Rosi, Fahrur (2021) Implementasi Pendekatan Student Centered Learning pada Mata Pelajaran Tematik Kelas VI Semester II Tema 2 SDN Palengaan Daya II Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
FAHRUR ROSI_20170701051018_COVER_PGMI.pdf Download (199kB) |
|
Text
FAHRUR ROSI_20170701051018_HALAMAN PERSETUJUAN_PGMI.pdf Download (221kB) |
|
Text
FAHRUR ROSI_20170701051018_HALAMAN PENGESAHAN_PGMI.pdf Download (402kB) |
|
Text
FAHRUR ROSI_20170701051018_ABSTRAK_PGMI.pdf Download (183kB) |
|
Text
FAHRUR ROSI_20170701051018_DAFTAR ISI_PGMI.pdf Download (188kB) |
|
Text
FAHRUR ROSI_20170701051018_BAB I_PGMI.pdf Download (513kB) |
|
Text
FAHRUR ROSI_20170701051018_BAB II_PGMI.pdf Restricted to Repository staff only Download (510kB) |
|
Text
FAHRUR ROSI_20170701051018_BAB III_PGMI.pdf Restricted to Repository staff only Download (338kB) |
|
Text
FAHRUR ROSI_20170701051018_BAB IV_PGMI.pdf Download (365kB) |
|
Text
FAHRUR ROSI_20170701051018_BAB V_PGMI.pdf Restricted to Repository staff only Download (189kB) |
|
Text
FAHRUR ROSI_20170701051018_DAFTAR PUSTAKA_PGMI.pdf Download (121kB) |
|
Text
FAHRUR ROSI_20170701051018_PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN_PGMI.pdf Download (255kB) |
Abstract
Kata Kunci: Pembelajaran, pendekatan Student Centered Learning Penyampaian pelajaran tematik di kelas dengan menceritakan permasalahan yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari dan juga aktif menulis di papan tulis atau di buku. Siswa diharapkan aktif dalam menanggapi masalah yang diberikan oleh guru sesuai dengan pengetahuannya. Student Centered Learning menjadikan guru sebagai fasilitator di dalam kelas, dalam hal ini guru mampu memberikan fasilitasi dalam proses pembelajaran yang menjadikan guru sebagai pendamping siswa dalam proses pembelajaran, artinya guru adalah mampu membantu siswa menciptakan rasa nyaman dalam proses pengajaran. Berdasarkan penjelasan tersebut, terdapat dua fokus dalam penelitian ini yaitu: pertama, Bagaimana guru mengimplementasikan Pendekatan Student Centered Learning dalam pembelajaran tematik di kelas VI SDN Palengaan Daya II Pamekasan. Dan kedua, Apa kelebihan dan kekurangan Pendekatan Student Centered Learning dalam pembelajaran tematik di kelas VI SDN Palengaan Daya II Pamekasan. Adapun jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif yang berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang diamati Pada saat penelitian, sumber data yang diperoleh peneliti berupa wawancara kepada pihak-pihak terkait, observasi dan dokumentasi, dengan mencari informasi dari kepala sekolah, guru, dan siswa-siswi kelas VI sekaligus memeriksa keabsahannya melalui triangulasi, memperpanjang kehadiran dan meningkatkan tekad/kegigihan peneliti. Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa: Pertama, penerapan Student Centered Learning dengan pembentukan kelompok dan diskusi agar suasana lebih aktif dan cenderung berpikir kritis dan kreatif. Kedua, ada beberapa kelebihan dalam menerapkan pendekatan ini, yaitu memiliki pengetahuan yang luas, lebih aktif dalam pembelajaran di kelas, dan memiliki keberanian berdebat dalam kelompok dan membangun rasa percaya diri siswa, menciptakan rasa tanggung jawab terhadap siswa. Ketiga, kekurangan dalam menerapkan ini yaitu, waktu pembelajaran yang cukup lama sehingga membuat siswa merasa bosan, kelas menjadi ramai sehingga mengganggu kegiatan pembelajaran di kelas lain.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? m71E ?? ?? m71H ?? |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mrs Elhamah Nandika Bintan |
Date Deposited: | 13 Apr 2022 03:02 |
Last Modified: | 13 Apr 2022 03:02 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/2526 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |