Kurniawati, Erli Indah (2021) Penerapan Strategi Pembelajaran Ekspositoris Dalam Keterampilan Menyimak Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas VII SMP Negeri 1 Torjun Sampang. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
1. Erli Indah Kurniawati_18381072038_Cover_TBIN.pdf Download (205kB) |
|
Text
3. Erli Indah Kurniawati_183810072038_Surat Persetujuan_TBIN.pdf Download (221kB) |
|
Text
4. Erli Indah Kurniawati_18381072038_Surat Pengesahan_TBIN.pdf Download (298kB) |
|
Text
5. Erli Indah Kurniawati_18381072038_ABSTRAK_TBIN.pdf Download (185kB) |
|
Text
6. Erli Indah Kurniawati_18381072038_DAFTAR ISI_TBIN.pdf Download (293kB) |
|
Text
7. Erli Indah Kurniawati_18381072038_BAB I_TBIN.pdf Download (571kB) |
|
Text
8. Erli Indah Kurniawati_18381072038_BAB II_TBIN.pdf Restricted to Repository staff only Download (555kB) |
|
Text
9. Erli Indah Kurniawati_18381072038_BAB III_TBIN.pdf Restricted to Repository staff only Download (587kB) |
|
Text
10. Erli Indah Kurniawati_18381072038_BAB IV_TBIN.pdf Download (705kB) |
|
Text
11. Erli Indah Kurniawati_18381072038_BAB V_TBIN.pdf Restricted to Repository staff only Download (189kB) |
|
Text
12. Erli Indah Kurniawati_18381072038_Daftar_Pustaka_TBIN_.pdf Download (400kB) |
|
Text
2. Erli Indah Kurniawati_18381072038_Pernyataan Keaslian Tulisan_TBIN.pdf Download (249kB) |
Abstract
Kata Kunci : Strategi Pembelajaran, Strategi Ekspositoris, Menyimak Strategi pembelajaran ekspositoris adalah strategi pembelajaran yang menekankan pada proses penyampaian materi secara verbal dari seorang guru kepada siswa dengan maksud agar siswa dapat menguasai materi pelajaran secara optimal. Dalam strategi ini, materi pelajaran disampaikan langsung oleh guru yang mana materi pelajaran seakan-akan sudah jadi. Seiring dengan perkembangan dunia pendidikan yang semakin maju. Siswa di tuntut supaya bisa mengembangkan kemampuan yang dimilikinya, dalam hal ini kemampuan kebahasaan yaitu kemampuannya pada hal menyimak. selain itu guru juga wajib memiliki sebuah perencanaan pembelajaran yang matang supaya tujuan yang ingin dicapai bisa terealisasi dengan baik. Fokus yang peneliti rumuskan dalam penelitian ini yaitu: Pertama, Bagaimanakah Perencanaan Penerapan Pembelajaran strategi ekspositoris dalam keterampilan menyimak pada pembelajaran Bahasa Indonesia kelas VII SMP Negeri 1 Torjun Sampang? Kedua, Bagaimanakah langkah-langkah penerapan pembelajaran strategi ekspositoris dalam keterampilan menyimak pada pembelajaran Bahasa Indonesia kelas VII SMP Negeri 1 Torjun Sampang? Ketiga, apa manfaat dengan diterapkannya pembelajaran strategi ekspositoris dalam keterampilan menyimak pada pembelajaran Bahasa Indonesia kelas VII SMP Negeri 1 Torjun Sampang?. Dalam penelitian ini pendekatan yang dilakukan oleh peneliti yaitu pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Kemudian data yang diperoleh yakni dari hasil wawancara, observasi, dokumentasi dengan sumber datanya yakni, Kepala Sekolah, guru Bahasa Indonesia dan siswa kelas VII SMP Negeri 1 Torjun. Sedangkan pengecekan keabsahan data yang peneliti lakukan yakni melalui perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan dan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, adanya perencanaan pembelajaran penerapan strategi ekspositoris dalam keterampilan menyimak pada pembelajaran Bahasa indonesia yaitu guru membuat RPP, silabus dan memilih media yang sesuai. Kedua, dilakukan langkah-langkah pembelajaran menggunakan strategi ekspositoris. Ketiga, adanya manfaat serta perubahan dengan diterapkannya pembelajaran strategi ekspositori dalam keterampilan menyimak pada pembelajaran bahasa indonesia
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? m71E ?? ?? m_072 ?? |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Tadris Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Mr Imam Ghozali |
Date Deposited: | 12 Apr 2022 02:41 |
Last Modified: | 12 Apr 2022 02:41 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/2548 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |