Jannah, Uslifatul (2021) Implementasi Marketing Mix pada Pembiayaan Rahn/Gadai untuk Meningkatkan Jumlah Anggota di Koperasi Simpan Pinjam Pembiayaan syariah (KSPPS) Baitul Maal Wat Tamwil (BMT) Nuansa Ummat (NU) Camplong Sampang. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
a) Uslifatul Jannah_20170703022219_Cover_PBS.pdf.pdf Download (161kB) |
|
Text
c) Uslifatul Jannah_20170703022219_Lembar_Persetujuan_Pembimbing_PBS.pdf.pdf Download (244kB) |
|
Text
d) Uslifatul Jannah_20170703022219_Lembar Pengesahan_PBS.pdf.pdf Download (67kB) |
|
Text
e) Uslifatul Jannah_20170703022219_Abstrak_PBS.pdf.pdf Download (91kB) |
|
Text
f) Uslifatul Jannah_20170703022219_Daftar_Isi_PBS.pdf Download (95kB) |
|
Text
g) Uslifatul Jannah_20170703022219_BAB I_PBS.pdf Download (179kB) |
|
Text
h) Uslifatul Jannah_20170703022219_BAB II_PBS.pdf Restricted to Repository staff only Download (270kB) |
|
Text
i) Uslifatul Jannah_20170703022219_BAB III_PBS.pdf Restricted to Repository staff only Download (159kB) |
|
Text
j) Uslifatul Jannah_20170703022219_BAB IV_PBS.pdf Download (587kB) |
|
Text
k) Uslifatul Jannah_20170703022219_BAB V_PBS.pdf Restricted to Repository staff only Download (106kB) |
|
Text
l) Uslifatul Jannah_20170703022219_Daftar_Pustaka_PBS.pdf Download (116kB) |
|
Text
b) Uslifatul Jannah_20170703022219_Surat_Pernyataan Keaslian_PBS.pdf.pdf Download (303kB) |
Abstract
Kata Kunci: Marketing Mix, Rahn/Gadai, BMT Marketing mix merupakan serangkaian aktivitas terkendali yang digunakan oleh sebuah perusahaan untuk merespon keinginan pasar sasaran, yang mana didalamnya terdapat komponen dari elemen-elemen untuk membentuk suatu strategi campuran pemasaran. Penelitian ini dilakukan pada BMT NU Camplong Sampang yang mengalami penurunan jumlah anggota.Dalam hal ini, BMT NU Camplong Sampang menggunakan strategi marketing mix guna meningkatkan jumlah anggota. Selain itu digunakan untuk mengetahui faktor penghambat dan pendukung pada pembiayaan rahn/gadai. Berdasarkan hal tersebut, maka ada tiga permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu: pertama, Bagaimana Implementasi Marketing Mix Pada Pembiayaan Rahn/Gadai untuk Meningkatkan Jumlah Anggota di KSPPS BMTNUCamplong Sampang; kedua, Faktor apa saja yang menjadi penghambat pada Pembiayaan Rahn/Gadai dari Implementasi Marketing Mix untuk Meningkatkan Jumlah Anggota di KSPPSBMTNU Camplong Sampang; ketiga, Faktor apa saja yang menjadi pendukung pada Pembiayaan Rahn/Gadai dari Implementasi Marketing Mix untuk Meningkatkan Jumlah Anggota di KSPPS BMT NU Camplong Sampang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Sumber data yang diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data primernya adalah kepala cabang, beberapa karyawan dan nasabah sedangkan data sekundernya adalah rujukan-rujukan. Hasil penelitian yang diperoleh pertama,penerapan marketing mix di KSPPS BMT NU Cabang Camplong kabupaten Sampang,yang terdiri dari product, price, place, promotion, people, process, physical avidance, promise, patience. Kedua, faktor internal yang menjadi penghambat dalam pembiayaan rahn/gadai di KSPPS BMT NU Cabang Camplong Desa Tambaan Kecamatan Camplong Kabupaten Sampang adalah penurunan standar taksir logam (STL), kurangnya pelatihan karyawan, dan tebang pilih calon anggota. Sementara faktor eksternal, adanya pesaing (competitor), dan minat gadai calon anggota. Ketiga, faktor pendukung pada pembiayaan rahn/gadai di KSPPS BMT NU Cabang Camplong Desa Tambaan Kecamatan Camplong Kabupaten Sampang yaitu faktor internal yaitu biaya jasa gadai, jangkauan lokasi BMT, pelayanan door to door dan sistem jemput bola serta proses yang cepat. Faktor eksternal berupa faktor ekonomi dan sumber pendanaan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? 33B6 ?? ?? m_212 ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah |
Depositing User: | Mrs Elhamah Nandika Bintan |
Date Deposited: | 14 Apr 2022 02:01 |
Last Modified: | 14 Apr 2022 02:01 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/2467 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |