Ratnawati, Dian (2021) Implementasi Pendidikan Karakter Siswa Melalui Kegiatan Sosial di MTs Nazhatut Thullab Kecamatan Camplong Kabupaten Sampang. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
a. Dian Ratnawati-20170701082018-Sampul-TIPS.pdf Download (62kB) |
|
Text
c. Dian Ratnawati-20170701082018-Halaman Persetujuan-TIPS.pdf Download (146kB) |
|
Text
d. Dian Ratnawati-20170701082018-Halaman Pengesahan-TIPS.pdf Download (106kB) |
|
Text
e. Dian Ratnawati-20170701082018-Abstrak.pdf Download (65kB) |
|
Text
f. Dian Ratnawati-20170701082018-Daftar Isi-TIPS.pdf Download (66kB) |
|
Text
g. Dian Ratnawati-20170701082018-BAB I-TIPS.pdf Download (131kB) |
|
Text
h. Dian Ratnawati-20170701082018-BAB II-TIPS.pdf Restricted to Repository staff only Download (183kB) |
|
Text
i. Dian Ratnawati-20170701082018-BAB III-TIPS.pdf Restricted to Repository staff only Download (145kB) |
|
Text
j. Dian Ratnawati-20170701082018-BAB IV-TIPS.pdf Download (195kB) |
|
Text
k. Dian Ratnawati-20170701082018-BAB V-TIPS.pdf Restricted to Repository staff only Download (60kB) |
|
Text
l. Dian Ratnawati-20170701082018-Daftar Pustaka-TIPS.pdf Download (78kB) |
|
Text
b. Dian Ratnawati-20170701082018-Pernyataan Keaslian Tulisan-TIPS.pdf Download (86kB) |
Abstract
Kata Kunci: Implementasi, Pendidikan Karakter, Kegiatan Sosial, Sekolah MTs. Pendidikan karakter menjadi isu yang sangat menarik terkhusus dalam dunia pendidikan. Implementasi Pendidikan Karakter Siswa Melalui Kegiatan Sosial di MTs Nazhatut Thullab Kecamtan Camplong Kabupaten Sampang ini sebagai jawaban atas keresahan orang tua dan juga pendidikan secara global sebagai keberhasilan pembentukan karakter bangsa. Berdasarkan hal tersebut, ada tiga permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu: pertama, Bagaimana implementasi pendidikan karakter siswa melalui kegiatan sosial di MTs Nazhatut Thullab Kecamatan Camplong Kabupaten Sampang; kedua, Kendala apa saja yang dihadapi dalam implementasi pendidikan karakter siswa melalui kegiatan sosial di MTs Nazhatut Thullab Kecamatan Camplong Kabupaten Sampang; ketiga, Bagaimana solusi untuk mengatasi kendala dalam implementasi pendidikan karakter siswa melalui kegiatan sosial di MTs Nazhatut Thullab Kecamatan Camplong Kabupaten Sampang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Sumber data yang diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru IPS, dan peserta didik. Sedangkan pengecekan keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini ialah menggunakan triangulasi sumber data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Implementasi Pendidikan Karakter Siswa Melalui Kegiatan Sosial di MTs Nazhatut Thullab Kecamatan Camplong Kabupaten Sampang dilaksanakan dengan menggunakan metode pembiasaan pembiasaan yang dilakukan secara terus menerus dan juga terstruktur. Kegiatan tersebut meliputi senyum/salam sapa, membersihkan lingkungan kelas, berbaur dengan teman-teman, sumbangan berkah acara maulid nabi, nilai-nilai karakter yang dihasilkan seperti tanggungn jawab, kejujuran tersebut perlu ditanamkan disekolah. Kendala yang menjadi penghambat dalam mengimplementasikan pendidikan karakter faktor internal dan eksternal serta kurangnya kesadaran orang tua akan pentingnya pendampingan terhadap perkembangan anak. Solusi untuk mengatasi kendala diatas adalah perlu membantu perkembangan kepemimpinan moral bersama dan dukungan jangka panjang terhadap insiatif pendidikan karakter peserta didik dan melibatkan anggota keluarga dan masyarakat sebagai mitra dalam upaya pembangunan karakter.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? m71B ?? ?? m71E ?? |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
Depositing User: | Mr Imam Ghozali |
Date Deposited: | 18 Apr 2022 02:00 |
Last Modified: | 18 Apr 2022 02:00 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/2373 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |