Aini, Rosyidatul (2021) Pengaruh Metode Pembelajaran Eksperimen Terhadap Pengembangan Aspek Seni (visual art) dan Kreatifitas Anak Usia Dini Di TK PGRI Sampang. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
ROSYIDATUL AINI_20170701062057_SAMPUL_PIAUD.pdf Download (217kB) |
|
Text
ROSYIDATUL AINI_20170701062057_HALAMAN PERSETUJUAN_PIAUD.pdf Download (194kB) |
|
Text
ROSYIDATUL AINI_20170701062057_SURAT PENGESAHAN_PIAUD.pdf Download (415kB) |
|
Text
ROSYIDATUL AINI_20170701062057_ABSTRAK_PIAUD.pdf Download (184kB) |
|
Text
ROSYIDATUL AINI_20170701062057_KATA PENGANTAR_PIAUD.pdf Download (358kB) |
|
Text
ROSYIDATUL AINI_20170701062057_DAFTAR ISI_PIAUD.pdf Download (365kB) |
|
Text
ROSYIDATUL AINI_20170701062057_BAB 1_PIAUD.pdf Download (559kB) |
|
Text
ROSYIDATUL AINI_20170701062057_BAB II_PIAUD.pdf Restricted to Repository staff only Download (493kB) |
|
Text
ROSYIDATUL AINI_20170701062057_BAB III_PIAUD.pdf Restricted to Repository staff only Download (442kB) |
|
Text
ROSYIDATUL AINI_20170701062057_BAB IV_PIAUD.pdf Download (570kB) |
|
Text
ROSYIDATUL AINI_20170701062057_BAB V_PIAUD.pdf Restricted to Repository staff only Download (294kB) |
|
Text
ROSYIDATUL AINI_20170701062057_DAFTAR PUSTAKA_PIAUD.pdf Download (186kB) |
|
Text
ROSYIDATUL AINI_20170701062057_SURAT KEASLIAN TULISAN_PIAUD.pdf Download (69kB) |
|
Text
ROSYIDATUL AINI_20170701062057_RIWAYAT HIDUP_PIAUD.pdf Download (196kB) |
Abstract
Kata Kunci: Metode Pembelajaran Eksperimen, Aspek Seni (visual art), Kreatifitas Anak Usia Dini Pendidikan Anak Usia Dini merupakan tingkat pendidikan paling mendasar yang berfungsi sebagai tempat dan wadah dalam mengembangkan aspek-aspek perkembangan serta kemampuan anak-anak usia dini. Saat ini masih banyak lembaga-lembaga PAUD yang lebih memfokuskan pembelajarannya pada aspek Nilai moral dan agama saja, padahal suatu pembelajaran dalam PAUD harus mengembangkan semua aspek perkembangan anak termasuk aspek seni dan kreatifitas. Hal itu juga selaras dengan fungsi pendidikan anak usia dini yang salah satunya adalah mengembangkan keterampilan, kreatifitas, dan kemampuan yang dimilliki anak. Berbicara pendidikan anak usia dini, ada banyak metode pembelajaran yang digunakan dan telah disesuaikan dengan karakteristik anak usia dini guna menstimulasi 6 aspek perkembangan. salah satunya adalah metode eksperimen. Metode eksperimen merupakan metode yang efektif dalam mengembangkan aspek perkembangan anak serta metode yang sangat menyenangkan dan tidak membosankan. Maka dari itu penelitian ini dilakukan untuk mengetahui adanya pengaruh metode pembelajaran eksperimen terhadap pengembangan aspek seni dan kreatifitas anak usia dini. Penelitian ini merupakan sebuah penelitian kuantitatif dengan jenis eksperimen model pre-test post-test one group design. Dalam pre-test maupun post-test terdapat beberapa tahapan yang ditempuh peneliti yaitu, persiapan (planning), pelaksanaan (action), penilaian (appraisal) dan evaluasi (evaluation). Subjek penelitian adalah anak TK PGRI Sampang kelompok A yang berjumlah 15 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan metode Tes dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu Lembar Performance Test dan dokumentasi kegiatan-kegiatan dalam pembelajaran. Teknik analisis dalam penelitian ini adalah analisis kuantitatif dengan menggunakan Uji-t. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh metode pembelajaran eksperimen terhadap pengembangan aspek seni (visual art) dan kreatifitas anak usia dini di TK PGRI Sampang.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? m71E ?? ?? m_131 ?? |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | Mr Imam Ghozali |
Date Deposited: | 20 Apr 2022 01:29 |
Last Modified: | 20 Apr 2022 01:29 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/2175 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |