Mrs, Hepni (2021) Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru Melalui Supervisi Akademik Di Ma Matsaratul Huda Panempan Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
1. HEPNI-2016070100079-COVER-MPI-pdf.pdf Download (20kB) |
|
Text
3. HEPNI-2016070100079-LEMBAR PERSETUJUAN PEMBIMBING-MPI-pdf.pdf Download (899kB) |
|
Text
4. HEPNI-2016070100079-SURAT PENGESAHAN-MPI-pdf.pdf Download (739kB) |
|
Text
5. HEPNI-2016070100079-ABSTRAK-MPI-pdf.pdf Download (70kB) |
|
Text
6. HEPNI-2016070100079-DAFTAR ISI-MPI-pdf.pdf Download (89kB) |
|
Text
7. HEPNI-2016070100079-BAB I-MPI-pdf.pdf Download (239kB) |
|
Text
8. HEPNI-2016070100079-BAB II-MPI-pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (408kB) |
|
Text
9. HEPNI-2016070100079-BAB III-MPI-pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (154kB) |
|
Text
10. HEPNI-2016070100079-BAB IV-MPI-pdf.pdf Download (514kB) |
|
Text
11. HEPNI-2016070100079-BAB V-MPI-pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (11kB) |
|
Text
12. HEPNI-2016070100079-DAFTAR PUSTAKA-MPI-pdf.pdf Download (203kB) |
|
Text
2. HEPNI-20160701040079-SURAT PERNYATAAN KEASLIAN TULISANMPI-pdf.pdf Download (681kB) |
Abstract
Kata Kunci: Kompetensi Pedagogik guru, Supervisi akademik.. Supervisi akademik bertujuan untuk membimbing dan membina guru dalam meningkatkan kompetensinya. Dengan adanya guru yang berkompeten dibidangnya maka tujuan supervisi akademik yang lebih jauh, yaitu peningkatan hasil belajar siswa akan tercapai. sekolah MA Matsaratul Huda ini dijadikan penelitian karena peneliti tertarik untuk mengetahui bagaiamana pelaksanaan supervisi akademik dalam meningkatkan kompetensi guru disana khususnya kompetensi pedagogik Penelitian ini secara khusus untuk mengetahui bagaimana, teknik langkah�langkah dan dampak positif supervisi akademik dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru di MA Matsaratul Huda. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan datanya dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pengecekan keabsahan data menggunakan dua teknik yaitu ketekunan pengamatan dan teknik triangulasi. Sedangkan untuk analisis data menggunakan tiga alur kegiatan yaitu reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Berdasarkan hasil analisis, dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut: Pertama, Teknik pelaksanaannya menggunakan teknik supervisi individual dan teknik supervisi kelompok. Kedua langkah-langkah pelaksanaannya meliputi perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, tindak lanjut, dan pelaporan. Ketiga, dampak positif implementasi supervisi akademik dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru MA Matsaratul Huda Panempan Pamekasan antara lain : (a) guru lebih paham dalam membuat perangkat pembelajaran (b) guru lebih mudah memahami perilaku dan karakteristik siswa, (c) guru lebih kreatif dan inovatif dalam menggunakan metode pembelajaran, (d) guru lebih mudah dalam menggunakan teknologi pembelajaran, (e) minat guru untuk melakukan perubahan sikap dan kinerja meningkat
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? m71H ?? ?? m_139 ?? |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Mr Imam Ghozali |
Date Deposited: | 18 Apr 2022 03:45 |
Last Modified: | 18 Apr 2022 03:45 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/2320 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |