranya adalah kalangan anak usia dini itu sendiri. Penggunaan gadget pada anak usia dini dapat berpotensi memicu adanya gangguan perkembangan sosial emosional dan laju perkembangan yang sangat pesat bagi anak dengan menunjukkan gejala-gejala yang didalamnya terdapat hal positif dan hal negatif bagi jalannya kesuksesan dalam perkembangan sosial emosional anak usia dini. Kecanduan terhadap gadget menjadi suatu masalah perkembangan emosional anak usia dini yang menjadi pekerjaan besar bagi beberapa elemen diantaranya yaitu pendidik, orang tua, dan pemerintah untuk mengarahkan anak dalam penggunaan gadget kearah yang positif. Berdasarkan hal tersebut terdapat beberapa masalah perkembangan sosial emosional anak usia dini di RA An-Najah I Karduluk Kabupaten Sumenep disebabkan oleh kecanduan anak dalam penggunaan gadget yang menjadi kajian pokok penelitian ini, yaitu: pertama bagaimana penggunaan gadget oleh anak didik di RA An-Najah I ?, kedua bagaimana perkembangan sosial emosional anak didik di RA An-Najah I?, ketiga bagaimana dampak positif dan negatif penggunaan gadget pada perkembangan sosial anak didik di RA An-Najah I ?. penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, dimana sumber yang diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun yang menjadi narasumber yaitu kepala sekolah, guru kelas, siswa kelas B2, dan orang tua siswa untuk pengecekan keabsahan data melalui pengamatan terus menerus, memperpanjang masa observasi dan triangulasi. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa : pertama penggunaan gadget pada anak usia dini sering digunakan untuk bermain game dan memutar video di aplikasi youtube dan anak didik mengalami kecanduan dalam menggunakan gadget yang diakibatkan oleh adanya ketertarikan anak didik terhadap fitur-fitur yang disediakan oleh gadget di dalamnya serta gadget sudah merupakan bagian dari kehidupan anak didik di RA An-Najah I untuk selalu digunakan pada setiap harinya. Kedua perkembangan sosial emosional anak didik di RA An-Najah I terbilang baik dan berkembangan karena bentuk emosi yang diketahui dari anak didik mencakup ciri-ciri perkembangan sosial emosional anak usia dini. Ketiga dampak penggunaan gadget pada perkembangan sosial emosional anak didik di RA An-Najah I memiliki pengaruh terhadap perkembangan anak yang dimana terdapat hal positif dan negatif bagi perkembangan sosial anak usia dini. Nampak jelas bahwa dampak positif penggunaan gadget pada perkembangan sosial vi emosional anak didik di RA An-Najah I lebih besar dari pada dampak negatifnya, diketahui bahwa perkembangan sosial emosional pada anak dapat berkembang sesuai harapan dan baik
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? m_020 ?? ?? m_131 ?? |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | Mr Imam Ghozali |
Date Deposited: | 20 Apr 2022 01:31 |
Last Modified: | 20 Apr 2022 01:31 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/2171 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |